--> Skip to main content

Pecinta Cupang? Baca Proses Perawatan Cupang untuk Kontes

Proses Perawatan Cupang untuk Kontes infoikan.com Sudah tahu kriteria cupang juara kontes? Atau ingin tahu jenis gambar kontes ikan cupang 2017?

Sebagaimana cara mendapatkannya, proses perawatan selanjutnya juga didasarkan pada asal bakalan yang disiapkan.

Meskipun secara umum sama, tentu saja persoalan waktu dan ketepatan prosedur perawatan antara kedua cara tersebut berbeda.

Secara lengkap prosedur perawatan untuk setiap cara mendapatkan bakalan cupang hias kontes yang berkualitas bisa dibaca berikut ini.

Yakni dengan cara budidaya sendiri dan membeli di toko ikan hias tentunya dengan melalui beberapa tahapan. Karena proses perawatan cupang untuk kontes harus benar - benar diperhatikan secara spesial.


Proses Perawatan Cupang untuk Kontes



Proses Perawatan Cupang untuk Kontes 



Bakalan dari Hasil Budidaya Sendiri

Proses Perawatan Cupang untuk Kontes


Pearawatan untuk menyiapkan cupang hias agar siap kontes, pada budidaya sendiri dimuali sejak penyortiran awal, yaitu pada saat anakan berumur 1,5 – 2 bulan.

Pada saat itu, anakan siap dipindahkan ke dalam akuarium soliter. Sebelum dipindahkan, penyeleksian berdasarkan jenis kelamin harus dilakukan.

Membedakan antara jantan dan betina dapat dilihat dari penampilan fisik anakan tersebut.

Pada anakan cupang betina dicirikan terdapat butiran kecil berwarna putih diantara sirip analnya, sedangkan pada anakan jantan tidak terlihat adanya butiran kecil tersebut.

Selain itu, anakan betiana mempunyai sirip yang lebih pendek, tubuhnya nampak lebih gemuk, dan mulutnya lebih tebal dibandingkan dengan anakan jantan.

Perawatan rutin setelah anakan cupang hias berada dalam akuarium soliter meliputi pemberian pakan, penggantian air, pelatihan mental, dan pengendalian penyakit.

Sebagai panduan cara memeberikan pakan, penggantian air, pencucian akuarium, dan pelatihan mental, berikut penjelasan singkatnya:

Baca: Kriteria Penilaian Cupang Kontes Berstandar Nasional


Cara Pemberikan Pakan pada Cupang Hias Kontes

Proses Perawatan Cupang untuk Kontes



 Jenis makanan yang dijadikan sebagai menu utama cupang hias kontes yang harus disiapkan adalah cuk atau jentik nyamuk.

Pakan jenis lainnya seperti kutu air dan cacing sutera yang diberikan hanya sebagai selingan saja, misalnya seminggu sekali atau dua kali.

Untuk lebih menjamin keberhasil dalam memelihara cupang hias untuk kontes sesuai dengan tujuan, yakni menciptakan jenis cupang hias yang unggul, kelebihan dan kekurangan setiap jenis pakan tersebut perlu diketahui dengan baik.

Pemberiannya harus dilakukan secara teratur dan jadwal yang tepat, misalnya dua kali sehari dengan jadwal pemberian setiap pukul 10.00 pagi dan 16.00 sore.

Kuantitas dan kualitas pakan harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Usahakan pemberiannya tak berlebihan ataupun terlampau sedikit, tetapi optimal sehingga akuarium tetap terjaga kebersihannya dan ikan tidak kekenyangan.

Cara yang digunakan untuk memberi pakan cupang hias adalah dengan memberikannya sedikit demi sedikit dan dihentikan ketika cupang hias tak mau lagi menyantapnya.

Pada saat pemberian pakan, lakukan pula pengamatan dan pengontrolan kondisi kesehatan dan perilaku cupang hias tersebut sehingga perubahan sekecil apapun dapat dideteksi lebih dini.

Baca juga: Makanan Ikan Cupang Terbaik dan Bernutrisi Tinggi


Mempersiapkan Cupang Hias Kontes

Proses Perawatan Cupang untuk Kontes



Satu minggu sebelum kontes, pemberian pakan harus dilakukan secara khusus.

Selama ini, berdasarkan pengalaman penghobiis, jenis pakan yang diberikan kepada cupang hias satu minggu sebelum kontes hanya cuk atau jentik nyamuk.

Cuk menjadi pilihan utama sebab kestabilan bentuk tubuh cupang hias lebih terjaga, demikian pula kecermelangannya nampak lebih menonjol.

Tubuh langsing akan membuat sosok mudah menjadi perhatian dewan juri. 

Terlebih bila didukung oleh kerapihan dan keutuhan sirip – siripnya, sehat, dan mental yang tangguh.

Ini juga: Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias Terbaik dan Harganya


Proses Perawatan Cupang Hias Kontes – Mengganti Air Akuarium 

Proses Perawatan Cupang untuk Kontes



Penggantian air harus dilakukan minimal 2 hari sekali, atau bila memungkinkan sehari sekali.

Yaitu dengan cara jangan langsung mengganti air secara keseluruhan, tetapi dengan melakukan penyifonan untuk membuang kotoran, baik yang berasal dari sisa – sisa pakan maupun kotoran ikan.

Hal ini untuk membuat cupang hias nyaman dalam akuarium dan menghindari kemungkinan rusaknya sirip apabila dilakukan penggantian air secara keseluruhan.

Cara membersihkan akuarium cupang hias yakni dengan memindahkan dulu si ikan kontes ke dalam wadah lainnya, kemudian cuci dengan air mengalir.

Baca ini: Ini Dia Jenis Makanan Cupang Hias untuk Kontes


Proses Perawatan Cupang Hias Kontes – Pelatihan Mental

Proses Perawatan Cupang untuk Kontes



Pelatihan mental cupang hias kontes dapat dilakukan secara teratur berbarengan dengan proses pemberian pakan dan penyifonan.

Pada saat pemberian pakan sebaiknya akuarium ditempatkan di bawah sinar matahari.

Sekat dibuka selama kurang lebih sepuluh menit sebelum akhirnya ditutup kembali.

Pembukaan sekat harus dilakukan minimal 2 kali sehari, dan sebaliknya jangan dibuka seluruhnya, tetapi cukup 1/3 bagian saja.

Hal ini dimaksudkan agar pada saat mengembang, posisi sirip – siripnya tetap berada dalam air sehingga sosoknya akan lebih utuh dinikmati.

Bila sekat dibuka semuanya, selain sosoknya akan terlihat tak utuh, kemungkinan rusaknya sirip akibat mengembang di permukaan air dapat terjadi.

Selain dengan cara di atas, pelatihan mental dapat pula dengan usaha penggalakan mnggunakan ikan betina.

Penggalakan dapat dilakukan dua minggu sekali. Caranya dengan memasukkan ikan betina yang berada dalam toples kecil ke dalam akuarium pemeliharaan.

Sedangkan untuk lamanya penggalakan kurang lebih antara 15 – 30 menit.

Berikut cara merawat cupang hias untuk kontes yang akan memberikan kualitas bagus.

Baca juga: Perhatikan Cara Merawat Cupang Hias Kontes Hasil Terbaik


Proses Perawatan Cupang untuk Kontes - Pagi Hari

Proses Perawatan Cupang untuk Kontes



Perlakukan pertama proses perawatan cupang untuk kontes adalah menjemur ikan selama kurang lebih 10 – 15 menit. Pada saat penjemuran, sekat pembatas dibuka 1/3 bagian akuarium.

Patokannya dari dasar akuarium, jangan dari atas. Jadi, posisi ikan saling berhadapan di dalam air.

Setelah penjemuran, penyifonan dilakukan untuk membuang kotoran yang ada dalam akuarium.

Air yang terbuang bersama kotoran dganti dengan air baru yang kualitasnya sama dengan sebelumnya.

Akuarium di tempatkan dalam posisi semula. Kegiatan pagi hari ini diakhiri dengan pemberian pakan.

Sekedar caatan, untuk melatih dan membiasakan cupang hias merasakan atmosfer kontes, saat penjemuran sesekali disandingkan dengan kategori lain atau istilahnya dirotasi antarkategori.

Siang Hari

Bila memungkinkan proses perawatan cupang untuk kontes , usahakan melatih cupang hias kontes dengan cara membuka 1/3 sekat sebatas. Lamanya 10 – 15 menit.
Sore Hari


Perlakuan Terhadap Cupang Kontes

Proses Perawatan Cupang untuk Kontes



Satu hari menjelang kontes, cupang hias harus diperlakukan secara khusus.
Pada saat itu, pakan yang diberikan pada sore hari di hari terakhir sebelum kontes, sebaiknya diberikan lebih banyak dari biasanya.

Hal ini dimaksudkan untuk lebih membuatnya beristirahat secara penuh dan agar kondisi siap sebab pagi hari sebelum keberangkatan pakan yang diberikan adalah ½ bagian dari biasanya.

Pemberian pakan seperti itu dimaksudkan untuk tidak membuatnya kekenyangan sehingga akan membuatnya malas beraktivitas ketika berada di arena kontes.

Ternyata sedikit sekali proses perawatan cupang untuk kontes ini, dengan begitu bagi hobiis diharapkan dapat menguasi semua langkah - langkah yang sudah dibocorkan di atas ya..Lanjutkan selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar