--> Skip to main content

Kriteria Kontes Ikan Cupang yang Berhasil Juara Hingga Sekarang

Kriteria Kontes Ikan Cupang infoikan.com Sudah tahu gambar cupang juara kontes? Atau ingin tahu jenis kontes ikan cupang 2017?

Secara umum, meskipun kriteria kontes berkembang sesuai dengan tingkat kemajuan  yang dicapai oleh penggemar dan hobiss dalam usaha mendapatkan varietas – varietas baru, kriteria baku yang sejak tahun 1999 dijadikan patokan dalam ajang kontes yang diadakan di Indonesia ada 3.

Kriteria Kontes

Semua kriteria ini berdasarkan warna yang disandang oleh cupang hias, yaitu warna dasar, kombinasi dan maskot.

Di luar kriteria tersebut, dikenal pula kriteria lain yang didasarkan pada ketidaknormalan bentuk fisik cupang hias, yaitu bonsai, dan kriteria yang didasarkan pada ukuran tubuh ikan cupang hias, yaitu junior dan senior.

Selain itu, dengan makin banyaknya varietas baru yang hasilkan atau ada di pasaran, pengategorian kontes pun senantiasa berkembang dari waktu ke waktu.

Misalnya saat ini dikenal cupang hias kategori halfmoon dan cagak atau double tail. Maka kriteria ikan cupang hias kontes tidak berubah dari yang sudah ditentukan.

Berikut kriteria kontes ikan cupang lengkap dari setiap cupang hias untuk lomba:


Kriteria Kontes Ikan Cupang


Kriteria Kontes Ikan Cupang


Kriteria cupang halfmoon dan cagak..seiring dengan makin banyaknya populasi jenis cupang ini di kalangan masyarakat luas, saat ini dalam kontes diklasifikasikan tersendiri berdasarkan bentuk siripnya yang tergolong eksotik.


Kriteria Cupang Kontes Berdasarkan Ukuran Tubuh


Pengategorian ini didasarkan pada panjang tubuh ikan hias yang dihitung dari kepala hingga ujung ekor. Ada dua kategori yang dikenal, yaitu kategori junior dan senior.

Baca ini: Jenis Cupang Hias Terpopuler Saat ini

Kategori Cupang Junior


Kategori Cupang Junior


Cupang hias yang tergolong ke dalam katogori ini adalah cupang hias yang memiliki ukuran tubuh 4 – 6 cm.

Umumnya cupang hias kategori junior berumur 3 – 6 bulan, tergantung dari penurunan sifat induk dan perawatan yang dilakukan.

Kategori Cupang Senior

Kategori Cupang Senior


Jenis cupang hias yang tergolong ke dalam kategori senoir ini adalah cupang hias yangmemiliki ukuran tubuh lebih dari 6 cm.

Umumnya cupang hias senior berumur 6 bulan ke atas, meskipun tak menutup kemungkinan adanya kasus cupang hias di bawah umur 6 bulan yang memiliki ukuran tubuh lebih dari 6 bulan.


Kriteria Cupang Kontes Hias Berdasarkan Warna

Kriteria Cupang Kontes Hias Berdasarkan Warna


Pengkategorian ini didasarkan pada warna yang melekat pada seluruh bagian tubuh cupang hias.

Selama ini, ada 5 bagian tubuh yang menjadi dasar penentuan warna maupun penilaian dalam kontes, yaitu tubuh, sirip anal atau dasi, sirip punggung, sirip perut, dan sirip ekor.

Baca juga yuk,.
Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal

Warna Dasar Ikan Cupang Hias


Warna Dasar Ikan Cupang Hias


Cupang hias berwarna dasar artinya warna tubuh dan sirip – siripnya didominasi oleh satu warna.

Warna dasar tergolong sempurna bila benar – benar hanya satu warna pada seluruh tubuh dan sirip – siripnya, cemerlang, dan gradasinya merata.

Termasuk tergolong ke dalam warna dasar antara lain hijau, biru, abu – abu, hitam, merah, dan warna dasar bebas.

Warna dasar bebas adalah warna – warna yang langka, antara lain kuning dan putih.

Baca juga: Usaha Ikan Hias yang Menguntungkan dengan Omzet Jutaan

Warna Kombinasi Cupang Kontes Hias


Warna Kombinasi Cupang Kontes Hias


Secara umum cupang hias yang memiliki wrana tubuh dan sirip lebih dari satu macam warna dikategorikan ke dalam warna kombinasi.

Keberadaan cupang hias kategori warna kombinasi paling banyak dan sangat mudah ditemukan.

Cupang hias kategori warna kombinasi yang tergolong bagus harus memiliki komposisi warna yang harmonis pada tubuh dan sirip – siripnya.

Bila komposisi tersebut terdiri dari tiga macam warna dan merata di tubuh dan sirip – siripnya disebut cupang hias tree colour.


Kriteria Cupang Kontes Hias Bedasarkan Maskot

Kriteria Cupang Kontes Hias Bedasarkan Maskot


Jenis cupang hias termasuk kategori maskot bila warna dasar tubuhnya putih atau keperakan dengan variasi bercak –bercak atau titik – titik merah, biru, hijau, atau abu – abu.

Umumnya warna sirip – siripnya kombinasi dari dua warna, misalnya merah – putih, merah – hijau, atau merah – biru.

Kesempurnaan warna maskot dapat dilihat dari mencoloknya perbedaan warna antara tubuh dan sirip – siripnya.

Atau dengan kata lain, warna tubuh dan sirip – siripnya terlihat kontras tetapi tetap harmonis, seimbang, dan gradasinya merata.

Ini juga: Jenis Ikan Hias dan Harganya Sekarang Ini


Kriteria Berdasarkan Ketidaknormalan Bentuk Tubuh

Kriteria Berdasarkan Ketidaknormalan Bentuk Tubuh


Meskipun saat ini hanya dikenal satu kategori berdasarkan ketidaknormalan bentuk tubuh, diperkirakan untuk masa mendatang bukan tak mungkin muncul pengategorian baru yang didasarkan pada ketidaknormalan bentuk tubuh cupang hias.

Sebab kategori bonsai yang saat ini dikenal hanya menitikberatkan pada bentuk tubuh yang tidak berkembang sempurna, sementara bentuk dan ukuran sirip – siripnya normal.

Tentu saja, untuk beberapa kasus, ketidaknormalan bentuk tubuh secara keseluruhan yang sering kali muncul tidak dapat tertampung dalam kategori bonsai tersebut.

Misalnya, jenis cupang hias yang berekor dua atau tiga, cupang hias yang tidak memiliki sirip, atau cupang hias buta, dan ketidaknormalan lainnya yang mungkin saja terjadi akibat proses kawin – silang yang dilakukan oleh penggemar dan hobiis ikan lain.

Pengategorian yang mungkin dapat manampung berbagai ketidaknormalan tersebut adalah kategori unik yang tentunya berbeda dengan kategori bonsai yang saat ini yang saat ini telah dikenal dan ada dalam kontes.


Kriteria Ikan Cupang Hias Berdasarkan Bentuk Sirip

Kriteria Ikan Cupang Hias Berdasarkan Bentuk Sirip


Sama seperti halnya kriteria berdasarkan ketidaknormalan bentuk tubuh, kriteria berdasarkan bentuk sirip pun masih mungkin berkembang untuk masa mendatang.

Hal ini tak lepas dari usaha kawin – silang yang terus dilakukan oleh penggemar dan hobiis cupang hias yang bertujuan untuk mengekploitasi keindahan warna dan bentuk yang mungkin terjadi pada cupang hias.

Kalaupun saat ini hanya dikenal kategori double tail atau cagak dan halfmoon bukan tak mungkin muncul kategori yang lain atau pengembangan dari kategori yang ada.

Kategori Cagak atau Double Tail


Kategori Cagak atau Double Tail Kontes


Jenis cupang hias termasuk ke dalam kategori cagak adalah cupang hias yang memiliki bentuk sirip cagak.

Bentuk sirip cagak dengan mudah dapat dikenali dari sirip ekornya yang terbelah dua, dan posisi sirip punggung dan sirip perut yang simetri.

Bentuk ini semakin sempurna bila sirip – sirip tersebut terlihat terbagi sama besar dan sama rata hingga nampak seperti pinang terbelah dua.

Baca yuk,.Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Terindah

Kategori Cupang Halfmoon Kontes


Kategori Cupang Halfmoon Kontes


Cupang hias yang termasuk kategori halfmoon adalah cupang hias yang memiliki bentuk sirip halfmoon atau setengah bulan.

Bentuk sirip halfmoon dapat dikenali dari sirip – siripnya yang lebar dengan posisi saling berimpit satu sama lain sehingga pada saat pengembangan akan nampak setengah lingkaran.

Kesempurnaan dari bentuk sirip halfmoon terjadi bila sirip ini membentuk setengah lingkaran tanpa ada celah ketika mengembang.

Cupang hias halfmoon tergolong varietas baru yang saat ini menjadi ‘primadona’ bagi kalangan penggemar dan hobiis ikan cupang. 

Warna Dasar yang Solid


Warna Dasar Ikan cupang yang Solid


Cupang hias kategori warna dasar solid tergolong sulit di dapatkan meskipun warna tubuh, sirip punggung, sirip perut, dan sirip ekor satu warna, biasanya cacat yang sering kali ada adalah munculnya warna lain pada sirip anal atau dasinya.

Warna Dasar Kombiasi

Warna Dasar Kombiasi Ikan Cupang


Cupang hias kategori warna kombinasi tergolong mudah didapatkan di pasaran ataupun dihasilkan dari budidaya, tetapi warna kombinasi yang benar – benar menarik, indah, dan eksotik tergolong sulit ditemukan.


Kriteria Kontes Ikan Cupang Berserit

Kriteria Kontes Ikan Cupang Berserit


Hal yang tergolong sulit dilakukan dalam perawatan cupang hias yang disiapkan unuk kontes adalah menjaga keutuhan dan kerapian serit – serit yang ada, tak sedikit keteledoran dalam perawatan membuat penampilan cupang hias ‘tercoreng’ akibat serit yang putus, terlipat, keriting, atau sobek.

Warna Maskot


Cupang hias warna maskot tergolong sempurna bila garadasi warna tubuhnya merata, sementara warna sirip – siripnya merupakan kombinasi yang serasi, seimbang, harmonis, dan memunculkan citra yang kontras dengan warna tubuhnya.

Itulah beberapa standar kriteria kontes ikan cupang hias yang berhasil menduduki juaradari dulu hingga sekarang 2017 - 2018. Semoga bermanfaatsemoga dapat memberikan peluang untuk menang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar