--> Skip to main content

Perhatikan Cara Merawat Cupang Hias Kontes Hasil Terbaik

Cara Merawat Cupang Hias Kontes infoikan.com Sudah tahu cara melatih mental ikan cupang kontes? Atau ingin tahu cara merawat cupang plakat?

Untuk mencetak cupang hias kontes, sebagaimana telah disinggung sebelumnya, perawatan sejak pembesaran burayak hingga cupang hias siap kontes sangat memegang peranan.

Dengan kata lain, kunci keberhasilan untuk mencetak cupang hias juarahampir sepenuhnya tergantung pada perawatan yang dilakukan.

Sebab meskipun pemiliha dan penyeleksian bakalan telah dilakukan dengan sangat teliti dan seketat mungkin, bilaperawatan pada fase pembesaran tidak sesuai dengan prosedur satndar atau sembarangan maka akan sulit dihasilkan cupang hiasyang memenuhikriteria kontes.

Karena itu, dalam perawatan diperlukan berbagai sarana yang sesuai dengan syarat hidup, kenyamanan, dan kebutuhan cupang hias.

Secara umum cara merawat cupang hias kontes sangatlah mudah yakni dibagi menjadi dua kelompok, yaitu sarana utama dan sarana pendukung.

Cara Merawat Cupang Hias Kontes



Cara Merawata Cupang Hias Kontes


Sarana utama artinya sarana yang mutlak ada dalam perawatan cupang hias, misalnya air, pakan, dan wadah.

Air dan pakan disediakan harus sesuai dengan kebutuhan cupang hias.
Sementara itu, wadah atau akuarium yang digunakan harus sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Jenis wadah untuk perawatan induk tentu berbeda dengan wadah untuk burayak.

Demikian pula wadah perawatan cupang hias yang disiapkan untuk induk.
Tentu saja karea merupakan adopsi dari habitat asal harus diupayakan perbedaan yang seminimal mungkin antara sarana perawatan yang disiapkan dengan habitat asal ikan ini.

Sementara itu, sarana pendukung yang diperlukan dalam usaha perawatan tersebut meliputi bahan tambahan yang dicampurkan ke dalam air media perawatan atau obat – obatan untuk mencegah penyakit, dan alat – alat pembersih yang digunakan untuk menjaga kualitas air agar tetapterjaga sesuai dengan syarat hidup cupang hias peliharaan.

Setelah semua sarana utama dan pendukung perawatan terpenuhi, perlakukan – perlakuan khusus yang dipandang perlu harus pula diupayakan sehingga cara merawat cupang hias kontes untuk juara dapat dicapai.

Baca ini: Kriteria Penilaian Cupang Kontes Berstandar Nasional


Sarana Utama Merawat Cupang Hias Kontes

Cara Merawat Cupang Hias Kontes



Kualitas Air Merawat Cupang Hias Kontes

Air adalah sarana paling vital dalam memelihara ikan hias, demikian pula pada ikan cupang hias.

Kualitas air yang selaras dengan syarat hidupnya akan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan cupang hias yang dipelihara.

Terlebih untuk cupang hias yang disiapkan secara khusus untuk kontes.

Empat faktor yang mempengaruhi kualitas air sebagai media perawatan cupang hias adalah derajat keasaman (pH), kesadahan, kandungan amonia dan nitrit, dan oksigen terlarut.


Derajat Keasaman (pH) Merawat Cupang Hias Kontes

Cara Merawat Cupang Hias Kontes


Secara umum, besarnya pH air yang akan digunakan sebagai media perawatan cupang hias kontes harus sesuai dengan habitat aslinya, yaitu antara 6,2 – 7. 

Besar pH ini hampir sepenuhnya terpenuhi oleh air tanah yang ada di Indonesia, yang umumnya pH 5,2 – 6,8.

Baca juga yuk,.Kriteria Kontes Ikan Cupang yang Berhasil Juara Hingga Sekarang


Kesadahan Air Merawat Cupang Hias Kontes

Cara Merawat Cupang Hias Kontes


Kesadahan air didefinisikan sebagai banyaknya mineral dalam air seperti kalsium atau kapur (Ca), magnesium (Mg), seng (zn), dan mangan (Mn).

Di habitat asalnya, cikal bakal cupang hias sangat cocok berkembang pada kondisi air yang memiliki kesadahan 8 – 10 derajat dH.


Amonia dan Nitrit Merawat Cupang Hias Kontes


Amonia adalah gas buangan hasil metabolisme ikan, baikdari sisa kotoran maupun dari sisa pakan ikan.

Sisa pakan umumnya membusuk sehingga membuat kandungan amonia dalam air meningkat.

Secara kimia, amonia terdiri dari dua bentuk, yaitu unionized ammonia (UIA) atau NH, dan ionized ammonia (IA) atau NH 4+.

Kandungan UIA yang tinggi akan menyebabkan ikan keracunan atau mabuk. Sebaliknya, bila kandungan IA rendah, daya racunnya makin kuat. 

Mengurangi kandungan amonia dan nitrit dapat dilakukan dengan cara penggantian air, pemberian aerasi, penguapan, atau reaksi kimia dengan oksigen.


Oksigen Terlarut Merawat Cupang Hias Kontes

Cara Merawat Cupang Hias Kontes


Oksigen (O2) adalah unsur penting dalam kehidupan organisme. Pada saat bernafas, organisme memasukkan oksigen dan mengeluarkan asam arang atau karbondioksida (CO2). Oksigen ada di uadara dan di dalam air.

Dalam air, oksigen dihasilkan dari tanaman hijau yang mampu berfotosintesis.

Karena itu, secara umum kandungan oksigen terlarut dalam kolam atau akuarium yang banyak mengandung ganggang atau lumut hijau lebih besar pada siang hari dibandingkan dengan malam hari.

Oksigen terlarut ke dalam air melalui proses difusi atau persinggungan dengan udara.


Kesimpulan Cara Merawat Cupang Hias Kontes

Cara Merawat Cupang Hias Kontes


Selama ini, cupang hias dikenal memiliki daya tahan yang baik terhadap rendahnya kandungan oksigen terlarut dalam air.

Artinya, pada kondisi air yang memiliki oksigen terlarut 3 mg/l, cupang hias masih sanggup hidup dengan baik.

Hal ini tak lepas dari labirin yang dimiliki oleh cupang hias. Dengan labirin, cupang hias mampu mangambil oksigen langsung dari udara.

Meskipun demikian, kandungan oksigen terlarut dalam jumlah besar lebih pengaruhnya terhadap perkembangan dan pertumbuhan cupang hias.

Kandungan oksigen terlarutyang terlampau sedikit dapat menyebabkan turunnya nafsu makan, sirip tidak berkembang sempurna, dan bentuk tubuh cupang hias tidak proporsional.

Karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga kandungan oksigen terlarut dalam air media perawata di atas 5 mg/l.

Besara kecilnya kandungan oksigen terlarut dapat diketahui dengan pengukuran menggunakan DO meter atau oksigen kit.

Ini merupakan langkah terbaik cara merawat cupang hias kontes dengan standar Nasional Indonesia dengan kriteria akan mendapatkan kualitas ikan bagus dan juara.

Baca juga: 
Makanan Ikan Cupang Terbaik dan Bernutrisi Tinggi
Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias Terbaik dan Harganya
Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar