--> Skip to main content

Inilah Kriteria Penilaian Cupang Kontes Berstandar Nasional

Kriteria Penilaian Cupang Kontes infoikan.com Secara umum penilaian dalam kontes didasarkan pada 3 aspek, yaitu struktur, warna, serta kesehatan dan mental cupang hias.

Namun tentu saja, selain ke tiga aspek tersebut,aspek lain yang erat hubungannya dengan pengkategorian kontes menjadi bahan pertimbangan yang penting dalam penilaian.

Karena cupang juara kontes tentunya memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri, baik dari warna maupun ukuran tubuh.

Namun, selama kontes 2017 yang sudah berlangsung dapat disimpulkan beberapa penilaian penting yang berbungan erat dengan pemeliharaan sobat.

Uraian lengkap aspek – aspek yang menjadi dasar kriteria penilaian cupang kontes tersebut sebagai berikut.


Kriteria Penilaian Cupang Kontes

Kriteria Penilaian Cupang Kontes



Kriteria Penilaian Aspek Strutur Tubuh

Kriteria Penilaian Aspek Strutur Tubuh


Dasar dari penilaian aspek struktur adalah bentuk dan persoalan badan, sirip punggung, sirip perut, dan sirip ekor ikan cupang.

Keserasian antara badan dan sirip – siripnya menjadi poin penting dari penilaian struktur ini.

Cupang hias yang mempunyai bentuk tubuh proporsional, sisik – sisik bagus, dan sirip – sirip maupun seritnya utuh dan rapi akan memiliki nilai tinggi pada aspek ini.

Namun, seperti telah disinggung di atas, aspek ini mengalami perubahan yang signifikan sesuai dengan kategori kontes yang dinilai.

Untuk kategori bonsai, aspek struktr tubuh yang baik adalah memiliki bentuk tubuh minim dan unik.

Maksudnya makin minim dan unik, makin tinggi pula nilai yang akan didapatkan untuk aspek struktur tubuh ini.

Sementara itu, untuk kategori unik, penilaian aspek struktur tubuh ini dapat dikatakan merupakan kebalikan dari kaidah umum, yaitu makin unik struktur tubuh yang ada, makin tinggi pula penilaiannya.

Baca ini: Inilah Makanan Ikan Cupang Terbaik dan Bernutrisi Tinggi


Kriteria Penilaian Cupang Kontes Aspek Warna

Kriteria Penilaian Cupang Kontes Aspek Warna


Dasar dari penilaian aspek warna adalah warna tubuh, sirip anal atau dasi, sirip punggung, sirip perut, dan sirip ekor.

Untuk warna dasar, nilai tinggi akan diperoleh bila semua bagian tubuh dan sirip cupang hias tersebut memiliki satu warna.

Cupang hias yang memenuhi kriteria ini disebut sebagai cupang hias warna solid.

Untuk warna kombinasi, nilai tinggi akan diperoleh bila komposisi warna pada tubuh dan sirip – siripnya harmonis.

Umumnya hal ini ditekankan padakomposisi warna yang ada pada ketiga sirip cupang hias, yaitu sirip punggung, sirip perut, dan sirip ekor.

Misalnya komposisi dan kombinasi warna tersebut biru pada pangkal semua sirip, kemudian merah di ujung dengan proporsi yang harmonis, rata, dan terbagi sempurna.

Untuk warna maskot, nilai tinggi akan diperoleh bila warna tubuh dan warna sirip gradasinya jelas terlihat dan warna – warna tersebut komposisinya terbagi secara proporsional.

Selain itu, karena ikan dapat dinikmati dari dua sisi, faktor penting lainnya dalam penilaian kontes pada aspek warna adalah keseragaman pada kedua sisi ikancupang tersebut.

Maksudnya, dari sisi manapun warna – warna yang ada akan nampak sama, baik coraknya, gradasinya, maupun kecermelangannya.

Baca juga: Obat Ikan Cupang Aduan Alami untuk Sisik dan Gigi


Kriteria Penilaian Cupang Kontes - Aspek Kesehatan dan Mental

Kriteria Penilaian Cupang Kontes - Aspek Kesehatan dan Mental


Dasar penilaian aspek kesehatan dan mental adalah kelincahan dan perilaku cupang hias ketika dihadapkan dengan kontesan lainnya.

Cupang sehat akan menunjuk gaya berenang yang baik dan gerakannya lincah, sebaliknya cupang sakit akan banyak berdiam diri.

Cupang bermental bagus akan mempertontonkan keindahan dan keelokannya dengan jalan mengembangkan seluruh anggota tubuhnya, khususnya sirip – siripnya.

Sementara itu, cupang bermental jelek dicirikan akan menciut nyalinya ketika dihadapkan dengan kontesanlainnya sehingga tidak akan mampu mengembangkan dan menampakkan keindahannya.

Hanya cupang sehat dan bermental baguslah yang akan nampak menonjol di ajang kontes, terlebih bila didukung pula oleh kesempurnaan aspek struktur dan warnanya.

Baca ini juga:
Cara Jitu Melatih Ikan Cupang Aduan Agar Kuat Serta dapat Menang pada Kontes

Kesimpulan:


Aspek Penilaian Cupang Hias Kontes:

Asek Penilaian Cupang Hias Kontes


Struktur tubuh dan warna tidaklah cukup untuk memenangkan kontes, sebab tanpa mentalyang tangguh cupang hias tak akan pernah dapat dinikmati keindahan dan keelokannya sehingga sang juri pun akan ‘melupakan’- nya saat penilaian dilakukan.

Baca yuk,.Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal


Kerapian dan Keutuhan Cupang Hias Serit

Kerapian dan Keutuhan Cupang Hias Serit


Aspek yang cukup vital dalam penilaian cupang hias dalam kontes adalah kerapian dan keutuhan sirip dan serit.

Sebab, meskipun didukung oleh warna yang sempurna, tanpa kerapian dan keutuhan sirip dan seritnya, sosoknya tak akan dapat dinikmati secara utuh dan lengkap.

Baca juga: Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal


Struktur Tubuh Cupang Hias Kontes

Struktur Tubuh Cupang Hias Kontes


Selain harus proporsional, bagian tubuh yang sangat berperan pada saat cupang hias mengembang adalah pangkal ekornya.

Karena itu, sangat penting untuk memilih bakalan yang memiliki pangkal ekor besar sehingga pada saat mengembang akan kuat mengangkat sirip ekornya dan nampak serasi dengan bagian tubuh lainnya.


Penilaian Cupang Halfmoon Serit untuk Kontes 

Kriteria Penilaian Cupang Kontes


Sering pula disebut sebagai halfmun, termasuk varietas baru yang hingga kini usaha untuk mendapatkannya masih terus dilakukan oleh penggemar dan hobiis ikan ini.

Mungkinkah dengan seiring berkembangnya varietas jenis ikan ini dapat mempengaruhi kriteria penilain cupang kontes kategori his? Yang pasti tak akan berubah ya..

Silahkan simak artikel berikutnya untuk info lebih lanjut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar