Skema dan Bentuk Kolam Koi Berdasarkan Lokasi Minimalis

Bentuk Kolam Koi infoikan.com Sudah tahu cara membuat kolam ikan koi sederhana? Atau ingin tahu kedalaman kolam ikan koi yang ideal?

Jenis kolam di bedakan berdasarkan bentuk dari kolam, dan terbagi menjadi 4 macam. 

1. Persegi panjang
2. Bujur sangkar
3. Lingkaran
4. Segitiga

Koi adalah salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara, dimanapun tempatnya pasti akan memberikan keindahan dan kecantikan.

Berbeda dengan budidaya koi, memelihara ikan ini tak membutuhkan lokasi yang luas, cukup bermodalkan lahan sepetak saja sudah mencukupi untuk hidup.

Macam macam kolam koi sudah ditulis di atas, berikut deskripsi dan gambar bentuk kolam koi yang dapat dijadikan sebagai desain minimalis depan rumah.


Bentuk Kolam Koi

Bentuk Kolam Koi




Bentuk kolam koi persegi panjang

Kolam berbentuk persegi panjang, umurnya sering kita temukan di masyarakat sebagai kolam pemeliharaan ikan tradisional. 

Mungkin pada mulanya masyarakat hanya melihat sepantasnya saja. Namun ternyata dari hasil penelitian dan pengalaman, kolam berbentuk persegi panjang ini memang mempunyai kelebihan di bandingkan dengan kolam yang berbentuk bujur sangkar. 

Kelebihannya terletak dalam hal sirkulasi air dan penyediaan makanan alami ikan, karena kolam berbentuk persegi panjang mempunyai pinggiran/sisi yang lebih banyak di bandingkan kolam berbentuk bujur sangkar. 

Makanan alami ikan lebih banyak tumbuh di pinggiran kolam yang dangkal, di bandingkan di tengah kolam yang relatif lebih dalam.


Galeri Kolam Koi



Bentuk Kolam Koi

Bentuk Kolam Koi

Bentuk Kolam Koi



Bentuk kolam koi bujur sangkar


Seperti telah di kemukakan di atas, kolam berbentuk bujur sangkar mempunyai kelemahan dalam hal sirkulasi air dan penyediaan makanan alami ikan. 

Kolam berbentuk bujur sangkar biasanya dipilih sebagai alternatif karena adanya kelebihan tanah. 


Bentuk Kolam Koi



Bentuk Kolam Koi


Bentuk kolam koi lingkaran/bulat. 

Lima tahun yang lalu, dalam bentuk bulat tidak lazim di buat orang. Namun dengan adanya perkembangan budidaya ikan, di jawa barat telah di kembangkan kolam air deras yang berbentuk bulat. 

Kola mini mempunyai pembuangan air poros di tengahnya. Kolam berbentuk bulat ini dapat di temukan di balai benih ikan di leuwisari, tasikmalaya. 

Kolam seperti ini kapasitasnya lebih banyak, dengan sirkulasi air dan pembuangan kotorannya lebih terjamin. 

Model kolam semacam ini keseluruhannya berbentuk dari pasangan batu kali. 


Bentuk Kolam Koi



Bentuk kolam koi segitiga 

Bentuk Kolam Koi

Bentuk Kolam Koi

Baca juga:
Gambar Desain Kolam Koi Minimalis
Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis depan Rumah


Menyebabkan racun bagi ikan. Sama halnya dengan bentuk kolam yang bulat, kolam berbentuk segitiga biasanya juga terbuat dari pasangan batu kali.   
loading...

0 komentar