Jenis Ikan Koi Lokal Terbaik Harga Termahal dan Gambarnya

Jenis Ikan Koi infoikan.com Sudah tahu jenis ikan koi lokal? Atau ingin tahu jenis ikan koi terbaik?

Tidak di ragukan lagi kalau ikan koi di samping mempunyai nilai bisnis yang menggiurkan, juga menyihir pemiliknya betah berjam - jam menikmati keindahan warnanya dan memandang keanggunan tubuhnya.

Koi yang berwarna - warni di lahirkan dari ikan mas berwarna hitam yang biasa untuk lauk lewat mutasi. Seperti hal - nya ikan - ikan lain, setelah matang kelamin koi akan memijah. 

Berkat ketekunan dan keuletannya, orang-orang jepang berhasil melahirkan koi - koi yang bermutu tinggi lebih cantik dan warna yang lebih indah melebihi kecantikan dan keindahan induknya. 

Itulah suatu seni yang biasa di lakukan oleh orang jepang. Berikut beberapa jenis ikan koi yang populer dipelihara dan harga jual tinggi serta terbaik dari lokal dan termahal.


Jenis Ikan Koi



1. Jenis Ikan Koi – ASAGI DAN SHUSUI 

Jenis Ikan Koi

Asagi dan shusui dijadikan satu kelompok karena kedua jenis koi ini memiliki susunan sisik yang teratur di bagian punggungnya, yang membentuk bangunan seperti jala. 

Dalam bahasa jepang asagi berarti cahaya biru/biru berkilauan. 

Asagi mempunyai pola warna biru berkilauan di bagian punggung, kadangkala di lengkapi belang merah. Tubuh bagian samping, pipi dan pangkal sirip – siripnya berwarna merah. 

Kepala asagi biasanya putih mulus atau biru tanpa bintik – bintik. Sisiknya berwarna biru di setiap tepinya terdapat lingkaran putih, sehingga secara keseluruhan terlihat seperti jaring. 

Kepala asagi kadang – kadang terlihat transparan, sehingga kelihatan tulang dan jaringan di bawahnya. 

Ada juga kepalanya yang berwarna merah di sebut dengan asagi bertopeng atau menkaburi.

Kelompok ini memiliki beberapa jenis, di antaranya ; 
- Koi Kanjo – asagi : ikan ini tubuhnya berwarna gelap mirip kaper hitam.
- Koi Mizu – asagi  : ikan ini tubuhnya berwarna dasar mengkilat
- Koi Asagi – sanke : ikan ini punggungnya berwarna biru membentuk bangunan seperti jala, sebagian kepala dan badan bagian atas berbelang merah, perutnya berwarna putih susu. 
- Koi Take – asagi : punggungnya berwarna biru, badannya berwarna merah, badan bagian samping terdapat garis memanjang berwarna putih.  


2. Jenis Ikan Koi – BEKKO

Jenis Ikan Koi BEKKO


Bekko merupakan jenis koi yang memiliki warna dasar putih, merah, merah dengan bintik-bintik atau berbentuk pola hitam. 

Perbedaan dengan pola utsuri adalah bekko mempunyai tanda hitam lebih banyak dan berukuran kecil yang tersebar di seluruh tubuh. 

Beberapa jenis ikan koi yang termasuk dalam kelompok bekko, antara lain. 

a. Koi Shiro – bekko :  warna dasar putih, tanpa di hiasi belang merah, pangkal sirip dadanya di lengkapi dengan garis-garis atau tanpa garis-garis sama sekali. 

b. Koi Aka – bekko : tubuhnya mempunyai warna dasar merah dengan belang hitam. 

Perbedaan aka – bekko dengan aka – sanke adalah aka – bekko mempunyai warna dasar merah sedangkan aka - sanke tubuhnya hanya sebagian yang berwarna merah. 

c. Koi Ki – bekko, tora – ogon dan kinginrin - bekko. 


3. Jenis Ikan Koi – HIKARI – MOYOMONO 

Jenis Ikan Koi


Dalam bahasa jepang hikari artinya metalik (keperak-perakan). Oleh karena itu kelompok ikan ini mempunyai sisik berwarna metalik. 

Kadang kala ikan ini mempunyai warna tambahan sampai 4 atau 5 warna. 
Beberapa jenis ikan koi ini yang termasuk dalam kelompok ini antara lain:

1. Koi Yamatonishiki : merupakan hasil perkawinan silang antara ogon keemas-emasan dengan taisho - sanke. 

Warna tubuh ikan ini mirip taisho - sanke, bedanya sisiknya berwarna metalik. Pada kepalanya terdapat belang merah. 

2. Koi Hariwake : warna tubuh ikan ini putih berkilau-kilauan dengan pola warna kuning. 

3. Koi Kikusui (yamabuki) :  ikan ini mirip hariwake, sisiknya berwarna metalik, kuning berkilau - kilauan, ada juga yang berwarna emas kemerah - merahan atau putih berkilau - kilauan. 

4. Koi Ginsul : warna sisiknya metalik kebiru-biruan. Tubuh yang warnanya putih disebut ginsul, sedangkan jika berwarna kemerah – merahan dikenal sebagai kinsul. Setelah berumur 2 tahun warna ikan jenis ini akan memudar. 

5. Koi Hikari – muji : warna sisiknya metalik keemas – emasan. Apabila warna tubuhnya kuning keemas – emasan di sebut yamabuki ogon, sedangkan jika warnanya metalik keemas – emasan di sebut mezu ogon. 


4. Jenis Ikan Koi – HIKARI – UTSURIMONO 

Jenis Ikan Koi


Koi keturunan dari utsurimono dengan ogon ini terdiri atas 4 macam. 
Seluruhnya mempunyai karakter warna kemilauan yang kuat karena sifat warna dan ogon. Keempat jenis ini adalah:

1. Koi Kin-showa berciri keemasan yang kuat pada sisik badannya. Ikan yang berasal dari kawin silang showa sanshoku dan ogon ini berwarna dasar metalik dengan kombinasi merah dan hitam diatasnya. 

2. Koi Gin-showa, hampir mirip dengan kin showa, bedanya hanya terletak pada  warna sisik yang lebih keperakan. 

3. Koi Gin-shiro, merupakan contoh paduan warna hitam dan perak sangat apik. 

Berasal dari perkawinan antara ogon dengan shiro utsuri, warna hitam gin shiro terlihat sangat kontras di atas warna perak. 

4. Koi Kin-ki utsuri, dengan warnanya yang khas, memiliki dua warna, yaitu hitam dan kuning atau hitam dan oranye karena ia keturunan dari hi - utsuri dengan ogon, maka kedua warna tersebut berkilau seperti metalik. 


5. Jenis Ikan Koi - KAWARIMONO 

Jenis Ikan Koi


Jenisnya tidak hanya satu melainkan sekitar 20 macam. Masing-masing memiliki karakter warna dan pola bercak yang berbeda. 

Contohnya:

1. Koi Ikan Koi Karasu, yang berarti burung gagak dalam bahasa jepang. Disebut demikian karena hampir seluruh badan ikan ini diselimuti warna hitam. 

Keturunannya, menghasilkan ikan dengan kombinasi warna hitam dan putih. 

2. Koi Ikan Koi Hajiro , yang ujung sirip di bagian dada berwarna putih, yotsujiro dengan bagian sirip dada, kepala dan sirip ekornya berwarna putih, dan matsukawabake yang unik dengan sifat pola bercaknya yang dapat berubah saat pergantian musim. 

Selain karasu, ada jenis koi kigoi yang berasal dari asagi atau kohaku. Ki,berarti kuning, jadi kigoi ialah koi dengan seluruh badan berwarna  kuning cerah. 

Ikan Koi Akame kigoi adalah contoh kigoi yang memiliki kekhasan, karena di samping warnanya yang kuning, ia juga bermata merah. 

Ad lagi chagoi yang berwarna coklat. Anehnya, selagi muda ia berwarna kehijauan, kemudian lambat laun berubah menjadi kecoklatan. 

3. Ikan Koi Midori adalah kawarimono jenis lain yang dalam bahasa jepang yang berarti hijau.  Koi jerman ini berasal dari kawin silang antara koi shusui betina dengan jantan yamabuki ogon. 

Berbeda dengan jenis kawarimono di atas, kanoko memiliki warna-warna yang lebih atraktif. 

Kanoko berarti anak rusa, sesuai dengan warna merah pada pola warnanya. 

Beberapa jenis kanoko ialah kanoko kohaku yang memiliki bercak merah tersebar di seluruh badan dan bagian atas berwarna putih, 

Kanoko showa dengan perpaduan bercak hitam dan merah pada bagian kepala dan sedikit warna putih, serta kanoko sanke yang juga berwarna dasar putih dengan bercak merah dan hitam di atasnya, serta bagian kepala berwarna merah.  


6. Jenis Ikan Koi - KOROMO 

Jenis Ikan Koi


Koi jenis ini memiliki hasil perkawinansilang antara asagi dengan sanshoku. Mempunyai warna dasar keperak - perakan atau biru yang terpapar di atas warna merah dan putih. 

Beberapa anggota dari jenis ikan koi ini antara lain. 

1, Jenis Ikan Koi Aigoromo : tubuhnya mempunyai ciri khas, berupa warna merah dan putih di atas warna biru. 

Sisiknya berwarna biru dan di setiap ujung sisik lingkaran berwarna putih, sehingga secara utuh terlihat seperti jaringan. Bagian kepala benar-benar bersih, tanpa bintik-bintik hitam. 

2, Jenis Ikan Koi  Sumi – goromo : tubuhnya di tutupi sisik dengan pola seperti mata jaring. Pada kepalanya terdapat belang hitam dan belang merah. 

3, Jenis Ikan Koi  Budo- sanshoku : ikan ini merupakan hasil perkawinan silang antara asagi-kohaku. 

Tubuhnya mempunyai sisik berwarna jingga, polanya tersusun seperti untaian buah anggur. 

4, Jenis Ikan Koi  Koromo - sanke : ikan ini merupakan hasil perkawinan silang antara taisho-sanke dengan ai – goromo. 

Tubuhnya mempunyai pola seperti taisho – sanke, mempunyai tanda biru yang terdapat pada belang merah, siripnya berwarna hitam dan sebagian berwarna putih. 

5, Jenis Ikan Koi Kigoi : tubuhnya berwarna kuning mengkilat, ada juga yang berwarna merah. 

6, Jenis Ikan Koi  Matshubagoi : sisik-sisiknya putih bersih. Bila tubuh ikan ini berwarna  merah disebut aka - matsuba, berwarna kuning disebut ki - matsuba sedangkan untuk berwarna putih di sebut shiro – matsuba. 

Perkawinan antara matsuba dengan ogon menghasilkan kin-matsuba dan gin- matsuba. 

7, Jenis Ikan Koi  Goshiki (gishiki lima warna) ; merupakan hasil perkawinan hasil antara asagi dengan  aka – sanke. 

Go dalam bahasa jepang artinya lima, sedangkan shiki artinya warna. Ikan ini memiliki lima warna : putih, merah, biru atau biru redup. 

Tubuhnya berwarna biru dengan pola mirip aka – sanke. 

8, Jenis Ikan Koi Sanke-shusui : ikan ini sebagian punggungnya berwarna biru, mirip ikan shusui, merupakan hasil perkawinan silang antara taisho – sanke dengan shusui. 

9, Jenis Ikan Koi Koromo-showa/ai-showa : merupakan keturunan dari ai-goromo dengan showa-sanshoku. 

Tubuhnya memiliki warna merah menyerupai  showa – sansoku, bedanya ikan ini dilengkapi tanda biru. Anggota kelompok ini antara lain midorogoi, chagoi, shu chiku bai. 

Baca juga:
Jenis Ikan Koi Blitar yang Paling Laris
Bisnis Ikan Koi untung Jutaan
Makanan Ikan Koi untuk Pertumbuhannya


7. Jenis Ikan Koi – SHOWA – SANSHOKU

Jenis Ikan Koi


Jenis Ikan Koi Showa – sanke adalah nama kelompok koi berkulit hitam dengan pola belang merah dan belang putih. 

Ada yang menyebutnya bahwa showa-sanshoku merupakan jenis showa - sanke. Dalam bahasa jepang san berarti 3 dan shoku berarti warna. Jadi ikan showa adalah ikan tiga warna. 

Jenis Ikan Koi Showa sanshoku biasanya mempunyai kepala sebagian berbelang merah berukuran besar dan belang hitam yang mempunyai dua bentuk, yaitu belang hitam yang membagi daerah kepala menjadi dua bagian, dan bentuk lain berupa huruf v atau u di daerah hidung. 

Belang di bagian punggung berupa kelokan atau alur lurus memanjang ke arah belakang. 

Siripnya dapat berwarna putih, hitam atau merah, pada sirip dada biasanya terdapat tanda hitam sehingga menambah keindahan tubuhnya. 

Persamaan antara showa-sanshoku dengan taisho – sanke adalah sama-sama mempunyai 3 komposisi warna pada tubuhnya yaitu putih, merah dan hitam. 

Walaupun demikian kedua jenis ikan ini mempunyai beberapa berbedaan, antara lain:

Beberapa jenis lain dari showa-sanshoku adalah tancho – showa, bokke showa (sisik hitam), hi-showa (punggung sebagian berbelang merah yang memanjang dari kepala sampai ekor), kindai showa (tubuhnya memiliki warna putih yang lebih dominan dari warna hitam, sebagian lagi berwarna merah), doitsu -  showa, koromo – showa, kanoko – showa, kage – showa, showa – shusui, kin – showa, gin – showa, kinginrin – showa dam tancho – showa, kin – showa (warna sisik mengkilat berwarna metalik keemasan). 


8. Jenis Ikan Koi - Shusui 

Jenis Ikan Koi


Merupakan hasil kawin saling antara asagi-sanke dengan doitsu (karpet kaca). 

Ikan jenis ini mempunyai kepala dan punggung berwarna biru, sedangkan pada ujung hidung, pipi dan pangkal sirip – siripnya berwarna merah darah. 

Sisik pada shusui  berwarna biru dengan susunan bertipe doitsu yaitu susunan terlihat rapi terutama sisik daerah punggung. 

Disetiap bagian sisiknya terdapat lingkaran berwarna putih sehingga secara keseluruhan seperti membentuk   bangunan jaring. 

Beberapa jenis ikan koi lain yang termasuk dalam kelompok shusui, antara lain. 

1, Jenis Ikan Koi Ki – shusui : tubuhnya berwarna kuning, bagian punggung berwarna hitam dan jingga. 

Sedangkan untuk ikan yang bagian punggungnya hanya mempunyai warna hitam di sebut matsuba - doitsu. 

2, Jenis Ikan Koi Hi – shusui : ikan ini berwarna merah yang meluas di daerah punggungnya. 

3, Jenis Ikan Koi Hana – shusui : ikan ini mempunyai belang merah di daerah punggung, badan, kepala serta pangkal sirip - siripnya. 

4, Jenis Ikan Koi Pearl – shusui : sisik bagian punggung berwarna keperakan/metalik.

5, Jenis Ikan Koi Sanke – shusui, ginshiki – shusui, goshiki – shusui, ginshui – kinshui.


9. Jenis Ikan Koi - TAISHO-SANKE

Jenis Ikan Koi


Yang termasuk ke dalam jenis ini adalah koi yang memiliki komposisi tiga warna, yaitu dasar putih belang hitam dan merah. 

Kepalanya sebagian berbelang merah dan tidak sampai meluas ke daerah mata, rahang, pipi atau menutupi hidungnya, sedangkan ekornya berwarna putih. 

Taiso sanke yang baik adalah bagian kepala tanpa belang hitam, bagian punggung berbelang merah besar, siripnya putih dengan jumlah garis hitam 2 atau 3 buah. 

Berdasarkan komposisi warna, taisho sanke mempunyai beberapa jenis antara lain.

Jenis Ikan Koi Tsubo – sumi (dasar putih dengan belang hitam), kasane-sumi (dasar merah dengan belang hitam), 

Aka – sanke ( bagian punggung dengan belang merah dan hitam yang memanjang dari kepala sampai ekor),

Doitsu sanke (belang merah dan putih menyebar ke seluruh permukaan tubuh, pada sebagian siripnya terdapat belang hitam),

Jenis Ikan Koi Fuji sanke (kepala berwarna keperakan),

Jenis Ikan Koi Tancho – sanke (kepala sebagian berbelang hitam, punggung sebagian berbelang hitam dan merah, sirip-siripnya berwarna putih yang sebagian dilengkapi dengan belang hitam),

Jenis Ikan Koi Kuchibeni – taisho sanke (bibir merah). 
Jenis lain dari taisho sanke di antaranya adalah:

Doitshu – aka – sanke, koromo – sanke, kanoko – sanke, sanke – shusui, yamato – nishiki, klnginrin – sanke.


10. Jenis Ikan koi - TANCHO 

Jenis Ikan koi


Ikan jenis ini mempunyai belang berbentuk bulat di bagian kepala. Dengan adanya beberapa jenis belang merah di bagian kepala ini, terdapat beberapa jenis tancho, antara lain. 

1, Jenis Ikan Koi Tancho – sanke : tubuhnya berwarna hitam, merah, putih serta belang merah di bagian kepalanya. 

Tancho sanke yang baik pada bagian kepalanya tidak terdapat tanda hitam. Tanda hitam pada tubuhya harus hitam legam, begitu juga dengan sirip-siripnya. 

2, Jenis Ikan Koi Tancho – kohaku : ikan ini adalah ikan kohaku, bedanya di bagian kepalanya terdapat belang merah berbentuk bulat. 

3, Jenis Ikan Koi Tancho showa : yaitu ikan showa dengan kepala merah berbentuk bulat. Ikan ini mempunyai persamaan dengan shiro – utsuri tubuhnya mempunyai  dasar hitam dengan tanda putih. 

Bila ikan hitam – putih ini dilengkapi dengan tanda merah, maka di sebut sanke. 


11. Jenis Ikan Koi – UTSURIMONO 

Jenis Ikan Koi


Ikan jenis ini mempunyai dasar warna hitam dengan belang putih, kuning atau merah, ada juga yang mempunyai warna dasar merah keemas – emasan dengan sirip berwarna hitam, atau tidak memiliki warna hitam sama sekali. 

Kelompok ikan yang termasuk dalam jenis ini di antaranya. 

1, Jenis Ikan Koi Shiro – utsuri : warna dasar tubuhnya hitam dengan belang putih, pola warnanya menyerupsi kohaku. 

Bagian pangkal sirip dadanya berwarna hitam, sedangkan belang hitam pada tubuhnya baik pola maupun komposisinya menyerupai showa-sanshoku. 

2, Jenis Ikan Koi Ki – utsuri : warna dasar tubuhnya hitam atau oranye dengan belang berwarna kuning. 

3, Jenis Ikan Koi Hi – utsuri : tubuhnya berwarna dasar merah, sirip – siripnya berwarna hitam, sirip dadanya dilengkapi garis – garis. 

Jenis ikan koi lain yang termasuk dalam kelompok ini antara lain utsuri – doitsu, kage – utsuri. 
loading...

0 komentar