February 3, 2017

Budidaya Ikan Platy Variatus (Sunset Platy, Platy Variatus)

Budidaya Ikan Platy Variatus (Sunset Platy, Platy Variatus) Infoikan.com Salah satu jenis platy yaitu platy variatus. Platyfish akuarium yang merupakan jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Keberadaannya banyak ditemukan di Mexico. Seperti ikan molly, cara budidaya sangat mudah dan hampir sama dengan jenis-jenis ikan hias lainnya.

Berikut beberapa langkah panduan lengkap budidaya ikan platy variatus atau platyfish.

platy cendrawasih
petsolutions.com


Cara Budidaya Ikan Platy Variatus (Sunset Platy, Platy Variatus)

Klasifikasi dan Sistematika Ikan Variatus (Sunset Platy, Platy Variatus)
Ordo              : Cyprinodontoidei
Sub-Ordo        : Poecilioidei
Famili             : Poecilidae
Genus            : Xyphophorus
Spesies          : Xyphophorus Variatus (Meek)
Asal               : Mexico
Nama Inggris : Sunset Platy, Platy Variatus, Varigated Platy, Variable Platyfish.


jenis platy
en.wikipedia.org

platy sunset
SaigonAquarium.com


Ciri-Ciri Ikan Platy Variatus (Sunset Platy, Platy Variatus)
Bentun badannya lebih dekat dengan bentuk lebih dekat dengan badan platy pedang swordtail dibandingkan dengan platy normal. Bedanya platy variatus sunset platy tidak dilengkapi dengan pedang. Sirip ekornya hampir mirip dengan platy norma.

Dari hasil kawin silang maupun pemurniannya sekarang ikan ini mempunyai warna yang beraneka rupa, meskipun dengan bentuk badan yang masih sama. Jika berhasil mengkawinkan sunset platy atau platy fariatus dengan platy pedang swordtail bisa jadi akan dipastikan strain yang mempunyai sirip punggung berjumbay alias kumpai.

molly fish
youtube.com

Gambar Ikan Platy Variatus (Sunset Platy, Platy Variatus)
JMCAquatics.co.uk


Sifat-Sifat Ikan Platy Variatus (Sunset Platy, Platy Variatus)
Sebelum melakukan budidaya ikan platy variatus atau sunset platy, alangkah baiknya mengetahui sifatnya dulu. 

Salah satu jenis ikan platy yang beranak jika di akuarium dan ditempatkan di sudut ruang. Dengan tanpa perasaan was-was ikan ini dapat di campurkan jadi satu dalam satu wadah akuarium ikan hias bersama ikan lain. 

Mudah dikembangbiakkan dan menghasilkan keturunan yang jika dijual akan dapat mengasapi dapur kita. Untuk mendapatkan keturunan yang bagus dan cantik tentunya harus dialkukan ujicoba yang tidak cukup sekali.

Ikan jantan dapat mencapai panjang maksimal hingga ukuran 5,5 cm, sedangkan ikan betina umumnya berukuran lebih besar sekitar 7 cm.

Kebiasaan berkembangbiak menyerupai ikan plati koral, juga sifat bertanggungjawabnya terhadap keturunannya. Oleh karenanya harap disediakan tanaman air dasar yang rimbun, berdaun lunak.

Gambar Ikan Platy Variatus (Sunset Platy, Platy Variatus)
alamy.com

Sunset Platy, Platy Variatus


Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Platy Variatus (Sunset Platy, Platy Variatus) 
Tempat pemijahan budidaya ikan platy variatus dapat menggunakan akuarium maupun bak semen. Jika akan menggunakan akuarium, cukup berukuran 80 x 45 x 40 cm, sedangkan untuk bak berukuran 2 x 1 m, ketinggian 0,4 m.

Air yang digunakan air sumur, yang telah diendapkan  sehari semalam. Tinggi air cukup 30 cm. Suhu air berkisar 25 - 27 derajat C, agak basa. Dalam bak pemijahan dilengkapi tanaman air untuk menyembunyikan benihdari sifat mangsa induk-induknya. Jenis tanaman bisa enceng gondok, Hydrilla atau myriophyllum.

Sunset Platy, Platy Variatus
youtube.com


Memilih Induk Budidaya Ikan Platy Variatus (Sunset Platy, Platy Variatus) 
Ikan jantan mempunyai variasi warna dalam tubuhnya lebih banyak dibandingkan betina. Gonopodium yang terdapat yang terdapat pada bagian bawah tubuh induk jantan biasanya yang dijadikan pedoman untuk membedakan kelamin ikan cantik ini.

Induk untuk budidaya ikan platy variatus atau sunset platy sebaiknya telah berumur 5 - 6 bulan dan telah mencapai panjang total 3,75 cm. Induk-induk harus sehat dan mempunyai kualitas prima, baik warna maupun bentuk badannya.

Jangan sekali-kali memakai induk yang tidak standar, karena akan membuang biaya jika tidak berhasil. Induk yang telah dipilih, dirawat di bak atau akuarium khusus dan diberi makan dengan jentin-jentik nyamuk.

Sunset Platy, Platy Variatus

Sunset Platy, Platy Variatus


Pemijahan Budidaya Ikan Platy Variatus (Sunset Platy, Platy Variatus) 
Sebelum melakukan budidaya ikan platy variatus, bak pemijahan dibersihkan dulu. Induk-induk yang telah dipilih dimasukkan dalam akuarium pemijahan. Dalam bak boleh diberi dan ditempatkan induk betina 100 ekor, dengan pejantan bonafit 1/3 atau hanya 30 ekor saja.

Beberapa hari kemudian, tidak sampai seminggu, induk akan mulai mengeluarkan anaknya. Setelah anak-anak platy variatus nongol, maka segera diakukan operasi penyelamatan dengan memindahkannya dalam bak pendederan atau pembesaran.

Induk tetap dibiarkan dalam bak pemijahan untuk memproduksi keturunan sebanyak-banyaknya. Setiap harinya induk harus diberi makan cuk yang cukup untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tetap fit.

Sunset Platy, Platy Variatus


Pembesaran Budidaya Ikan Platy Variatus (Sunset Platy, Platy Variatus)

Bak semen yang dipakai untuk budidaya ikan platy variatus khususnya pembesaran benih plati variatus ini bisa berukuran 2 x 2 m atau 2 x 3 m. Ketinggian bak tidak kurang dari 40 cm.

Bak diisi air bersih dan tanaman air lunak. Anak-anak platy variatus dimasukkan ke dalam bakpada siang hari. 

Hari-hari selanjutnya boleh diberi kutu air, sebelum akhirnya diberi cacing sutera. Untuk menjaga kondisi ikan tetap sehat dan dan menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya tinggi air tidak boleh dari 30 cm.

Makanan diberikan sehari 3 kali, dengan makanan hidup. Setelah sebulan mulai diadakan seleksi. Yang besar dipisahkan, dipelihara tersendiri, demikian pula dengan ikan yang lebih kecil.  

Setiap induk betina menghasilkan benih dengan jumlah yang sangat bervariasi, antara 20 - 200 ekor. Induk-induk yang telah mengeluarkan anaknya, akan matang telur dan beranak lagi dalam jangka 4 - 6 minggu.

Baca juga:
Demikian sobt sedikit ulasan tentang budidaya ikan platy variatus sunset platy ini, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan his berikutnya.