February 14, 2017

Penyebab Ikan Lele Banyak yang Mati

Penyebab Ikan Lele Banyak yang Mati Infoikan.com Ikan lele mati? Mau tahu penyebab lele perut kembung dan menggantung di atas kolam? Siapa sih yang tidak ingin peternaknya sehat alami dan cepat tumbuh subur sampai panen nanti. Dengan harga lele yang ekonomis banyak sekali yang sudah membudidayakan.

Akan tetapi kendala sekarang ini yang muncul bayak lele yang mati secara tiba-tiba, ada juga yang menggantung, perut kembung, terus kira-kira apa penyebab ikan lele banyak yang mati mendadak dengan perut kembung secara massal dan juga menggantung serta bagaimana cara mengatasinya. Berikut penjelasan singkatnya.

penyebab ikan lele mati dengan perut kembung


Cara Mengatasi Bibit Lele Yang Setiap Hari Mati
Budidaya ikan lele, ikan mas, salmon, dan ikan nila, dan lainnya merupakan jenis ikan konsumsi yang banyak dibudidaya oleh para petani sekarang ini. Awal proses pembesaran pemeliharaan tidak semua berjalan lancar, akan tetapi pasti menemui kendala atau hambatan terhadap pertumbuhan bibit ikan ini.

Kenapa Pemeliharaan Bibit Lele Mati Setiap Hari?

Pertama kali sebelum melakukan budidaya, langkah awal yang harus dipersiapkan pastinya wadah atau kolam budidaya. Petani harus jeli sampai langkah ini yaitu bagaimana kolam pemeliharaan mempunyai kualitas air yang pas dengan suhu, tidak ketinggian air, terutama tidak terlalu kepanasan, kehujanan. Itu merupakan salah satu hal awal sebelum melakukan proses pemeliharaan selanjutnya.
Baca juga: Cara Terlengkap Membuat Kolam Ikan 

penyebab bibit lele mati mendadak

penyebab lele mati massal


Permasalahan Bibit Lele yang Banyak Diabaikan
Jika panas terlalu akan menyebabkan lendir atau kulit lele mengelupas, ekor dan mulut terdapat warna merah, lebih suka mengambang dan berakhir kematian.
  1. Jika terkena siraman air hujan yang tinggi dan dapat menyebabkan pH air kolam menyebabkan intensitas tinggi, akan bermasalah juga dengan bibit lele.
  2. Kurangnya nafsu makan lebih suka mengambang dan berakhir kematian.
  3. Yang harus diperhatikan yaitu pemberian pakan yangg berlebihan. 
  4. Sebisa mungkin dapat menjaga air kolam dari kotoran atau sisa makanan ini. Karena hal ini dapat menyebabkan masalah utama pada bibit lele.

obat bibit lele menggantung

cara mengatasi lele mati mendadak


Penyebab Pemberian Pakan yang Terlalau Banyak
Pembusukan bahan pakan organik dan Un-organik yang tidak terurai yang berasal dari sisa makanan akan menyebabkan amoniak, dan itu akan menyebabkan masalah pada bibit lele. Yang kebanyakan lele malah cenderung naik ke atas permukaan air dan selang 1 hari maka akan banyak yang mati.

Tiga permasalahan sepele inilah yang sering diabaikan oleh petani yang mana padahal sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan sekaligus penyakit datang terhadap bibit lele.

Terkadang ada bertanya-tanya kenapa bibit lele setiap hari ada saja yang mati. Untuk kematian dibawah 6 ekor di awal penebaran sih terbilang tidak masalah, namun setelah 4-5 hari bibit lele setiap hari mati 11 hingga 50 ekor dengan hal demikian terbilang masalah yang besar. 


Dalam hal ini bibit lele yang mati biasanya tenggelam dan keesokan harinya baru mengambang, kematian setiap hari yang terjadi berturut-turut yang menyebabkan setiap hari bibit lele selalu ada yang mati.

penyebab kematian ikan lele di kolam terpal

 mengatasi kematian lele

Cara Mengatasi Bibit Lele Yang Setiap Harinya Mati

Lalu bagaimanakah cara mengatasi apabila setiap harinya bibit lele tersebut selalu ada yang mati. Dalam hal ini lele yang setiap harinya ada yang mati bisa karena kualitas air yang tidak bagus, dalam pemberian pakan teralalu banyak, sisa pelet yang mengendap di dasar kolam dan tidak terurai yang akan menjadi racun. 

Itu yang biasanya menjadi masalah, lele mulai menggantung dipinggir kolam dan dalam hal ini apabila tidak segera diatasi maka akan terjadi kematian yang lebih banyak lagi atau massal.

cara merawat bibit lele biar cepat besar

Penyebab Ikan Lele Banyak yang Mati


Cara Mengatasinya

Dalam hal permasalahan bibit lele yang sering mati untuk mengatasi dengan cara diantaranya yaitu:

  • Dengan memindahkan bibit lele pada sore/pagi hari ke kolam yang sudah siapkan.
  • Sebelum digunakan, air kolam harus diendapkan dulu minimal selama 7 hari. Hal ini untuk menumbuhkan juga pakan alami ikan lele, yaitu dengan memberikan probiotik atau pupuk alami.
  • Waktu dalam pemindahan di kolam akan terlihat bangkai bibit lele yang ada di dasar kolam, yang biasanya bangkai di dasar kolam lebih banyak dari pada yang mengambang.
  • Puasakan selama 1 hari dan beri pakan dengan takaran sedikit seiring pergantian hari pemberian pakan di tambah sesuai dengan kebutuhan lele tersebut.
Baca juga:
Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Ikan Lele Banyak yang Mati semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.