October 14, 2016

Klasifikasi Ikan Corydoras (Tikus Kecil) Serta Cara Merawatnya

Klasifikasi Ikan Hias Corydoras Serta Cara Merawatnya, infoikan.com | Ikan Corydoras merupakan jenis ikan hias air tawar yang mudah untuk dipelihara serta masih termasuk dari keluarga Callichthyidae dan subfamili Corydoradinae.

Klasifikasi Ikan Corydoras serta makanan ikan corydoras
Nama Ikan Corydoras sendiri diambil dan berasal dari bahasa Yunani yaitu Kory yang artinya (helm) dan doras (kulit). Ikan Corydoras didistribusikan di Amerika Selatan dimana ditemukan timur Andes ke pantai Atlantik , dari Trinidad ke Río de la Plata drainase di utara Argentina.

Ikan Corydoras pada umumnya banyak ditemukan dan terdapat pada sepenanjung sungai-sungai kecil, yaitu sepanjang aliran sungai yang lebih besar dari rawa-rawa. Pada habitat alam, ikan ini banyak mendiami pada dasar air sungai, untuk mencari makan pada pasir-pasir, kerikil dan semacam detritus.

Makanan utama Corydoras untuk di alam bebas bisa seperti larva serangga, serangga, serta berbagai  macam cacing, dan tumbuh-tumbuhan liar. Untuk makanan berupa ikan biasanya corydoras ini lebih memilih yang sudah mati, dan jarang sekali langsung nyantap jenis ikan yang masih hidup. Yaitu dengan cara mendeteksi dengan kedua sungutnya serta membenamkan bagian mulutnya hingga sampai perbatasan hidung untuk mencari mangsanya tersebut. Berikut merupakan beberapa gambaran klasifikasi ikan hias corydoras serta cara merawatnya yang bisa sobat simak.

Ikan Corydoras ? Berukut Cara Merawatnya

Maka dari itu, jika sobat memelihara dan merawat pada wadah aquarium harus bisa ngasih subtrat semacam pasir atau kerikil untuk mencari mangsa tadi. dan Usahakan dalam aquarium tadi sobat memberi beberapa ekor ikan corydoras ini, karena pada habitata aslinya ikan ini hidupnya suka berkelompok menjadi satu spesies yang mana terdiri dari ratusan bahkan bisa mencapai ribuan ekor. Jenis Ikan corydoras lebih banyak aktif di siang hari. Berbeda dengan jenis ikan lele lainnya, yang mana pada umumnya aktif di malam hari.

Spesies atau jenis ikan corydoras ini sangat banyak, kurang lebih ada 180 spesies, untuk lebih jelasnya silahkan baca JENIS IKAN CORYDORAS PALING POPULER DAN TERLENGKAP


Klasifikasi Ikan Corydoras (Tikus Kecil) Serta Cara Merawatnya
fishshare.blogspot.com

Klasifikasi Ikan Corydoras 

klasifikasi ilmiah
Kerajaan     :     Animalia
Divisi          :     Chordata
Kelas          :     klasifikasi
Memesan     :     Siluriformes
Keluarga      :     Callichthyidae
subfamili     :     Corydoradinae
Marga         :     Corydoras

Cara Merawat Ikan Corydoras di akuarium aquascape


Klasifikasi Ikan Corydoras (Tikus Kecil) Serta Cara Merawatnya

Ikan corydoras merupakan jenis ikan hias yang mudah untuk dipelihara, keunikan lain dari ikan ini yaitu mampu bertahan hidup hingga puluhan tahun. Sangat cocok buat sobat sekalipun pemula untuk memelihara serta merawat jenis ikan Corydoras ini. Seperti contohnya jenis Corydoras C.Aeneus yang mampu hidup hingga 27 tahun. 


Pada umumnya ikan ini bersifat tidak agresif, yang bisa dicampurkan dengan jenis ikan hias lainnya dalam satu wadah aquarium. Namun, ketika mencampurkan usahakan untuk memberi beberapa ekor ikan yaitu minimalnya 3 ekor. Khusus pemelihara dalam aquarium jangan lupa untuk menyediakan pelengkap dapat berupa jenis tanaman aquascape, subtrat pasir yang lembut, merupakan yang ideal untuk menemukan mangsa seperti pada aam bebasnya. 

Makanan ikan corydoras sendiri bisa berupa pakan alami dan pakan buatan yang kesemuanya sudah terdapat pada toko terdekat kota sobat. Yang paling keren lagi jika sobat mampu menyediakan jenis pakan yang bisa tenggelam sampai dasar aquarium, karena aktifitas ikan ini lebih banyak pada dasar air yang mana selalu mencari makan mangsa. 


Faktor utama yang mendominasi ikan corydoras ini mampu bertahan hidup yang lama tak lain yaitu karena kualitas air serta meluangkan waktu untuk merawatannya. Usahakan untuk airnya harus rendah akan nitrit, karena jika nitritnya terlalu tinggi maka sungut ikan ini tidaka dapat berfungsi agi untuk mendeteksi jenis makanannya.

klasifikasi ikan corydoras
aquariumhias.blogspot.
Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Klasifikasi Ikan Corydoras (ikan Tikus) serta Cara menrawatnya ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan kita untuk perawatan dalam jenjang berikutnya. 

baca juga:  
Nama Nama Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Populer Dipelihara Beserta Gambarnya