Obat Luka untuk Ikan Gurame Agar Cepat Sembuh Satu Kolam

- 3:59:00 PM
Obat Luka untuk Ikan Gurame infoikan.com Sudah tahu obat ikan gurame yang sakit kesehatan? Atau ngin tahu penyakit ikan gurame mata belo?

Pepatah mengatakan "Mencegah lebih baik daripada mengobati". Ungkapan ini cocok untuk kita terapkan dalam budidaya ikan gurame.

Ada 2 kelompok besar yang dapat menyebabkan ikan terserang penyakit. Pertama penyakit akibat gangguan jasad hidup atau bisa disebut dengan penyakit parasiter.

Jasad renik berupa bakteri merupakan salah satu yang menjadikan luka pada tubuh. Berikut obat luka untuk ikan gurame yang sudah terbukti dapat menyembuhkan penyakit.

Obat Luka untuk Ikan Gurame


Obat Luka untuk Ikan Gurame


Gejala yang ditimbulkan adalah warna tubuh gurame menjadi pucat akibat dari adanya bintik putih di seluruh badan.

Ikan gurame lebih sering menggosok - gosokkan badannya ke bagian dasar atau dinding kolam yang pastinya akan membuat luka di bagian badan.

Selanjutnya keadaan ikan terlihat megap - megap dan sering berkumpul di tempat pemasukan air karena kekurangan oksigen.

Penyakit ini dapat menular melalui penggunaan peralatan yang tidak bersih. Penularan juga dapat terjadi akibat suhu air yang rendah, kurang makan, atau tertular penyakit ikan liar.

Baca dulu yuk,.
Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Agar Cepat Besar Hasil Melimpah

Cara Mencegah Penyakit Ikan Gurame

Pengendalian dapat dilakukan dengan merendam gurame dalam larutan formalin 25 ml/m3 air.

Selain itu, pengendalian juga dapat dilakukan dengan cara menaikkan temperatur air kolam hingga mencapai 28 derajat C.

Obat Ikan Gurame Luka


Untuk obat herbal tanpa bahan kimia, Anda bisa mencoba memberikan daun dan batang kamboja dengan cara dicacah kecil - kecil, kemudian sebar saja di atas kolam.

Biasanya akan tetap di permukaan air, biarkan saja begitu. Yang perlu sobat lakukan cukup menutup pintu masuk keluar air saja.

Dengan catata lagi supaya daun dan batang kamboja mujarob sebagai obat luka ikan gurame, setting kedalaman air cukup 1 meter saja dari dasar kolam.

Lakukan cara ini selama 3 hari setiap pagi hari. Untuk penggantian air, pada hari ke 4 saja. Selanjutnya secara berkala air kolam harus diganti untuk menghindari ikan gurame stress.

Baca ini:
Teknik Budidaya Ikan Gurame Hemat Biaya dan Menguntungkan

Sekira itu dulu untuk obat luka untuk ikan gurame yang sudah teruji oleh beberapa petani peternak ikan air tawar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
iklan disini akhir artikel...
 

Start typing and press Enter to search