Skip to main content

Cara Merawat Ikan Badut dalam Akuarium yang Baik dan Awet

Cara Merawat Ikan Badut dalam Akuarium Infoikan.Com Sudah tahu jenis ikan nemo air tawar? Atau ingin tahu jenis ikan hias air tawar?

Ikan badut memerlukan peraawatan lebih dari ikan lainnya seperti ikan koki. Ikan ini membutuhkan air asin hangat yang mirip dengan air asin dari laut. 
Berikut adalah beberapa factor yang perlu di perhatikan saat memelihara ikan badut. 


Cara Merawat Ikan Badut dalam Akuarium

Cara Merawat Ikan Badut dalam Akuarium


1. Akuarium idealnya harus berukuran setidaknya 90 cm x 30 cm x 38 cm. 
Hal ini yang diperlukan adalah bahwa ikan badut marun ini tumbuh dengan mencapai 15 cm sehingga penyesuaiann ukuran akuarium sangat di tuntut. 

Ikan badut  ini pada umumnya membutuhkan ruang yang lebih luas di bandingkan ikan hias air tawar. 

2. Ikan badut juga membutuhkan kualitas air yang baik bersihkan akuarium lebih sering untuk menjaga lingkungan tetap sesuai bersih. 

3. Ikan badut adalah ikan sosial seperti terlihat dari perilakunya di dalam liar serta simbiosisnya dengan anemone di anjurkan untuk memelihara sepasang ikan badut. 

4. Namun, jangan pula membeli terlalu banyak agar akuarium tidak terlalu padat. Usahakan pula membeli ikan badut dari spesies yang sama agar tidak terjadi perkelahian memperebutkan wilayah. 

5. Ikan badut dikenal rentan terhadap stress, usahakan mereka tetap nyaman dan selalu jaga kebersihan akuarium karena stress bisa menyebabkan kematian ikan. 

6. Tambahkan anemone cocok untuk di pelihara. Spessies anemone yang salah justru bisa menyengat ikan badut hingga mati. 

7. Akuarium perlu memiliki batu atau koral tempat ikan badut bersembunyi dan bermain batu juga akan membuat akuarium lebih mirip dengan habitat asli ikan ini. 

8. Ikan badut merupakan omnivore beri makan mereka dengan makanan hidup, makanan beku, serta serpihan makanan. Jika memberikan makanan beku, jangan lupa untuk mencairkan makanan terlebih dahulu. 

9. Jumlah kebutuhan air di akuarium adalah 10 liter per 3 cm ukuran ikan berbicara dengan pemilik took hewan peliharaan tentang filtrasi air yang tepat untuk akuarium. Tidak boleh memasukkan ikan ke dalam akuarium pada hari yang sama saat membelinya. Air dalam akuarium perlu di biarkan beberapa waktu sebelum ikan badut di masukkan ke dalamnya. 

Jangan pelihara ikan badut dengan spesies ikan badut lain meskipun ikan badut jenis ocellaris bisa hidup bersama dengan jenis ikan lain, jangan di pelihara mereka bersamaan dengan sesame ikan badut dari spesies lain. 


Baca juga:
Membuat Aquarium Ikan Badut Mini Air Tawar & Laut Tanpa Skimmer

Jenis Penyakit Ikan Badut dan Cara Pengobatannya

Cara Merawat Ikan Badut dalam Akuarium – ANEMON Ikan Badut
Cara Merawat Ikan Badut dalam Akuarium


Alasan yang banyak aquarists ingin memelihara ikan badut adalah untuk menampilkan keajaiban alam dari ikatan antara ikan badut dan anemone. 
Namun, menciptakan ikatam itu di akuarium sering tidak sesederhana kedengarannya, juga yang biasanya di anjurkan. 

Perlu di pahami bahwa ikan badut di akuarium tidak membutuhkan anemone untuk bertahan hidup. Bahkan, dalam suasana akuarium, tidak memeberikan anemone host mungkin lebih baik untuk ikan badut, akuarium, dan anemone. 

Menambahkan anemone atau karang akan meningkatkan agresi pada ikan badut yang baru. Di bawah asuhan seoran aquarist berpengalaman, beberapa anemone akan betahan dan mengembangkan hubungan jangka panjang dengan sebuah ikan badut. 

Anemone jagung adalah salah satu pilihan terbaik untuk ikan badut. Pembelian anemone hasil budidaya memiliki beberapa keuntungan yang sama seperti pembelian ikan budidaya. 

PERBEDAAN IKAN BADUT HASIL BUDIDAYA dengan HASIL TANGKAPAN LIAR
Cara Merawat Ikan Badut dalam Akuarium


Ikan badut yang di panen dari alam liar, ketika pertama kali di masukkan ke dalam akuarium, mungkin malu dan takut pada manusia. 

Ikan badut di budidayakan justru sebaliknya. Hal ini karena sejak lahir ikan ini dekat dengan manusia terkait dengan makanan dan sering merasa gembira ketika melihat orang mendekati akuarium mereka. 

Cara Merawat Ikan Badut dalam Akuarium – PROSES AKLIMASI atau ADAPTASI untuk AKUARIUM 
Cara Merawat Ikan Badut dalam Akuarium


Aklimasi dari alam liar untuk hidup akuarium adalah salah satu transisi yang paling sulit dan penuh tekanan pada jenis ikan apapun. 

Bergerak dari satu akuarium ke yang lain, seperti halnya untuk akuarium pembudidayaannya, umumnya ikan tersebut tidak akan stress karena mereka telah menghabiskan seluruh hidup mereka di akuarium. 

Jadi, ketika awal membeli, mereka hanya akan membutuhkan waktu yang singkat untuk proses dan sudah siap dengan ruang terbatas dan makanan buatan. 

Jika memperoleh ikan badut yang di panen dari alam liar, harus sangat berhati-hati dalam mengurangi stress pada tahap adaptasi, kualitas air harus baik, intensitas cahaya yang tinggi, dan mungkin Awalnya harus memberi makanan hidup atau makanan beku, menempatkan di akuarium yang terpisah, mencampur sedikit demi sedikit air di akuarium dengan air dari bungkus ikan tersebut. 

Cara Merawat Ikan Badut dalam Akuarium – PAPARAN  STRES dalam PENGIRIMAN atau PERJALANAN 
Cara Merawat Ikan Badut dalam Akuarium


Stress pada saat pengiriman atau dalam perjalanan merupakan factor yang selalu hadir untuk ikan dan tampaknya jauh lebih parah pada ikan laut lainnya. 

Ikan badut liar di panen akan mengalami proses pengiriman yang jauh lebih stress dari ikan budidaya. 

Karena panen dari alam liar ikan perlu di kumpulkan, dipilah, di ekspor, di impor. Untuk ikan badut yang berasal dari pembudidayaan hanya membutuhkan satu proses packing atau pembungkusan kemudian di pindah ke akuarium di rumah anda. 

Cara Merawat Ikan Badut dalam Akuarium - AGRESIF atau PERTAHANAN DIRI 
Cara Merawat Ikan Badut dalam Akuarium


Ikan badut terkenal aggressive wild, ikan badut yang di panen dari alam liar sangat territorial. Mereka sangat agresif  untuk membela ruangan mereka dan anemone dari invasi atau serangan oleh ikan badut lainnya. 

Bagi mereka, lebih baik menjaga wilayah mereka atau mati, sehingga agresif secara harfiahadalah cara hidup clown fish. Agresif dapat menjadi penyebab utama stress dan kematian pada ikan badut selama pengiriman. 

Umur ikan 

Ketika membeli seekor ikan badut dari pembudidaya, tanyalah bahwa ikan tersebut memiliki usia remaja atau usia muda, bukan usia tua. 

Tetapi ketika membeli ikan badut dari panen liar, terutama specimen yang lebih besar, mungkin akan mendapatkan ikan yang tua. Sehingga spesiesmen menengan bisa cukup tua ketika tertangkap karena para nelayan lebih mudah menangkap ikan badut ketika mereka berada di anemonnya dari pada ikan badut yang tidak memiliki anemonnya. 
loading...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar