Skip to main content

Peluang Usaha Ikan Badut Air Tawar dan Laut

Peluang Usaha Ikan Badut Infoikan.Com Sudah tahu perbedaan ikan nemo air tawar dan air laut? Atau ingin tahu jual ikan nemo air tawar di jakarta?

PASAR IKAN BADUT

Ikan hias, terlebih ikan badut terkenal sebagai komoditas budidaya yang potensial untuk bisnis ekspor. Fenomena pasar bebas semakin menggairahkan pasar ikan hias internasional. Peluang ini harus di manfaatkan oleh insonesia.

1. SIFAT BISNIS IKAN HIAS YANG FLEKSIBEL DAN MENGUNTUNGKAN

Banyak budidaya ikan beralih dari budidaya ikan konsumsi menjadi pembudidaya ikan hias. Hal ini karena budidaya ikan hias sangat fleksibel di mana bisa dilakukan sebagai pekerjaan sambilan, bisa pula dilakukan sebagai pekerjaan utama.

Tak jarang beberapa petani yang semula menekuni budidaya ikan konsumsi seperti ikan lele, ikan nila, ikan gurami dan lain sebagainya beralih menekuni budidaya ikan hias.

Semua itu dilakukan karena potensi ekonomis budidaya ikan hias lebih menggiurkan di bandingkan dengan ikan konsumsi.

Dengan pola pemeliharaan dan pemberian makanan yang hampir sama dengan ikan konsumsi, budidaya ikan hias mampu menghasilkan pemasukan yang lebih besar karena harga ikan hias lebih mahal.

Kunci membudidayakan ikan hias adalah telaten dan senang di dalam memeliharanya.

Ikan konsumsi di hargai dengan system kiloan, ikan hias lebih menekankan kualitas sehingga bisa dilakukan di lahan sempit dan bisa dilakukan sebagai usaha sampingan.

Jika tidak memiliki kolam yang luas, budidaya ikan hias bisa dilakukan di dalam akuarium atau bak semen yang cukup kecil. Jika lahan yang tersedia cukup kecil, kita harus lebih selektif dalam memelihara ikan hias.

Peluang Usaha Ikan Badut

Peluang Usaha Ikan Badut

Ikan-ikan hias yang di pelihara cukup yang berkualitas bagus sedangkan yang berkualitas kurang bagus segera di afkir karena memakan tempat.

Karena suka terkadang penggemar ikan hias bersedia mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah untuk memiliki seekor ikan hias yang diidamkannya.

Hal inilah yang terkadang harga ikan hias melambung tinggi. Factor keindahan ikan hias juga turut andil dalam menentukan harga.

Baca juga:

Cara Merawat Ikan Badut dalam Akuarium yang Baik dan Awet

Membuat Aquarium Ikan Badut Mini Air Tawar & Laut Tanpa Skimmer

Secara umum ikan hias yang memiliki bentuk, warna, corak yang indah akan berharga cukup mahal.

Di sinilah letak kunci keberhasilan budidaya ikan hias, menghasilkan ikan-ikan yang indah dan berkualitas bagus.

Keberadaan ikan hias sendiri saat ini tidak lagi sebagai hiburan atau hobi semata tetapi telah berkembang menjadi objek yang di manfaatkan bagi kepentingan dunia pendidikan, pennelitian, medis maupun keperluan konservasi alam.

Sampai saat ini ikan hias air tawar merupakan salah satu jenis komoditas ekspor nonmigas bidang perikanan yang mampu menyumbang devisa Negara yang cukup besar.

Dengan kekayaan ikan hias yang berlimpah maka peluang Indonesia sebagai pengekspor komoditas ini sangat terbuka lebar.

Sehingga budidaya ikan hias layak di gencarkan di masyarakat. Usaha budidaya ikan hias merupakan salah satu usaha yang memberikan alternative sumber penghasilan untuk meningkatkan pendapatan petani ikan hias.

Peluang Usaha Ikan Badut – Pasar Ikan Hias

Peluang Usaha Ikan Badut

Usaha budidaya ikan hias cukup prospek dikembangkan. Hal ini di sebabkan dalam budidaya ikan hias memiliki keunggulan-keunggulan sebagai berikut.

a. Teknologinya mudah di serap dan di terapkan, karema teknologi yang di gunakan cukup sederhana.
b. Budidaya ikan hias dapat di usahakan skala rumah tangga usaha kecil, tidak membutuhkan lahan yang luas.
c. Perputaran modal cepat, dapat dipanen dalam jangka waktu yang singkat. Budidaya ikan hias mampu menyerap tenaga kerja.
d. Pasar yang menjanjikan, baik domestic maupun ekspor.

2. POTENSI EKSPOR IKAN HIAS INDONESIA YANG BESAR

Peluang Usaha Ikan Badut

Potensi ekspor ikan hias Indonesia, baik air tawar maupun air laut, cukup besar. Hampir semua Negara menyukai produk ikan hias dari Indonesia.

Potensi budidaya ikan hias apabila di tangani serius antara pemerintah dan seluruh stakeholder ikan hias Indonesia, maka Indonesia akan mampu berbicara banyak di pasar internasional dan menjadi eksportir terbesar di dunia mengungguli singapura.

Baca juga:

Jenis Penyakit Ikan Badut dan Cara Pengobatannya

Jenis Parasit Ikan Badut di Terumbu Karang

3. PANGSA PASAR IKAN HIAS YANG SANGAT LUAS

Peluang Usaha Ikan Badut

Usaha Ikan hias memiliki beberapa keunggulan komperatif di antaranya tidak memerlukan modal yang banyak. Pasar ikan hias tidak pernah jenuhdan usaha ini dapat memberdayakan masyarakat melalu industry kecil untuk ekspor.

Negara penerima ekspor jenis air tawar dan laut Indonesia adalah singapura, cina, hongkong, Malaysia, jepang, korea selatan, amerika, dan uni eropa.

Peluang Usaha Ikan Badut - ANALISIS KELAYAKAN USAHA IKAN BADUT

Peluang Usaha Ikan Badut

1. KEGIATAN PRAPRODUKSI
Sebelum proses produksi, dilakukan kegiatan praproduksi yang dilakukan oleh tim pengembangan produk yang meliputi hal-hal sebagai berikut.

- Survey lokasi budidaya
- Pencarian alat dalam pembuatan system resirkulasi dan shalter.
- Penyediaan benih ikan badut ukuran 2-3 cm.
- Survey pasar guna mengetahui jumlah permintaan dan minta konsumen serta kondisi pasar.
- Koordinasi dengan para petani ikan air laut dan lembaga terkait agar persendiaan benih ikan badut selalu terpenuhi.

2. KEGIATAN PRODUKSI
- Penebaran benih ikan badut ukuran 2-3 cm sebanyak 1,500 ekor ke dalam akuarium berukuran 100 x 50 x 50 cm.
- Pemberian pakan dengan frekuensi sebanyak 8 kali dalam 1 hari setiap 3 jam sekali.
- Mengontrol dan manajemen kesehatan ikan badut.
- Sampling kualitas kelangsungan hidup ikan badut setiap hari.

3. KEGIATAN PASCA PRODUKSI

Peluang Usaha Ikan Badut

Kegiatan pascaproduksi ikan badut meliputi panen, transportasi ikan hidup, pemesanan benih dan persiapan wadah produksi budidaya kembali.

Panen akan dilakukan setelah 2 bulan pemeliharaan sampai ikan badut berukuran 4-5 cm dan siap di pasarkan.

Transportasi dan pemasaran ikan akan dilakukan oleh bagian pemasaran sendiri hingga sampai ke konsumen sehingga tingkat kelangsungan hidup ikan badut tetap baik sampai tempat tujuan.

Kegiatan pasca produksi selanjutnya pemesanan benih kembali untuk siklus produksi selanjutnya dan mempersiapkan wadah pemeliharaan ikan badut dengan cara pengeringan wadah dan treatment wadah untuk mengurangi patogenisitas wadah terhadap biota.

Promosi yang akan dilakukan adalah dengan cara menyebar panflet, brosur dan poster kepada target pasar yang telah di tentukan.

liveaquaria

amazon

loading...
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar