October 21, 2016

Ikan Hias Siamese Algae Eater (SAE) Pemakan Lumut Kaca Aquarium

Ikan Hias Siamese Algae Eater (SAE) Pemakan Lumut Kaca Aquarium infoikan.com | Siamese Algae Eater (Crossocheilus oblongus) adalah merupakan jenis ikan hias air tawar pemakan alga rambut dari keluarga Cyprinidae, dan juga ikan hias Chinese Algae Eater (CAE) yang memiliki harga lumayan bisa dijangkau oleh semua kalangan. 

Jenis ikan Algae Eater antara lain, ikan otocinclus, ikan brushmouth, ikan chinese algae eater CAE, Siamese Algae Eater (SAE).

Ikan Hias Siamese Algae Eater (SAE) Pemakan Lumut Kaca Aquarium
aquariumfish.net
Siamese Algae Eater termasuk ikan pemakan lumut kolam, juga termasuk ikan tropis yang habitatnya banyak ditemukan di daratan Asia Tenggara khususnya Indonesia ini, serta ikan hias CAE, Chao Phraya dan Cekungan Mekong  serta Semenanjung Melayu. Akan tetapi ikan ini akan muncul pada sungai, dan ketikan musim hujan pada rawa hutan.

Siamese Algae Eater pada alam bebas lebih suka disebut ikan pemakan alga rambut yang dapat sobat ketahui dengan memiliki pada bagian tubuhnya terdapat garis horizontal hitam memanjang dari operkulum ke ekor.  


Keunikan dari warna tersebut yatu dapat memudar untuk menyesuaikan lingkungannya, termasuk mengelabuhi mangsa.
 
Siamese Algae Eater (Asli Crossocheilus siamensis) yang juga merupakan ikan pemakan algae untuk aquascape, keuntungan bagi sobat nih untuk membeli jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara ini. 


Ciri dan tanda lain dari ikan yaitu tidak terdapat sungut, pada bagian didir berbentuk V, yang mana sangat jarang ditemukan ikan seperti ini pada pasaran. SAE Siamese Algae Eater merupakan Ikan pemakan lumut kaca aquarium sudah terkenal sejak dahulu, akan tetapi sedikit sekali yang mengetahui. 
 

Klasifikasi Ikan Air Tawar Siamese Algae Eater (Crossocheilus oblongus)

Ikan Hias Siamese Algae Eater (SAE) Pemakan Lumut Kaca Aquarium
www.youtube.com
klasifikasi ilmiah Ikan Hias Siamese Algae Eater (SAE)
Kerajaan          :     Animalia
Divisi               :     Chordata
Kelas               :     klasifikasi
Memesan         :     Cypriniformes
Keluarga          :     Cyprinidae
Marga              :     Crossocheilus
Jenis                :     C. oblongus
nama binomial
Crossocheilus oblongus


Profil Ikan Hias Siamese Algae Eater (Crossocheilus langei) Ikan Pemakan Lumut Kolam

Siamese Algae Eater (Crossocheilus langei) SAE merupakan jenis ikan hias yang banyak sekali dipelihara di aquarium yang tujuannya tak lain untuk membersihkan kotoran yang adad dalam kaca aquarium tadi. Ikan ini mempunyai tanda pada bagian tubuhnya yang terdapat warna cerah kecoklatan, dengan fariasi warna hitam coklat berbentuk horizontal pada tengah tubuhnya memanjang sampai ke ekor. 

harga ikan Ikan Hias Siamese Algae Eater (SAE)
aqueros.blogspot.com
 Pada umumnya Ikan Siamese Algae Eater (Crossocheilus langei) dapat tumbuh besar hingga 16 cm (6,3 in). Dan ternyata mempunyai juga sebuah sungut kecil yang berada dibagian rahang atas. Bagi sobat yang berdomisili di kalimantan tak usah mencari harga ikan SAE ini, karena banyak juga di dapatkan pada aliran sungai atau hutan setelah turun hujan.

Tak hanya di kalimantan, akan tetapi
Siamese Algae Eater (Crossocheilus langei) juga terdapat di berbagai wilayah Asia, Semenanjung Malaysia, selatan dan barat Thailand, dan Myanmar.

Ikan ini mendiami sungai dan anak sungai dengan substrat batu-batu, kerikil dan pasir, sering di daerah dengan kayu apung atau pohon akar yang terendam.

Untuk pada daerah Indonesia sendiri sobat dapat menemukan jenis ikan
Siamese Algae Eater (Crossocheilus langei) ini pada Sungai sungai yang agak dangkal, biasanya pada sungai yang aliran airnya terdapat banyak bebatuan juga dapat ditembus oleh cahaya matahari. 
 

Cara Merawat dan Budidaya SAE (Siamese Algae Eater) (Crossocheilus langei) Ikan Hias Pemakan Kotoran Ikan Lain

harga ikan sae
www.youtube.com
Banyak yang sudah membuktikan kalau Jenis ikan alga SEA dan CAE- Siamese Algae Eater (Crossocheilus langei) ini merupakan jenis ikan hias air tawar yang bermanfaat sebagai pembersih alga di aquascape maupaun akuarium.
Pada umumnya jenis ikan ini memiliki perangai aktif dalam berenang. Serta merupakan ikan yang populer dipelihara, yang lebih mengasyikkan lagi yaitu ternyata Ikan ini juga bisa dicampur dengan jenis ikan hias lainya, bahkan jenis ikan alga Chinese Algae Eater CAE masih kalah dalam bersaing membersihkan lumut kaca aquarium.

Jika terdapat pada wadah aqarium, usahakan sobat bisa menyediakan suhu airnya sekitar antara 24-26 ° C (75-79 ° F) sedangkan pH nya 6,5-8,0. Itu merupakan perawatan yang cocok untuk jenis ikan alga ini.


Budidaya Ikan Hias Siamese Algae Eater (SAE)

Hal pertama dalam perawatan dalam aquarium, jangan lupa untuk melengkapai aquarium juga, yaitu berupa jenis Tanaman aquascape seperti, Bolbitis atau Anubias spp, biar terlihat indah dan cantik serta lebih spesifik dengan alam terbukanya. 

Kelebihan dalam pemberian jenis tanaman aquascape ini yaitu untuk memberikan peluang kepada ikan Siamese Algae Eater (SAE) dapat merumput untuk makan. Jangan lupa juga untuk memberikan penerang aquarium supaya kelihatan sejuk dan segar. 
 
Ikan Otocinclus

Jika sobat mampu merawat ikan Siamese Algae Eater (Crossocheilus langei) SAE dengan baik, maka jangan mengira kalau jenis ikan yang bentuknya kecil ini dapat berthan hidup hingga 10 tahunan. Luar biasa bukan, serta bisa juga sobat mencampurkan dengan ikan hias lainnya yang masih seukuran untuk menikmati kondisi aquarium yang bersih akan lumut kaca aquarium tadi.

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Ikan Hias Siamese Algae Eater (SAE) Pemakan Lumut Kaca Aquarium ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan kita pada jenjang pemeliharaan dan budidaya ikan SAE ini berikutnya.


Baca juga:   
-Bisnis Ikan Hias Hari Ini Untung Jutaan
-Jenis Ikan Predator Air Tawar yang Mudah Dipelihara