October 7, 2016

Jenis Ikan Aligator Gar (Purba) serta Harganya

Jenis dan harga ikan Aligator Terbesar, infoikan.com | Ikan aligator merupakan salah satu jenis ikan hias yang mudah untuk di dapatkan yaitu pada sungai-sungai besar. Ikan ini sangatlah langka untuk kita buru di daerah kita, karena orang-orang tertentu yang dapat memelihara dan para penghobi ikan hias predator lah berani.

Jenis ikan ini banyak ditemukan pada sungai-sungai besar yang poho-pohonnya sangat lebat seperti pada di daerah Amazon Amerika. Juga di Indonesia pada danau besar yang lumayan dalam akan tetapi bentuknya seperti buaya yaitu moncong pada kepalanya yaitu giginya runcing dan tajam.

Seperti yang sudah jelas akan ciri-cirinya tadi, ikan ini bersifat karnifora yang makanannya pada alam bebas adalah seperti katak kecil, berudu, cacing, krustasea, jenis jenis ikan kecil dan siput. 


fjb.kaskus.co.id
Baca juga: Jenis Ikan hias Predator Air Tawar Yang Unik Dan Populer Dipelihara Di Aquarium


Makanan ikan aligator ini sangatlah mudah untuk kita dapatkan, karena jika sobat melihat semua jenis makanan tersebut pastinya seudah menduga terdapat di sekeliling kita serta untuk mendapatkannya juga gratis tanpa mengeuarkan uang sedikitpun.
 
Jika sobat menyediakan semua jensi makanan tersebut, usahakan dengan jumlah yang lumayan banyak, karena ikan aligator sendiri sangat rakus, artinya jika beratnya semakin tambah maka untuk makanannya juga akan semakin banyak yaitu dengan perbandingan 1:10 yaitu sepuluh kali lipat dari beratnya. Jika beratnya 5 kg, maka akan memangsa atau makan 50 ekor ikan.


Ikan aligator tebesar yang pernah di tangkap oleh Paul Morris memiliki berat 230 pon atau 104.32625 kg / 104kg. Nah berikut adalah jenis-jenis ikan aligator yang lumayan unik.


kepinkaqua.blogspot.com
 baca juga: Jenis Ikan Hias predator Yang Bisa Dicampur dalam Satu Akuarium
 Ikan Aligator ? Berikut Jenis Jenisnya Yang Belum Punah Dan Yang Populer
Jika sobat melihat gambar ikan aligator tersebut pastiya akan berfikir, apakah masih ada jenis ikan sebesar itu? Untuk sekarang ini pastinya masih ada, akan tetapi hanya orang-orang tertentu yang berani membelinya, serta mempunyai lokasi yang lumayan besar. Jenis ikan aligator sendiri ada yang masih hidup sampai sekarang, juga ada yang sudah punah.

Arti dari Gar sendiri merupakan jenis ikan purba yang umurnya lebih dari 100 tahun. Yang mana ikan aligator ini termasuk juga masih dalam kategori ikan gar atau ikan purba. Yang kebanyakan semua jenis gar juga termasuk dan di sebut dengan ikan aligator.
 

Contoh ikan gar atau aligator adalah jenis Shortnose gar yang disebut dengan aligator, jenis shortnose atau Florida gar sering kita dengar disebutnya ikan aligator jenis Florida gar. kalau membaca tulisan ini pastinya bikin pusing untuk dipahami ya..

Berikut terdapat beberapa jenis gar, yang mana ikan aligator sendiri masih dalam kelompok ikan gar ini. Langsung saja sobat bisa intip untuk jenis ikan aligator serta harganya yang harus sobat tau.

Nah berikut adalah jenis-jenis ikan gar dari ukuran terkecil hingga yang terbesar.


1. Shortnose gar (Lepisosteus platostomus)


forum.nanfa.org
Baca juga: Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara
Jenis ikan gar yang pertama adalah Shortnose gar (Lepisosteus platostomus). ikan ini dapat kita ketahui dengan memiliki tanda pada bagian tubuhnya yang berbentuk panjang dan ramping, mempunyai warna pada bagian tubuhnya yaitu coklat yang berhiasi bintik hitam besar, serta pada perutnya terdapat warna putih gelap.

jenis ikan ini banyak ditemukan di luar negeri yaitu tepatnya di
sungai Mississippi dan Missouri River Amerika Serikat dan mempunyai ukuran tubuh yang panjangnya mencapai 60 cm (24 in).

Makanan ikan aligator gar sendiri berupa jenis ikan kecil,
serangga invertebrata. Perkawinannya biasanya pada musim semi yang ditandai dengan betina yang disertai beberapa gar jantan.

Harga ikan aligator ini sendiri sangat mahal, mungkin jika kita atau orang Indonesia sendiri yang membelinya akan di hargai ratusan ribu sampai jutaan.

2. Florida gar (Lepisosteus platyrhincus)



Baca juga:
Ikan Hias Air Tawar yang Berumur Panjang
Jenis Ikan Aligator Florida gar (Lepisosteus platyrhincus) merupakan spesies gar yang banyak ditemukan di seluruh semenanjung Florida Amerika Serikat yang mempunyai panjang tubuhnya dapat mencapai  lebih dari (91 cm). Saat kecil makanan ikan ini dapat berupa larva, serangga, dan jenis ikan kecil. Jika sudah tumbuh dewasa makanan ikan ini berupa udang karang, udang, dan jenis ikan laut.
 

Ciri-ciri ikan aligator ini dapat sobat ketahui dengan memiliki tanda pada bagian perut atas dan bawahnya berwarna kuning serta putih. Pada bagian seluruh tubuhnya terdapat bintik-bintik hitam. Yang paling berbahaya dari jenis ikan aligator ini yaitu ternyata telurnya beracun, baik untuk burung maupung kita sendiri yang mungkin saking lamanya hidup.

3. Gar longnose (Lepisosteus osseus)


en.wikipedia.org
 Jenis ikan ini banyak sekali di temukan pada daerah Amerika Tengah, Kuba, Amerika Utara, dan Kepulauan Pines. Biasanya juga untuk posisi ikan aligator gar ini bersembunyi yaitu pada pepohonan yang tumbang, singkapan batu serta vegetasi.

Makanan ikan aligator jenis gar longnose ketika masih muda atau anakan dapat berupa ikan - ikan kecil, serangga, dan juga krustacea kecil. sedangkan untuk yang sudah tumbuh dewasa biasanya makan jenis gar yang masih muda, mola-mola, lele, dan udang karang di kisaran Texas.

Untuk umur jenis ikan ini bisa mencapai 39 tahun, dan panjangnya rata-rata mencapai sekitar 71 cm - 1,2 m. Sedangkan untuk panjang maksimumnya adalah sekitar 1,8 m dan berat 25 kg. Ikan ini merupakan jenis gar terbesar setelah aligator gar. Harganya di pasaran Indonesia yang ukuran 20 - 40 bisa mencapai 200 - 600 rb.


Ikan Aligator Adalah Yang Terbesar Dari Semua Jenis Jenis Ikan Gar

4. Cuban gar (Atractosteus tristoechus) 

www.alamy.com
Adalah ikan yang termasuk dalam keluarga Lepisosteidae. Ikan ini ditemukan di Western Kuba dan Isla de la Juventud. Sebenarnya Kuba gar adalah ikan air tawar tropis, akan tetapi juga bisa ditemukan di air payau di sungai dan danau.

Makanan ikan aligator jenis cuban gar di alam liar adalah ikan dan juga burung. Panjangnya bisa mencapi 1m bahkan ada juga yang mencapai 2 m. Telur-telurnya beracun bagi manusia, akan tetapi daging dari ikan cuba gar ini tidaklah beracun.


5. Spotted gar (Lepisosteus oculatus) 


www.dreamstime.com
jenis ikan ini banyak ditemukan pada daerah Amerika Utara, yang masih termasuk juga jenis ikan air tawar yang berkeluarga Lepisosteidae (Lepisosteus oculatus) yang asli di ambil dari bahasa Yunani "sakal tulang". Ikan ini dapat kita ketahui dengan memiliki tanda pada bagian mulutnya yang panjang, dilengkapi dengan mempunyai gigi yang jumlahnya banyak serta runcing.

Sekitar 18 tahunan jenis ikan gar ini dapat bertahan hidup pada jenis air tawar. Serta terbilang rakus untuk pakannya, untuk makanannya sama juga seperti jenis ikan gar lainnya.

6. Tropical Gar (Atractosteus tropicus) 


www.predatoryfishkeepers.com
Tropical  Gar dapat diketahui dengan memiliki tanda pada bagian yang sama pada warna seperti longnose gar, akan tetapi untuk ikan ini mempunyai bentuk mulut moncong yang lebih lebar serta panjang, pada bagian tubuhnya memiliki ukuran yang pendek. Yang memiliki berat kisaran 3 kg, dan panjang 1,25 m di alam liar.

Jenis ikan ini banyak ditemukan pada daerah yang memiliki perairan yang tropical yaitu selatan Meksiko hingga ke Kosta Rika. Makanan ikan ini sendiri bisa berupa
jenis cichlids dan jenis ikan-ikan lainya.

Harga ikan ini sendiri jika berukuran 10-20 cm, biasanya pada penjual ikan ini akan membandrol mencaapi 2 sampai 5 juta. 


Baca juga: Cara Praktis dan Jitu Budidaya Ikan Cupang yang Menghasilkan Jutaan

7. Alligator gar (atractosteus spatula)


zafact.blogspot.com
Jenis ikan terakhir inilah yang sekarang ini sedang tenar dan populer serta mempunyai panjang hingga nyampe 300 cm atau 3 m dengan berat 140 kg.

Sebenarnya ikan aligator termasuk ikan yang dilarang diperjual belikan di Indonesia seperti halnya ikan piranha, alasannya karena ikan-ikan itu membahayakan kelestarian sumber daya ikan, lingkungan, dan manusia.


Harga ikan aligator ini sendiri untuk ukuran kecil 10-20 cm, biasanya sekitar 20-30 ribu per ekor, itu juga tergantung di mana anda tinggal lho. Serta umurnya juga sangat berpengaruh pada harga jual.

Ikan aligator di waduk jatiluhur yang menjadi contoh mempunyai berat sampai 60 kg. Yang menjadi kita berfikir yaitu tentang makanannya akan menghabiskan 600 ikan lebih. Ikan aligator berbahaya bagi kelestarian sumber daya ikan, seperti yang saya sebutkan di atas ~ memiliki perbandingan bobot dan makan 1:10, jika berat ikan ini 10 kg, maka akan memangsa 100 ekor ikan~ 

Sekian dulu sobat sedikit berbagi Jenis Ikan Aligator Gar (Purba) serta Harganya ini, semoga bermanfaat dan mendapatkan wawasan serta pengetahuan yang lebih.


baca juga : Jenis Ikan hias Predator Air Tawar Yang Unik Dan Populer Dipelihara Di Aquarium
 

sumber:
http://www.kaskus.co.id/thread/5232e286ffca178242000008/5-alasan-kenapa-ikan-aligator-di-jatiluhur-harus-segera-ditangkap/
http://hiko-hermawan.blogspot.co.id/2013/03/gar-dan-jenis-jenis-gar.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Gar
https://en.wikipedia.org/wiki/Cuban_gar
https://en.wikipedia.org/wiki/Tropical_gar