March 6, 2017

Jenis Pakan Ikan Arwana Agar cepat Besar, Warna untuk (Anakan dan Dewasa)

Pakan Ikan Arwana Infoikan.com Pengen tahu jenis makanan ikan arwana agar cepat besar? atau ingin tahu makanan ikan arwana agar cepat merah untuk warna? Siapa sih yang tidak kenal arwana, salah satu ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Dan mudah sekali menemukan makanannya terutama makanan arwana silver yang terkenal.

Salah satu jenis ikan arwana yang banyak dijual adalah arwana super red. Bagi Anda pemula pasti ingin tahu bagaimana cara merawat ikan arwana super red ini. Sebelum sampai cara merawat, alangkah baiknya kita bahas pakan ikan arwana agar cepat besar dan bagus buat pertumbuhannya dan tentunya kita cari jenis pakan yang alami saja untuk arwana ini. Berikut penjelasan singkat jenis pakan ikan arwana agar cepat besar.

makanan ikan arwana biar cepat besar


Macam-Macam Pakan Ikan Arwana Agar Cepat Besar 

Jenis ikan hias indah sangat banyak dan bermacam-macam. Salah satunya adalah ikan arwana ini, akan tetapi untuk memberikan jenis pakan ikan ini harus hati-hati. Jika salah memilih pakan ikan arwana, hal fatal akan terjadi yaitu berubahnya warna pada sisik arwana. Berikut beberapa daftar pakan ikan arwana agar cepat besar bergizi dan bagus buat pertumbuhannya:

Pakan Ikan Arwana Cacing darah Beku
Pakan ikan anakan arwana yang masih kecil sangat cocok sekali diberikan makanan berupa cacing darah ini. Yaitu anakan arwana yang berukurang kurang lebih 8 cm, cacing darah ini merupakan jenis pakan ikan arwana anakan yang bagus buat pertumbuhan sekaligus untuk mempercepat pertumbuhannya.

Untuk tahap selanjutnya pakan ikan arwana bisa diganti yang lain sesuai dengan ukuran besar kecilnya ikan arwana.

makanan ikan arwana biar cepat besar cacing sutera atau cacing beku


Pakan Ikan Arwana Berupa Kodok
Jenis pakan ikan arwana yang selanjutnya adalah kodok. Cara merawat ikan arwana khususnya masalah pakan yang utama adalah kandungan gizi dan lemak. sedangkan kodok merupakan jenis pakan yang memenuhi kriteria untuk pertumbuhan yang baik. 

Tak hanya itu, pakan ikan arwana jenis kodok ini mudah sekali untuk kita dapatkan. Yang tentunya jenis kodok yang kecil (percil). Tak hanya itu, kodok juga merupakan pakan yang disukai oleh ikan gabus, terutama saat ada di pemancingan liar.

Langkah pemberian pakan untuk merawat ikan arwana harus disesuaikan dengan laju pertumbuhan. Jangan sampai kebanyakan dalam pemberian pakan kodok ini. karena akan menyebabkan warna merah ikan arwana akan berkurang dan semakin hilang.
Pakan Ikan Arwana Kodok
arwanaqu.blogspot.com


Pakan Ikan Arwana Kodok


Jangkrik sebagai alternatif Jenis Pakan Ikan Arwana
Banyak sekali yang sudah membuktikan memelihara ikan arwana dengan ngasih makan berupa jangkrik ini. Malah sebagian pemelihara menjadikan jangkrik ini sebagai pakan utama ikan arwana, baik yang berukuran kecil maupun arwana besar.

Jenis pakan ikan arwana yang diyakini sangat ampuh mempercepat warna pada arwana salah satunya adalah jangkrik ini. Yaitu terdapat kandungan betacarotene yang sangat bagus untuk pakan arwana jenis golden red dan pakan ikan arwana super red untuk mempercepat menumbuhkan warnanya.

Yang perlu diperhatikan ketika merawat dan memberi pakan ikan arwana, Anda harus dapat menyesuaikan. Jika arwana yang masih kecil usahakan memilih jenis jangkrik yang berukuran kecil atau anakan juga. Tak lupa untuk membuang atau memotong ke-2 kakinya yang besar-besar. Jikan lupa akan melukai mulut ikan arwana.
Pakan Ikan Arwana Jangkrik
arwanawiki.com

Pakan Ikan Arwana Jangkrik


Pakan Ikan Arwana - Udang
Tak jauh beda dengan jangkrik. Salah satu jenis pakan ikan arwana berupa udang ini sangat bagus dan baik untuk menunjang pertumbuhan sekaligus mempercepat dan meningkatkan pola warna pada ikan arwana Anda. 

Udang merupakan jenis ikan yang dapat Anda berikan untuk makanan ikan arwana dalam keadaan mati maupun masih hidup segar. Alangkah baiknya jika memberinya msih hidup dengan cara memotong dan membuang ke-2 sungutnya. 

Jika dirasa sulit mencari atau tak ada waktu, Anda dapat membelinya di toko ikan hias atau toko khusus penjual pakan ikan hias. Biasanya sudah berupa kemasan atau beku.
Pakan Ikan Arwana Udang
pastiguna.com


Pakan Ikan Arwana Udang


Kadal kecil atau Cecak untuk Pakan Ikan Arwana
Jenis binatang ini juga dijadikan pakan selingan oleh pemelihara ikan arwana. Akan tetapi terkadang arwana ada yang kurang cocok dengan jenis pakan ini. Biasanya para perawat ikan arwana memberikan pada arwana yang sudah dewasa atau besar.

Pakan Ikan Arwana Cicak atau kadal


Pakan Ian Arwana - Kelabang
Kenapa memilih kelabang yang susah didapat? Karena fungsi kelabang sebagai jenis pakan ikan arwana akan memberikan dampak pada warna, khususnya untuk mencerahkan warna sisik sekaligus cepat memberikan reaksi pertumbuhannya.

Efek samping pakan kelabang untuk arwana yang sudah terjadi biasanya jika diberikan pakan lain akan menghindar alias tidak mau makan. Hal lain kelabang merupakan jenis pakan yang mahal harganya, mungkin sulit untuk kita dapatkan. alangkah baiknya jika kita gunakan untuk memberikan pakan ikan arwana sebagai selingan saja.

Pakan Ikan Arwana Kelabang


Jenis Pakan Ikan Arwana - Kecoa
Jika Anda memelihara ikan arwana dan ingin merangsang pertumbuhan serta nafsu makan, kecoa merupakan salah satu jenis pakan ikan arwana yang sangat ampuh mengatasi itu semua. 

Binatang yang terkenal menjijikan, jorok, dan terlihat kotor ini ternyata dapat kita manfaatkan sebagai pakan arwana yang besar. Jenis makanan untuk pendorong masalah penurunan nafsu makan arwana salah satunya adalah kecoa ini.
Pakan Ikan Arwana Kecoa


Ikan Kecil untuk Pakan Ikan Arwana
Ikan arwana merupakan jenis ikan hias besar atau raksasa. Jadi untuk memberikan makanan harus yang seimbang dengan ukuran mulutnya dan pertumbuhannya.

Jenis pakan selingan yang bagus buat arwana adalah ikan kecil. Untuk cara pemberian, Anda dapat memberinya seminggu sekali untuk meminimalisir datangnya penyakit dalam arwana.
Pakan Ikan Arwana Ikan Kecil

Pakan Ikan Arwana - Makanan Buatan (Pellet)

Salah satu jenis pakan ikan arwana yang mudah dan praktis untuk kita dapatkan adalah pakan pellet ini. Jenis ukuran ikan arwana dapat Anda sesuaikan dengan makanan ini. Ynag kecil ada sendiri dan arwana besar ada jenis pakannya sendiri.

Kekurangan pakan pellet arwana pada umumnya sulitnya untuk menyerap kandungan yang terdapat dalam pakan pellet ini. Mungkin jenis arwana yang manja saja atau tidak biasa diberikan pakan pellet.
Pakan Ikan Arwana Pellet


Inilah beberapa penjelasan singkat tentang pakan ikan arwana agar cepat besar. Semoga menambahkan wawasan dan pengetahuan untuk tetap selalu eksis dalam merawat dan memelihara ikan arwana. Semoga bemanfaat dan selamat mencoba.

Berbagai sumber..
Baca juga: