--> Skip to main content

Pentingnya Pakan bagi Pertumbuhan Ternak Lele

Pentingnya Pakan infoikan.com Makhluk hidup meliputi manusia, hewan dan tumbuhan memerlukan makanan untuk hidup. 

Makanan tidak saja berperanan untuk hidup tetapi juga berperanan untuk saran bisa tumbuh dan berkembang. Pun demikian halnya dengan ikan lele sebagai ikan air tawar memerlukan makanan agar dapat tumbuh dan berkembang di air. 

Dengan pernyataan lain, makanan bagi lele di gunakan untuk proses pertumbuhan, produksi, reproduksi, dan pemeliharaan tubuhnya. 


Pentingnya Pakan bagi Pertumbuhan Lele



Supaya pertumbuhan lele berlangsung intensif sesuai dengan yang diharapkan peternaknya, maka pada budidaya lele pakan sengaja diberikan dari luar yakni diberikan oleh peternaknya. 

Hal itu di maksudkan agar lele di budidayakan tidak mengalami kesulitan dalam mencari makanan mengingat dalam satu kolam terdapat banyak sekali hidup ikan - ikan lele yang dipelihara. 

Jumlahnya bisa puluhan, ratusan, bahkan ribuan ekor dalam satu kolam sehingga terjadi persaingan antar lele untuk saling memperebutkan makanan yang ada dalam kolam. 

Dari sini betapa pentingnya pakan serta manfaatnya untuk pertumbuhan bagi lele, dan jangan sampai mengabaikannya.


Pentingnya Pakan untuk Ternak Lele


Dengan mensuplai atau memberikan pakan yang cukup dan berkualitas ke dalam kolam budidaya, maka pada lele tercukupi kebutuhan lele akan pakan bisa tercukupi. 

Pada budidaya lele yang dilakukan secara intensif perlu di alokasikan anggaran pakan dengan porsi paling besar. Mengingat sangat pentingnya peranan akan kecukupan pakan berkualitas bagi lele-lele yang bersangkutan. 

Baca:

Makanan Ikan Lele Kecil yang Bagus Buat Pertumbuhan

Jenis Kandungan Pakan yang Baik untuk Lele

Secara umum dikatakan bahwa pakan yang berkualitas tinggi baik adalah yang memenuhi kebutuhan protein, energy, mineral, dan vitamin. 

Pemberian pakan yang berkualitas tinggi untuk lele sangat penting. Asupan pakan yang cukup berkualitas dan cukup jumlahnya membuat benih-benih lele yang dipelihara dalam kolam pembesaran dapat tumbuh dengan baik, sehat, dan produktif. 

Pakan di nyatakan berkualitas tinggi baik jika memenuhi kriteria-kriteria tertentu yakni pakan mengandung unsur-unsur atau komponen gizi yang diperlukan oleh ikan lele untuk pertumbuhan dan perkembangan. 

Berdasarkan ilmu gizi tentang makanan diketahui kandungan unsur-unsur pada pakan memiliki fungsi yang berbeda. 

Untuk itu, peternak lele perlu mempunyai pemahaman yang baik tentang fungsi dari unsur-unsur kimia yang ada pada pakan. 

Baca juga:
Pakan Ikan Lele yang Mudah diTemui di Sekitar Kita

Pengetahuan ini sangat penting demi tercapainya  tujuan pemeliharaan lele. Contohnya, pakan dengan kandungan kalori tinggi diperlukan untuk pertumbuhan lele sebab ikan jenis ini akan tumbuh baik jika kebutuhan kalori terpenuhi.

Kandungan lemak yang tinggi pada pakan sangat penting agar ikan lele dapat tumbuh gemuk. Protein pada pakan sangat penting artinya untuk pertumbuhan lele secara umum. 

Di alam bebas lele memperoleh makanan dari lingkungan alam sekitar tempat hidupnya. Tetapi untuk lele yang di budidayakan secara intensif, maka pakan harus diberikan secara intensif pula dari luar oleh peternaknya. 

Jenis pakan yang diberikan dapat berupa pakan alami dan dapat pula berupa pakan buatan pabrik. Pentingnya pakan harus Anda perhatikan setiap waktu.

Baca yuk,.
Jenis Makanan Ikan Lele yang Bagus untuk Pertumbuhan

Cara Membuat Pakan Alami untuk Lele

Jenis pakan alami yang dapat diberikan pada lele menurut beberapa persyaratan yakni ukuran pakan harus lebih kecil daripada bukan mulut lele, mudah dicerna, mudah di tangkap,dan mudah dikulturkan atau dibudidayakan.

Untuk kepentingan yang terakhir ini, maka pakan alami sebaiknya di kulturkan pada saat lokasi pemeliharaan lele disiapkan. 

Pakan alami yang baik untuk lele berupa zooplankton, ganggang , dan jasad renik. 

Upaya menumbuhkan pakan alami berupa zooplankton dalam kolam budidaya telah dilakukan ketika awal mula yaitu saat menyiapkan kolam untuk memelihara lele. 

Caranya dengan memupuk kolam. Didepan telah dikemukakan jenis pupuk yang ditebarkan pada kolam budidaya berupa pupuk kandang atau kotoran ayam broiler, TSP, urea, dan ammonium fosfat. 

Langkah tersebut dilakukan pada kolam budidaya ketika tahap persiapan.

Maksud atau tujuan pemupukan tidak lain dan tidak bukan yakni menumbuhkan zooplankton atau yang lainnya yang dapat di fungsikan untuk pakan alami bagi lele yang di budidayakan dalam kolam tersebut. 


Tips Mempercepat Pertumbuhan Lele


Selain pakan alami yang diberikan kepada lele tersebut, lele masih diberi pakan tambahan. Tujuannya untuk menggenjot atau mempercepat pertumbuhan lele yang dibutuhkan. 

Pakan adalah hal penting dalam usaha budidaya lele secara intensif. Jika usaha budidaya lele intensif di kaitkan dengan tujuan usaha komersial, maka biaya untuk keperluan pengadaan pakan ini harus diperhitungkan secara matang.

Perhitungan biaya untuk pengadaan pakan lele ini harus dilakukan secara teliti untuk 1 periode pemeliharaan. 

Langkah ini dilakukan agar peternak lele dapat memperkirakan besarnya keuntungan yang akan dipetik ketika pmeliharaan lele terakhir. 

Kesalahan dalam perkiraan perhitungan biaya dapat menyebabkan kerugian bagi peternak lele itu sendiri. 

Baca ini:
Pakan Lele Buatan Sendiri dan Sederhana

Pakan Bibit Lele yang Bagus untuk Pertumbuhan Berdasarkan Umur


Cara Pemberian Pakan Lele yang Benar sesuai Standar

Mengingat betapa pentingnya pakan bagi pertumbuhan lele yang nantinya akan menentukan keberlangsungan bisnis lele, maka kebutuhan pakan tidak dapat dikesampingkan begitu saja.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar