Penyebab Timbulnya Penyakit pada Lele yan Harus di Hindari

- 4:45:00 PM
Penyebab Timbulnya Penyakit pada Lele infoikan.com Masalah kesehatan lele yang dipelihara dalam kolam pemeliharaan sangat penting diperhatikan. Sebab kesehatan lele akan menentukan keberlangsungan hidup dari lele yang bersangkutan. 

Dalam usaha budidaya lele secara intensif masalah kesehatan lele mendapatkan perhatian yang sangat penting. Lele yang sehat menunjukkan pertumbuhan yang baik. Lele yang sehat juga disukai konsumen. 

Lele dikatakan sehat jika tidak diserang penyakit dan pertumbuhan lele berlangsung dengan baik. Lele seperti jenis ikan air tawar yang lainnya, juga dapat di serang hama dan bibit-bibit penyakit. 

Baca Ini:
Panduan Lengkap Cara Ternak Ikan Lele


Penyebab Timbulnya Penyakit pada Lele


Berbagai jenis hama dan bibit penyakit yang biasa menyerang ikan-ikan air tawar dapat pula menyerang lele. 

Serangan hama dan bibit-bibit penyakit pada lele dapat menghambat pertumbuhan lele dan menyebabkan kematian lele, terutama lele yang masih muda atau dalam masa pertumbuhan. 

Bibit-bibit penyakit dapat menyerang lele setelah dua minggu masa penebaran benih lele ke dalam kolam pemeliharaan. Penyebab timbulnya penyakit pada lele penyakit biasanya dari golongan jamur, bakteri, atau parasit. 

Baca juga:

Budidaya Ikan Lele Organik Hemat Pakan Hasil Melimpah


Penyebab Timbulnya Penyakit pada Lele


Serangan bibit-bibit penyakit pada lele dapat di awali dari terlukanya kulit tubuh lele. Mengapa bisa demikian itu jenis ikan air tawar yang lain umumnya mempunyai sisik melapisi kulit tubuhnya. 

Fungsi sisik pada ikan digunakan untuk melindungi binatang ini dari gangguan lingkungan. 

Sementara itu lele termasuk ikan yang tidak bersisik. Padahal fungsi sisik pada jenis ikan sangat penting agar tidak mudah terluka dari benturan benda keras, runcing, dan lainnya. 

Jika kulit lele terluka, maka lele mudah mengeluarkan lender yang berlebihan. Lendir ini dapat menjadi media hidup bekteri yang bersifat parasite atau bakteri yang dapat menimbulkan penyakit. 

Cara Mencegah Lele dari Penyakit

Oleh karena itu tindakan awal penceg ahan lele terhindar dari serangan bibit-bibit penyakit yang paling tepat adalah menjaga agar kulit tubuh lele tidak terluka. 

Tip menjaga agar lele tidak mudah terluka selama dalam kolam pemeliharaan sebagian telah dikemukakan dalam uraian di bagian depan, seperti penebaran benih lele yang seimbang dengan luasan kolam, tidak memasang benda-benda runcing dalam kolam, dinding kolam di kondisikan landai, dan lain sebagainya.   

Di tengarainya lele mengidap suatu penyakit atau gejala-gejala lele akan sakit dapat diketahui ketika dilakukan pengontrolan terhadap lele-lele dalam kolam pemeliharaan. 

Teknik pengontrolan kesehatan lele telah dikemukakan dalam uraian sebelum ini. 

Sebagai tindak satu kolam pemeliharaan terdapat seekor lele atau beberapa lele yang menderita suatu penyakit, maka lele sakit tersebut harus segera diobati. 

Ikan tidak segera di atasi, ,maka peyakit itu dapat menular ke lele-lele lain yang masih sehat. 

Baca:

Obat Agar Lele Cepat Besar Hasil Melimpah dan Seragam

Vitamin Ikan Lele untuk Mempercepat Pertumbuhan


Penyakit Lele Sering Timbul? Berikut Penyebab dan Obatnya


Cara penularan penyakit atau penyebab timbulnya penyakit pada lele dapat terjadi dengan dua cara, yakni melalui kontak badan akibat kepadatan populasi lele yang tinggi dan malalui air akibat penyakit yang diidap lele lain. 

Oleh karena itu pnting diperhatikan kapasitas kolam pemeliharaan dikondisikan tidak terlalu padat dihuni lele-lele. 

Selain dikendalikan masalah kepadatan lele dalam kolam, kebersihan air penting senantiasa dijaga agar bibit-bibit penyakit tidak mudah berkembang dalam kolam dan menyerang lele-lele yang hidup didalamnya. 

Dari sekian penyebab penyakit yang menyerang lele pada prinsipnya dapat dibedakan menjadi dua, yakni penyakit parasiter dan non parasiter. 
Penyakit parasiter adalah penyakit yang disebabkan oleh parasite, seperti virus, bakteri, jamur, cacing, dan udang renik. 

Penyakit non parasiter adalah penyakit yang disebabkan oleh factor kimia, fisika, atau pakan yang kurang baik, seperti kandungan oksigen yang kurang, derajat keasaman ph yang terlalu asam, terjadinya perubahan suhu yang mendadak, kekurangan vitamin dan mineral, serta pakan yang telah membusuk.

Berkaitan dengan program pemberian pakan pada lele hendaknya selalu dapat dikontrol secara baik mengenai jenis, kualitas, maupun kuantitas pakan yang diberikan pada lele. 

Karena hal demikian dapat menjadikan penyebab timbulnya penyakit pada lele dan akan menurunka kualitas sebagai lele yang memiliki kualitas serta kuantitas kurang bagus.

Baca juga yuk,.

Ciri Khusus Ikan Lele dan Fungsi Anggota Tubuhnya

Hal itu penting mengingat pakan merupakan porsi terpenting untuk lele yang akan menentukan tingkat keberhasilan usaha budidaya lele secara intensif. 
iklan disini akhir artikel...


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search