--> Skip to main content

Ternak Lele Kolam Terpal Modal Pas - Pasan Untung Jutaan

Ternak Lele Kolam Terpal Infoikan.com Saat ini orang tidak kurang akal menggunakan berbagai macam media untuk memelihara lele. 

Di antaranya sekarang ini sedang marak orang memelihara lele dalam kolam terpal. Terutama bagi mereka yang memiliki lahan tidak begitu luas alias sempit. 

Tak hanya dapat dihuni oleh ikan konsumsi saja melainkan jenis ikan hias yang saat ini sedang booming juga Anda kelola menjadi banyak dalam kolam terpal.

Tak sedikit yang sudah berhasil dalam usaha ini, malah cabang usaha mereka ada yang di luar kota. 

Kesempatan bagi sobat nih untuk ikut mengembangkan ternak lele kolam terpal yang bisa di tempatkan dimana saja terutama lahan sempit. 

Ternak Lele Kolam Terpal


Ternak Lele Kolam Terpal


Cara Membuat Kolam Terpal

Cara pembuatan kolam terpal mudah dan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan atau luas lahan yang ada, seperti digudang, bekas kontrakan, di atas dak rumah, dan lain-lain. 

Cara membuat kolam terpal digunakan untuk lele dumbo ada dua acara:

Cara langsung 

Cara ini dilakukan dengan memasang tiang rangka di tancapkan langsung ke dalam tanah, lalu kerangka kolam di bentuk. 

Setelah kerangka siap, terpal di pasangkan pada kerangka kolam itu. Cara ini biasanya digunakan untuk membuat kolam langsung di atas tanah dan di luar rumah.

Membentuk kerangka kolam

Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan dinding atau membuat rangka tambahan di sisi yang tidak berdinding.
Setelah kerangka siap, terpal di paku ke dinding dan ke rangka tambahan.


Cara ini digunakan untuk kolam yang berada di dalam ruangan, seperti di gudang, bekas kontrakan, atau di atas dak rumah. 

Jika tidak ingin repot memindahkan kerangka kolam sebaiknya langsung di bentuk di lokasi rencana pembuatan kolam. 

Baca juga yuk,.
Cara Bisnis Ikan Lele yang Menguntungkan untuk Pemula
Cara Memelihara Ikan Lele yang Baik dan Benar


Biaya Ternak Lele Kolam Terpal


Kebutuhan terpal untuk membuat kolam dapat di hitung dengan di dasarkan pada ukuran kolam. Misalnya hendak di buat kolam terpal berukuran 1 m3, maka terpal yang di butuhkan adalah 5x1 m = 5 m x 13.750 = 68.750.

Sebelum kolam terpal di gunakan untuk memelihara lele, terpal di bersihkan dengan menggosok terpal menggunakan kain atau busa untuk menghilangkan kotoran dan bau yang menempel di terpal. 

Kemudian terpal di bilas dengan air bersih dan dikeringkan. Setelah benar-benar bersih, kolam dapat diisi air baru dengan ketinggian 10-15 cm.

Sebelum kolam terpal ditebarkan benih lele, air kolam diendapkan semalam agar kotoran-kotoran terendapkan di dasar kolam.  

Baca ini:
Bisnis Ikan Lele yang Menguntungkan Omset Jutaan

Selesai sudah berbagi kali ini tentang cara ternak lele kolam terpal untuk pemula di lahan sempit ala kadarnya sekitar rumah hemat pakan hasil cepat besar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar