October 12, 2016

Ikan Lele Kaca dan Cara Merawatnya

Ikan Lele Kaca dan Cara Merawatnya, infoikan.com | Bnayak sekali manfaat ikan lele yang khusunya ikan lele kaca ini. Lele kaca dengan nama ilmiahnya Kryptopterus vitreolus ini ternyata dapat juga dibuat hiasan untuk aquarium sobat. Ikan ini termasuk salah satu jenis ikan catfish yang memiliki bentuk dan warna yang unik, dan juga sudah populer dipelihara di akuarium.

Berdasarkan penjelasan dari bahasa yang di ambil dari bahsa asing mengenai berabagai macam nama jenis ikan yaitu Kryptopterus vitreolus, yang berawal berawal dari kata  Kryptopterus dan vitreolus. Sedangkan  Kryptopterus dari Kryptos Yunani, yang berarti 'tersembunyi dan pterýgio, yang berarti 'sirip yang mengacu kurang atau tidak adanya sirip dorsal dari genus ini. Sedangkkan vitreolus dari bentuk kecil dari vitreus kata sifat Latin, yang berarti 'kaca', mengacu pada penampilan transparan spesies ini.

Sebelum kita lihat lebih mendalam semua jenis ikan lele yang khususnya kaca ini, mari kita lihat klasifikasinya terlebih dahulu.
 

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara
Seputarikan.Com

Klasifikasi Ilmiah Ikan Hias Lele Kaca dan Cara Merawatnya

klasifikasi ilmiah
Domain      :     Eukaryota
Kerajaan    :     Animalia
Divisi         :     Chordata
subphylum  :     vertebrata
superclass  :     Osteichthyes
Kelas         :     klasifikasi
subclass     :     Neopterygii
Infraclass   :     Teleostei
superorder  :     Ostariophysi
Memesan    :     Siluriformes
Keluarga    :     Siluridae
Marga        :     Kryptopterus
Jenis         :     K. vitreolus
nama binomial
Kryptopterus vitreolus

Sekilas Profil Ikan Hias Lele Kaca

Lele kaca, dalam bahaha jual beli atau perdagangan ikan hias populer dengan sebutan tadi. Yang merupakan jenis ikan lele dengan sebutan lain lele hantu serta phantom lele aquarium.  

Inilah Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik Serta Harganya

  
Lele kaca ini banyak ditemukan di sepenanjung sungai-sungai di bagian selatan Tanah Genting Kra yang mengalir pada teluk Thailand, maka tak heran jika dinamakan asli ikan air tawar endemik Thailand. dan Juga banyak terdapat di berbagai aliran sungai cekungan di Pegunungan Cardamom . Selain itu Ada juga laporan yang belum dikonfirmasi dari Penang di Malaysia.

Ikan lele terbesar makan orang yang di kabarkan pada tahun 1989, di temukan Kryptopterus bicirrhis yang ternyata masih dianggap lele kaca. Akan tetapi ikan ini jauh lebih besar ketimbang Kryptopterus vitreolus, dan jarang ditemukan diperdagangan ikan hias akuarium. 



Ikan Lele Kaca




Banyak ditemukan juga Kryptopterus minor yang juga dianggap sebagai ikan lele kaca dari kalimantan, akan tetapi pada tahun 2013 bahwa ikan lele kaca yang beredar dalam dunia ikan hias adalah Kryptopterus vitreolu. Lika liku penemuan ini masih samar akan keberadaan serta keaslian tentang ikan lele kaca ini, yang pasalnya semua bentuknya hampir mirip.

Seriously Fish
Ikan lele kaca ini dapat diketahui dengan memiliki tanda pada bagian seluruh tubuhnya yang mempunyai warna seperti layaknya kaca yang bening dan halus dan transparan, pada bagian organ tubuh bagian dalamnya kelihatan jelas, yang mana dari semua genus Kryptopterus disebabkan karena kekurangan pigmen pada tubuh mereka. Lele kaca ini sangat menarik, terlebih ketika terkena cahaya yang tepat mengenai tubuhnya, maka warna pelangi akan muncul.

Tanda lain dari Ikan lele kaca ini memiliki panjang keseluruhan kisaran 8 cm atau 3.1 in, akan tetapi pada umumnya hanya mempunyai panjang tubuh sekitar 6,5 cm / 2,6 in saja. Selain itu ikan lele kaca ini memiliki sungut yang panjang. Sungut inilah yang menjadi semakin populernya untuk di buru dan dipelihara dalam aquarium menghiasi ruangan.


German Blue Ram Fish ( Ramirezi ) Cara Merawat dan Budidaya

Cara Merawat Ikan Hias Lele Kaca Di Akuarium

Ikan hias lele kaca ini sensititif terhadap perubahan air dan juga pH, maka usahakan sobat bisa menyediakan suhu air yang cocok yaitu kisaran 25 ° C,  sedangkan pH-nya sebaiknya sedikit asam yakni sekitar 6,5.

Ikan lele hias yang satu ini berbeda dengan jenis ikan lele yang lainya.
Karena ikan lele kaca cenderung lebih menyukai tempat gelap dan bersembunyi. Sedangkan yang jenis lele lainnya, lebih suka berenang pada pertengahan dan permukaan air.

Jangan lupa untuk menyediakan juga semua jenis perlengkapan aquarium, seperti tanaman aquascape untuk bersembunyi akan lebih baik dalam memelihara ikan lele kaca ini, akan tetapi jangan terlalu padat. Karena lele kaca juga memerlukan tempat terbuka untuk berenang. Usahakan juga untuk airnya buat yang agak lambat, karena untuk memicu perkembangan ikan lele kaca ini. 


Makanan ikan lele ini yang biasanya sangat di sukai sobat bisa menyediakan bisa berupa jentik nyamuk, kutu air dan udang laut.

Selain itu, akan lebih indah dan cantik jika dalam memelihara ikan lele kaca ini lebih dari lima ekor. Karena selain menambah nilai estetika, ikan lele kaca ini sedikit pemalu. Sedangkan jika ingin mencampur dengan jenis ikan hias lainya harus yang memiliki ukuran dan sifat yang sama. Jangan sampai sekedar mencampurkannya dengan jenis ikan hias lainnya.
 

Manfaat ikan lele sebagai ikan hias, juga sangat populer ikan lele kaca ini juga sebagai bahan utama dari beberapa saus ikan asin yang digunakan dalam masakan Asia yang khususya Indonesia ini. 

Jenis lele kaca
  
Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Ikan Lele Kaca dan Cara Merawatnya ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan kita akan hal yang baru. 

Baca juga:  
-Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Cantik Serta Harganya
-Ini Dia Makanan Terbaik Ikan Louhan biar Merah, Jenong, dan Cepat Besar