October 5, 2016

Ikan Soaboa (Sawbwa resplendens) dan Mudahnya Dipelihara

Ikan Soaboa (Sawbwa resplendens) , infoikan.com | ikan soaboa merupakan masih jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara, baik itu di aquascape maupun aquarium ataupun kolam hias. Mungkin sebagian orang jika sebelumnya tidak pernah mendengar nama ikan ini akan sedikit ingin mencari tau karena begtu asingnya pada jenis ikan hias.  

Setelah menemukan hasil penelusuran yang falid tentang nama ikan soaboa ini, ternyata dari aslinya ikan ini memiliki nama Sawbwa Resplendent. Kenapa bisa soaboa? Mungkin kebiasaan lidah orang Indonesia yang masih lumayan kaku untuk menyebut nama asing. Yang arti penjabarannya bisa sobat lihat dibawah.


profil klasifikasi Ikan Soaboa (Sawbwa resplendens)


Sawbwa resplendens > Sawbwa berarti pangeran atau kepala sedangkan Resplendens berarti bersinar atau berkilau.

Yang menjadi kejanggalan tersendiri dengan masalah ikan ini yaitu tentang asal usul. Kebanyakan dari mereka menyebutnya kalau ikan Ikan Sawbwa resplendens ini berasa dari Myanmar yang merupakan masih jenis ikan hias air tawar.

Ikan ini dapat diketahui dengan memiliki tanda pada bagian kepala yang mempunyai warna merah atau oranye, untuk pejantannya pada bagian tubuh memiliki warna biru keperakan serta pada bagian sirip ada terdapat warna merah. 


Untuk ukuran keseluruhan ikan Sawbwa resplendenssaat dewasa memilki panjang sekitar antara 25 - 35 mm atau  3,5 cm (1,4 in).  Makanan utamanya ikan soaboa (Sawbwa resplendens ) dan mudhnya dipelihara di alam bebas ikan ini memakan invertebrata kecil dan zooplankton.



Klasifikasi Ikan Hias Sawbwa resplendens

klasifikasi ilmiah
Kerajaan    :     Animalia
Divisi         :     Chordata
Kelas        :     klasifikasi
Memesan   :     Cypriniformes
Keluarga   :     Cyprinidae
Marga       :     Sawbwa
Jenis        :     S. resplendens

nama binomial : resplendens Sawbwa
Nama Latinnya : Ornamental Fish

Cara Merawat Ikan Hias Sawbwa resplendens

Jika sobat ingin sekali memelihara jenis ikan ini dan sekaligus mencampurkannya dengan ikan hias lain dalam satu wadah aquarium, usahakan untuk menyediakan ukuran aquariumnya yang berukuran 60 x 40 cm. Sedangkan jenis ikan hias lainnya yang cocok, sobat hanya perlu menyediakan iakn yang sejenis dengannya. Jangan lupa untuk suhu airnya kira-kira 18 - 22 ° C , dan ber PH 6,0 – 8,0.

Salah satu yang menjadikan cocok tidaknya dalam pemeliharaan aquarium yaitu sobat bisa sediakan jenis tanaman aquascape untuk memperindah tampilan yang ada. Juga agar terlihat alami seperti pada alam bebasnya.

Makanan yang baik untuk jenis ikan Ikan Sawbwa resplendens sobat cukup menyediakan kutu air juga bisa berupa pakan buatan lainnya yang sesuai dengan ukuran mulutnya.

jangan lupa lagi dengan pememelihara ikan Sawbwa resplendens untuk yang sejenis sebaiknya di hindari, karena ikan ini layaknya seperti ikan cupang yang bertarung antara ikan jantan.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sobat bisa menaruh ikan Ikan Sawbwa resplendens dalam satu akuarium perbandingan 4 betina dan 1 jantan. Akan tetapi seperti jenis ikan hias yang ada dipasaran, yang mana sulitnya mencari indukan yang betina sedangkan untuk yang jantan relative mudah untuk di dapatkan sekaligus mempunyai warna yang indah dan cantik.

Usahakan jenis aquariumnya yang ideal saja jangan terlalu besar dan kebanyakan tanaman hiasnya. Jikalo terdapat banyak tanaman hiasnya, bisa-bisa di buat bersembunyi ikan Sawbwa resplendens ini yang mana mengakibatkan berpisahnya antara jantan dan betina.

Sekian dulu seobat sedikit berbagi tenatng Ikan Soaboa dan Cara dan Mudahnya Dipelihara ini, semoga bermanfaat bisa menambahkan wawasan kita untuk kedepannya.