Kenapa Ikan Mas Koki Mudah Mati? Ini Jawabannya

Ikan Mas Koki Mudah Mati infoikan.com Sudah tahu cara merawat ikan koki agar tidak mati? Atau ingin tahu penyebab ciri ikan koki stress?

Siapa sih yang tak kenal mas koki, yang sudah terdaftar sebagai salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara.

Banyak pemelihara ikan hias khususnya mas koki yang menanyakan akan hal permasalahan ikan koki mati secara tiba-tiba tanpa ada jenis penyakit mas koki yang menyerang.

Mungkin sobat kurang tahu akan salah satu penyebab ikan mati dalam aquarium secara detail, entah berhubungan dengan makanan maupun kebersihan air.

Dari kejadian yang berawal inilah biasanya seseorang yang merawat ikan hias akan menyadarai betaa pentingnya merawat mas koki dengan baik.

Lalu, kenapa ikan mas koki mudah mati? Padahal dari perawatannya sudah maksimal baik pemberian pakan, kebersihan, dan juga kualitas airnya.

Ikan Mas Koki Mudah Mati


Ikan Mas Koki Mudah Mati


Beberapa diantaranya terjadi pada sobat yang kerjaannya banyak keluar rumah. Bisa dipastikan ketika akan meninggalkan ikan hias kesayangan masih keadaan bernyawa, tapi saat pulang sudah mati.

Hal ini banyak terjadi tanpa kita sadari. Lalu, apa penyebab ikan mas koki tersebut mati dengan sendirinya?

Yuk, kita belajar merawat dengan fakta yang sudah kejadian salah satu sobat kita yang mengalami penyebab ikan hias mati mendadak berikut ini.

Menurunnya Suhu Air Secara Drastis

Aquarium ikan mas koki yang dipajang tanpa aerator atau alat pelengkap merawat ikan dalam aquarium seperti heater biasanya akan menemukan hal negatif.

Kalau dirasa hari biasanya tak akan terjadi sesuatu tanpa heater aquarium, namun untuk saat ini musim hujan harus dipasang heater saja. Mengapa demikian?

Itu tadi, menjaga suhu air agar tidak turun dengan datangnya hujan lebat.

Terjadi Pemadaman Listrik

Untuk mengantisi pasi terjadnya listrik mati yang akan menyebabkan ikan mas koki kita jadi stress baik di siang hari aupun malam hari, berikut beberapa tips menjaga ikan mati mendadak.

-Air dalam aquarium mending dikurangi saat berangkat kerja.
-Sediakan cadangan airpump yang menggunakan daya batterey.

Kalah dengan Ikan Besar dalam Satu Aquarium

Maksud disini berupa jenis ikan mas koki ditempatkan dalam satu aquarium. Jika ada beberapa ikan mas koki pastinya ada yang berukuran paling besar.

Nah, disinilah biasanya mas koki kecil sering dijadikan mainan atau dikejar ikan mas koki paling besar tadi.

Biasanya salah satu penyebab ikan mas koki stress karena sering dibully (dikejar-kejar) oleh temennya sendiri yang berukura dewasa.

Tingginya Kadar Amonia di Aquarium

Secara rutin sobat dapat mengganti air aquarium, apalagi di dalam aquarium ada jenis ikan mas koki kecil, jika amonia meningkat sedikit saja dan ikan kecil tadi tidak tahan maka hasil akhir mas koki bisa mati.

Pernah kejadian dalam aquarium terdapat ikan mas koki yang mau bertelur, tanpa ganti air dulu ditambahkan pula koki kecil dan juga air. Namun, mas koki kecil tadi malah ndak kuat dan mati.

Usahakan selang 3 hari dengan maksimal 1 minggu air aquarium dapat Anda ganti.

Tips Menghindari Kematian pada Ikan Mas Koki


Cara mengobati ikan mas koki yang sakit seperti biasa. Yakni dengan memberikan sedikit garam yang dicampurkan dalam air aquarium dan biarkan beberapa menit.
 
Cuci dulu aquarium hingga bersih jika keadaan mas koki mau bertelur. Atau bisa juga dengan memindahkannya.

Yuk, baca juga:
Ciri-Ciri Ikan Mas Koki yang Bagus
Cara Budidaya Ikan Mas Koki
Makanan Burayak untuk Semua Ikan

Pada intinya, kenapa ikan mas koki mudah mati adalah dalam segi perawatannya kurang diperhatikan. Sebagian pemelihara malah menyindir, jika ikan sering difoto bisa jadi menimbulkan stress.
loading...