October 15, 2016

Catfish jenis Ikan Lele Hias

Ikan Catfish jenis Lele Hias, infoikan.com |  Ikan catfish merupakan masih satu jenis ikan Lele yang mudah dipelihara seperti jenis ikan hias air tawar lainnya, keunikan dari ikan catfish ini yaitu mempunyai kumis atau sungut yang membuat ikan lele ini semakin indah dan cantik. Jika sobat info ikan ingin menyediakan hiasan akuarium dengan tampil beda, saya sarankan dengan memelihara jenis ikan hias air tawar yang memiliki kumis atau ikan lele, Ikan Catfish Hias merupakan pilihan yang tepat. Dan berikut adalah beberapa Jenis Jenis Ikan Catfish Atau Lele Hias

Jenis Ikan Catfish Hias Yang Bisa Sahabat Pilih Untuk Mengisi Akuarium

1. Ikan Glass Catfish (Kryptopterus vitreolus)

Catfish jenis Ikan Lele Hias
Glass Catfish atau Ikan lele kaca, ikan ini banyak sekali kita temukan pada daerah sekitar sobat dan umumnya di Asia ini. Ikan catfih sendiri merupakan jenis ikan hias air tawar yang berukuran kecil yang kemaren banyak terdapat di pulau Kalimantan.

Disebut Lele hias kaca karena bentuknya yang bisa kita ihat sampai dalam tulang yang transparan layaknya kaca yang bening, juga duri-duri tubuhnya saja kelihatan dari luar. Ikan hias lele kaca ini dapat tumbuh besar hingga 8 cm, sedangkan untuk pada umumnya cuma 6,5 cm. keunikan lainnya dari ikan lele kaca ini terdapat sungut yang panjang pada sisi hidungnya bagian mulut.

2. Electric Catfish


Catfish jenis Ikan Lele Hias
WhoZoo
Electric Catfish atau jenis ikan Lele listrik yang merupakan nama lain dari ikan lele ( urutan Siluriformes ) dari family Malapteruridae. kelompok ini terdiri dari dua bagian , yakni Malapterurus dan Paradoxoglanis serta 19 spesies .

Keajaiban dari nama ikan lele listrik ini memiliki kemampuan mengeluarkan tenaga listrik sampai 350 volt. Yang banyak ditemukan pada daerah Sungai Nil afrika karena merupakan daerah tropis, aktifitas yang banyak dari ikan Electric catfish ini pada malam hari untuk mencari mangsa dengan kilatan listrik tadi untuk melumpuhkan musushnya. jenis ikan catfish ini mampu tumbuh besar hingga 1 m di alam bebas.

3. Wels Catfish


Catfish jenis Ikan Lele Hias

Shetfish merupakan nama umum ikan Wels Catfish, yang asli dari spesies ikan patin dan banyak ditemukan pada tempat aslinya yaitu eropa Timur, cekungan dari baltik, Hitam, serta Laut Kaspia. Seperti jenis ikan lele lainnya yaitu mempunyai ciri-ciri kepala berbentuk datar dan mulut lebar. Pada alam bebas ikan ini dapat hidup mencapai kurang lebih 50 tahunan serta masih mempunyai peraba yang luar biasa terhadap mangsanya.

Wels Catfish telah diperkenalkan ke Eropa Barat dan kini ditemukan dari Inggris sepanjang jalan timur ke Kazakhstan dan selatan ke Yunani dan Turki.

 
Makanan
ikan Wels Catfish pada alam bebas bisa berupa krustasea, serangga, Annelida cacing, gastropoda, serta ikan lainnya. Jika sudah mencapai tumbuh dewasa, jenis tikut, katak, burung seperti bebek juga ikut jadi sasaran mangsanya.

4. Sisorid Catfish


Catfish jenis Ikan Lele Hias

Sisorid Catfish termasuk dari Family  Sisoridae. baca juga:
Jensi Ikan Predator Air Tawar Yang Unik Dan Populer Dipelihara Di Aquarium

 5. Talking Catfish

Catfish jenis Ikan Lele Hias

Striped Raphael catfish (Platydoras armatulus) merupakan nama umum yang dipakai para penghobi ikan hias, Talking Catfish adalah masih satu jenis dengan ikan lele dari family Doradidae . Selain itu Lele ini juga Southern striped Raphael, talking catfish, chocolate doradid, chocolate catfish or thorny catfish.
 

Dengan sifatnya yang damai membuat jenis ikan lele ini mudah untuk dipelihara serta dapat dicampurkan dengan jenis ikan hias lainnya dalam satu wadah aquarium. Lele ini merupakan hewan nokturnal yang ditemukan di Amazon , Tocantins , ParnaĆ­ba , Orinoco , Essequibo Rivers di Guyana dan Suriname dari Amerika Selata.

6. Driftwood Catfish (Auchenipteridae)


Catfish jenis Ikan Lele Hias

Driftwood Catfish (Auchenipteridae) merupakan spesies ikan lele yang bentuknya kecil (noktural) yang suka bersembunyi pada siang hari serta mencari makan pada malam hari saja. Karena Driftwood Catfish merupakan ikan omnivora, jenis makanan biasanya serangga,ikan, udang, buah, serta akar serabut dari jenis tanaman hias lainnya. Baca juga: Jenis Ikan Predator Air Tawar yang Mudah Dipelihara

7. Walking Catfish


Catfish jenis Ikan Lele Hias

Walking Catfish atau (Clarias batrachus) adalah spesies air tawar airbreathing lele asli Asia Tenggara , tetapi juga diperkenalkan di luar daerah asalnya di mana ia dianggap sebagai spesies invasif .

Keunikan jenis ikan lele ini memiliki kemampuan untuk "berjalan" Walking Catsih pada lahan kering, akan tetapi hanya saja tidak bertahan lama. hal ini karena memang tidak bisa hidup pada dua dunia (air dan darat).

Jenis Lele Hias? Ikan Catfish Leopard, Catfish Hias

Jenis ikan lele ini banyak sekali terdapat pada sungai-sungai kecil seperti rawa, sawah banjir, perairan kolam, dan umumnya tidak dapat berenang cepat atau bergerak lambat. 

8. Thorny Catfish


Catfish jenis Ikan Lele Hias

Thorny Catfish merupakan jenis ikan lele yang dapat sobat ketahui dengan memiliki duri yang panjang pada punggungnya. Bentuknya terlihat seperti ikan pembesih aquarium. baca juga:
Nama Nama Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Populer Dipelihara Beserta Gambarnya

 9. Suckermouth Catfish


Catfish jenis Ikan Lele Hias

Suckermouth Catfish (Tiger Catfish) bisa dibilang ikan lele berlapis baja, yang termasuk dalam jenis ini ikan pleco atau sapu sapu. keunikan lainnya jenis ikan ini seperti bentuk ikan zebra seperti macan. Harga ikan tiger catfish ini sendiri sangat lumayan mahal dan jarang di dapatkan.

 10. Flat-nosed Catfish


Catfish jenis Ikan Lele Hias

Flat-nosed Catfish merupakan masih salah satu jenis ikan predator air tawar, yang bisa sobat ketahui dengan memiliki warna campuran coklat dan puti pada bagian perutnya. ikan ini bisa tumbuh besar sampai 1 m ran: Baca juga: Daftar Harga Ikan Hias air Tawar Terlengkap Semua Kategory Sekarang Ini

11. Pangasius Catfish


Catfish jenis Ikan Lele Hias
www.tropicalfish-scotland.com
Pangasius merupakan genus ikan lele yang memiliki ukuran menengah-besar yang banyak sekali terdapat pada daerah selatan Asia Tenggara.

12. Banjo Catfish


Catfish jenis Ikan Lele Hias
PetSolutions
Banjo Catfish adalah lele scaleless. Yang merupakan penjelasan dari Wikipedia jenis ikan lele hias air tawar ini memeiliki tubuh terkompresi yaitu tertutup dengan kulit bercak berbentuk Horizontal besar yang dinamakan dengan tuberkel unculiferous.

Nama latin ikan lele ini tak lain yatiu Bunocephalus, yang banyak ditemukan dan berasal dari bounos, sedangkan dalam bahasa Yunani berarti bukit, yang diterjemahkan ke dalam "kepala bergelombang." Mungkin disebabkan karena hidupnya yang suka bergerombol untuk mencari mangsa.
 

Kadang-kadang mereka bahkan disebut "Frying Pan Fish". The Banjo Catfish pertama kali dianggap satu spesies, tapi sekarang ada beberapa yang dikenal "banjo" mencari spesies, dan semua digabungkan di bawah nama umum yang sama. Spesies ini juga dapat ditemukan dalam beberapa publikasi sebagai Dysichthys coracoideus, kombinasi asli.

13. Ikan Hias Corydoras


Catfih jenis ikan lele

Ikan Hias Corydoras merupakan masih dalam kategory dari lele air tawar yang berasal dari keluarga Callichthyidae dan subfamili Corydoradinae . Jenis ikan corydoras ini banyak sekali ditemukan pada bagian behan dunia ini yaitu benua Amerika, banyak seklai spesies ikan ini, untuk lebih detainya sobat bisa langsung baca...JENIS IKAN CORYDORAS PALING POPULER DAN TERLENGKAP

Sekian dulu sobat sedikit berbagi dan ulasan tentang Catfish jenis Ikan Lele Hias ini, semoga menambah wawasan serta pengetahuan kita pada tahapan pemeliharaan serta budidaya jenis ikan lele pada jenjang berikutnya.

berbagai sumber..

baca juga: 
-Klasifikasi Ikan Corydoras (Tikus Kecil) Serta Cara Merawatnya