October 19, 2016

Jenis Ikan Komet Terbaru Yang Populer Dipelihara Saat Ini

Jenis Ikan Komet, infoikan.com | Ikan komet merupakan masih salah satu dari sekian banyak jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Ikan hias ini banyak sekali kita temukan pada sekeliling kita, yaitu pada toko terdekat di daerah sobat. 

Perawatan dan pemeliharaan ikan komet ini bisa ditempatkan pada wadah aquascape, ikan hias aquarium, maupun kolam. 

Akan tetapi ikan komet ini akan lebih cantik dan indah ketika sobat plihara dalam qadah kolam hias. 

ikan komet terbaru
Jenis ikan komet sendiri terdapat beraneka ragam warna dan corak yang telah tersebar di pasaran, yang tentunya sobat belum tahu secara keseluruhan ya..pada kesempatan kali ini kita akan membahas dari daftar semua bentuk dan warna jenis ikan komet ini.

Klasifikasi ikan mas komet 
Ikan mas komet merupakan bagian dari famili Cyprinidae serta termasuk dalam genus Carassius. Kita ketahui bersama bahwa ikan mas komet merupakan satu diantara jenis Cypridae yang sudah umum kita kenal di masyarakat.

Ikan mas komet memiliki keindahan yang terlukis jelas di tubuhnya serta memiliki corak yang begitu eksotis. Disamping itu, ikan mas komet memiliki bentuk tubuh yang menarik. Berdasarkan sistematika Goernaso, jenis ikan mas komet memiliki susunan klasifikasi sebagai berikut :


Filum          : Chordata
Kelas          : Pisces
Sub kelas     : Teleostei
Ordo           : Ostariphisysoidei
Sub ordo     : Cyprinoidea
Famili         : Cyprinidae
Genus         : Carassius
Spesies       : Carassius auratus

Jenis Ikan Komet

1. Jenis Ikan Komet Merah Slayer - Red Komet Slayer


ikan komet
Baca juga:Daftar Harga Ikan Hias air Tawar Terlengkap Semua Kategory Sekarang Ini

Ikan komet slayer merupakan jenis ikan komet yang pertama, ikan komet ini dapat sobat ketahui dengan memiliki warna pada seluruh bagian tubuhnya yang mempunyai warna merah, dan pada bagian ekornya juga terdapat warna merah yang berfariasi orange.

Ukuran tubuhnya memiliki bentuk yang kecil, sedangkan yang lainnya berbeda.  


Ciri-ciri lain dari ikan komet ini yaitu mempunyai bentuk ekor yang menjuntai dimana komet slayer ini masih dalam kategory salah satu masuk klasifikasi ikan mas kometjenis double tail yangb unik untuk di koleksi.

2. Jenis Ikan Komet Merah - Red Komet



ikan komet

Jenis komet ini juga masih dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail, yang bisa sobat ketahui dengan mempunyai tanda pada bagian tubuhnya yang memiliki warna merah, akan tetapi untuk pada bagian sirip dan ekornya terdapat warna putih gelap saja. 


Bentuk ukuran badan ikan komet ini sangat ideal dari ujung mulut sampai ekornya.

3. Black Kometfish


ikan komet
Baca juga: Ikan Komet, Cara Memelihara dan Merawatnya serta Membudidayakannya

Black Kometfish termasuk juga masih dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail.
 
Cirir-ciri
Jenis Ikan Komet Warna Hitam ini dapat sobat ketahui mempunyai warna hitam pada seluruh tubuhnya tanpa kecuali. 

Yang memang sangat unik untuk kita pelihara menghiaso kolam hias kita.
 

4. Jenis Ikan Komet Sarasa - Sarasa Komet
ikan komet

Jenis Ikan Komet Sarasa - Sarasa Komet ini dapat sobat ketahui dengan mempunyai warna merah pada bagian punggung, sedangkan pada bagian perutnya terdapat warna putih gelap.  

Bentuk ekor yang sangat panjang dan berwarna putih pula. Harga ikan komet dewasa ini masih relarif dengan jenis ikan komet lainnya yang bisa sobat dapatkan. Kesamaan antara ikan lainnya terdapat pada ikan Koi Kohaku yaitu dari warna merah dan putih sebagai warna dasar.

Selain harga ikan komet termahal, juga merupakan jenis ikan hias air tawar yang bisa dikembangbiakkan dengan cepat. 


Itu bagi yang sudah mengetahui dasar cara budidaya ikan komet ini.  

Bentuk ekornya yang menjulang tinggi merupakan yang menjadikan ikan komet sarasa termasuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail.
 

5. Jenis Ikan Komet Yellow

ikan komet
Baca juga: Cara Membedakan Ikan Komet Jantan dan Betina dengan Mudah

Nah yang ini cucok banget untuk sahabat yang demen ama warna kuning, ikan komet yellow adalah ikan komet yang seluruh bagian tubuhnya berwarna kuning.
 

6. Jenis Ikan Komet Tanch
ikan komet

Jenis Ikan Komet Tanch Layaknya seperti jenis ikan koi tanco, yang mana dapat sobat ketahui dengan memiliki tandap pada pada seluruh tubuhnya yang mempunyai warna merah di atas kepalanya.  

Begitu juga dengan jenis ikan koi tanco yang berpola yang sama, yang membedakan hanya saja pada ikan koi tanco terdapat ekor yang bentuknya tunggal.
 

7. Jenis Ikan Komet Harimau - Tiger Yellow Kometfish
ikan komet
Baca juga: Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Bisa Dicampur dalam Satu Akuarium

Harga ikan komet ini sangatlah bisa sobat jangkau, yaitu syaratnya harus pada pembudidayanya langsung, biasanya akan di hargai dengan harga yang murah meriah.  

Aslinya ikan Tiger Yellow cometfish ini mempunyai nilai yang sangat spesial sendiri di bandingkan dengan ikan komet lainnya. 

yang mana dikarenakan jenis ikan Tiger Yellow cometfish ini masih sulit sekali ditemukan pada pasar ikan hias tradisional terdekat sobat.

Dianamakan
Tiger Yellow cometfish karena memiliki warna yang bisa sobat ketahui dengan mudah yaitu kuning belang layaknya warna harimau, sedangkan untuk ekornya sendiri akan terlihat mengembang saat berenang.  

Bentuk seperti ini merupakan ciri khas tersendiri jenis Tiger Yellow cometfish
 

8. Jenis Ikan Komet Red Calico
ikan komet

Sobat dapat menegtahui ikan komet Red Calico dengan mudah untuk ikan ini dengan mempunyai warna dasar merah dengan fariasi taburan bercak atau bitik - bintik hitam, sedangkan pada ekor dan siripnya  terdapat warna putih.
 

9. Jenis Ikan Komet Rain Garden
ikan komet

Untuk Jenis Ikan Komet Rain Garden ini dapat sobat ketahui dengan memiliki warna putih gelap pada seluruh tubuhnya yang kelihatan indah.
 

 10. Jenis Ikan Komet Sara - Comet Sara
ikan komet

Jenis Ikan Komet Sara - Comet Sara merupakan jenis ikan komet yang masih dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail

Yang bisa sobat ketahui dengan mempunyai warna putih pada bagian tubuhnya.  

Pada bagian kepalanya yang terdapat warna merah merupakan ciri khas tersendiri ikan ini.
 

11. Jenis Ikan Komet Hitam Putih - Komet Black White
ikan komet

Jenis Ikan Komet Hitam Putih - Komet Black ini dapat sobat ketahui dengan mempunyai warna kombisani antara hitam dan putih seluruh tubuhnya.
 

12. Jenis Ikan Komet Merah Hitam - Komet Red Black
ikan komet
Baca juga: Bisnis Ikan Hias Hari Ini Untung Jutaan

Comet Red Black dan juga termasuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail

Yang mempunyai warna merah berfariasi hitam pada ekornya merupakan ciri dasar ikan komet ini. 

13. Jenis Ikan Komet Common - Common Komet
ikan komet

Jenis Ikan Komet Common - Common Komet dapat sobat ketahui pada bagian seluruh tubuhnya yang mempunyai warna kuning keputihan yang bersinar layaknya perak.  

Berbeda dengan jenis yang disebutkan sebelumnya, ikan komet comon ini termasuk dalam klasifikasi ikan mas jenis ekor tunggal atau single tail.
 

14. Jenis Ikan Komet Marigold - Marigold Comet
ikan komet

Jenis Ikan Komet Marigold - Marigold Comet ini mempunyai warna dasar kuning ke-emasan sebagai tanda untuk mempermudah kita untuk mengingatnya.  

Dan marigold juga salah satu ikan mas ang masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail.
 

15. Jenis Ikan Komet Shubukin Merah - Red Shubunkin
ikan komet

Jenis Ikan Komet Shubukin Merah - Red Shubunkin merupakan Ikan komet yang juga salah satu dari ikan mas yang masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail.

Jenis Ikan Komet Shubukin Merah - Red Shubunkin Warnanya sangat ceria, yakni warna dasarnya merah dengan perpaduan bintik - bintik hitam. Dan ciri khususnya adalah adanya warna putih pada bagian kepalanya. 

16. Jenis Ikan Komet Shubunkin - Komet Shubunkin


ikan komet
Baca juga: Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya 

Jenis Ikan Komet Shubunkin - Komet Shubunkin ini dapat sobat ketahui dengan memiliki warna dasar putih serta berfariasi bintik-bintik hitam pada seluruh tubuhnya, serta terdapat juga sebuah kombinasi warna merah yang merupakan menjadi ciri ikan komet ini mudah untuk dimengerti.  

Yang menjadikan ikan komet shubukin memiliki keindahan tersendiri untuk wadah kolam hias sobat.

Jenis Ikan Komet Shubunkin - Komet Shubunkin juga masih dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail yang mempunyai sirip panjang pada bagian bawah perutnya. Sobat bisa langsung dapatkan jenis ikan komet ini pada pasar ikan hias terdekat kota sobat.

Ikan Komet Terbesar di Dunia dan sejarahnya
 

Pada tahun 1880 an ikan komet ini berusaha dikembangkan di Amerika, ikan mas komet ini merupakan favori ikan hias air tawar dari seorang karyawan Biro Perikanan US, Hugo Murlett. Biro Perikanan (sekarang US Fish and Wildlife Service) memiliki macam pembenihan ikan di Washington DC serta terdapat  beberapa kolam, termasuk "Carp kolam", masih ada di National Mall dekat Monumen Washington.
 

karena mereka mengingatkannya pada beberapa komet yang menonjol terlihat di langit selama dekade itu, maka dengan menyeberangi sungai veiltail untuk hiburan umum, Oleh Murlett kemudian nama ikan ini dinamakan Komet.

Dengan pemeliharaan serta ingin memproduksi ikan mas komet ini, Murlett meninggalkan pekerjaan federalnya untuk membudidayakan serta membuat kolam ikan komet ini yang kemudian di bukukan dengan memberikan tekhnik-tekhnik dasarnya, kemudian menjadilah populer dikalangan penghoby ikan hias.


Dengan adanya varien tersebut, menjadilah ikan komet ini terkenal hingga sampai populer di semua kalangan. 


Akan tetapi dari semua jenis ikam mas komet ini akhirnya terdapat juga kemiripan dengan ikan hias lain yaitu ikan mas biasa (hibuna) dengan mempunyai ekor tunggal serta tubuh yang berbentuk panjang. 

Jika dibandingkan dengan ikan mas biasa mempunyai tubuh yang lebih ramping.

Sedangkan untuk ikan mas komet sendiri memiliki ekor yang sangat panjang ketimbang ikan mas, jikalo di ukur akan kelihatan separo dari panjang tubuhnya. 


Ekor tersebut berbentu pita dengan lobus sempit dan ujung yang runcing.

Dari kesekian banyaknya warna ikan komet, tanda yang bisa memberikan kejelasan untuk di ingat-ingat dan populer pada kalangan pecinta ikan hias yaitu warna merah dan putih. 


Sarasa' merupakan warna hitam putih yang berasal dari bahasa jepang dan itu juga merupakan jenis warna yang paling cantik di antara yang lainnya.

Sekian dulu sedikit berbagi tentang jenis ikan komet, semoga bermanfaat dan menambahkan kita wawasan serta pengetahuan pada jenjang pemeliharaan berikutnya. 

Baca juga:  
-Makanan Burayak untuk Semua Jenis Ikan Hias 
-Harga dan Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik dan Termahal 
-Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Cantik Serta Harganya