October 25, 2016

Ikan Arwana Silver, Cara Merawat dan Kisaran Harganya

Ikan Arwana Silver, Cara Merawat dan Kisaran Harganya infoikan.com | ikan arwana silver (Osteoglossum bicirrhosum) atau juga akrab dengan nama ikan arwana brazil, merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dan berasal dari sungai danau Amerika Selatan.
Harga Ikan Arwana Harga Arwana Silver anakan, Harga Ikan Arwana Brazil, Harga Anakan Ikan Arwana
Cara Memelihara Ikan Arwana
Baca juga: Tips Termudah Membedakan Ikan Arwana Jantan Dengan Betina
Ikan arwana silver akan lebih indah dan cantik bila sudah tumbuh dewasa. Itu yag menjadikan para penghobi ikan hias khususnya air tawar banyak yang memburu untuk dijadikan tambahan hiasan aquarium. dan juga dengan harga ikan arwana silver yang tidak terlalu mahal, bahkan pada umumnya malah sangat murah sekali dibandingkan dengan harga ikan arwana jardini.

Jenis ikan arwana silver ini masih tergolong dalam jenis ikan predator, akan tetapi mimiliki warna silver pada seluruh tubuhnya. Banyak juga macam dan jenis ikan arwana ini, diantaranya ikan arwana black brazil, ikan arwana silver, ikan arwana super red, dan masih banyak lagi lainnya. Yang kesemuanya mempunyai harga sendiri-sendiri.

Sekilas tentang Ikan Arwana Silver yang bisa sobat jadikan tambahan wawasan dan pengetahuan untuk pemeliharaan serta pwrawatan.

Ikan Arwana Silver, Cara Merawat dan Kisaran Harganya 

 
Ikan arwana Silver
Baca juga: Cara Memilih Ikan Arwana Super Red Anakan Yang Berkualitas
Sekilas Info Tentang Ikan Arwana Silver
Ikan arwana silver ini banyak sekali ditemukan dan berasal dari  sungai amazon, sungai Rupunini, dan Oyapok daearh Benua Amerika Selatan, serta terdapat juga di guyana. untuk nama latin ikan arwana silver yaitu: Osteoglossum bicirrhosum sedangkan klasifikasi lebih tingginya: Osteoglossum.

Makanan Arwana Silver Cara Merawat dan Kisaran Harganya
Yang sering ditemukan jika ikan arwana silver ini terdapat di alam bebas, makanan arwana silver ini berupa katak, udang, ikan, kadal, kelabang, kura kura, krustacea. Karena jenis ikan arwana silver merupakan masih dalam kategori jenis ikan predator air tawar. Semacam burung juga dapat dimakan olehnya, yaitu dengan mencari tempat yang dekat dengan pohon yang ada di tepi sungai. 

Makanan Arwana Silver yang lainnya seperti kelelawar dan binatang lain yang ada disekitarnya, yang intinya ketika muat untuk dimasukkan mulut maka bisa di lahap juga. Yang menjadi ketradisan ikan arwana silver ini yaitu dapat julukan Ikan Arwana Monyet. Karena pernah juga makan se-ekor monyet kecil anakan.
Arwana Silver Dewasa Cara Merawat dan Kisaran Harganya
Untuk ukuran tubuh Arwana Silver jika sudah tumbuh dewasa bisa mencapai 122 cm. Beraneka macam cara pemelihara serta jenisnya yang banyak, ada juga yang mengatakan kalau panjang tubuhnya sekitar 76 - 91,5 cm, yang lainnya juga mengatakan kalau ukuran yang sering dijumpai pada perawatan di aquarium rata-rata sekitar 60 - 80 cm.   

Sebenarnya jenis ikan arwana silver ini sangat unik, saking uniknya amlah akan di ancam punah yang dikarenakan sulitnya mencari populasi. Hanya saja masih terdapat di dalam hiasan Negara saja. Berbeda dengan jenis Arwana Asia, yang mana sudah masuk terdaftar IUCN yang berarti sudah termasuk hewan yang di lindungi

Jika sobat melihat Arwana Silver di pasar tradisional maupun nternasional, berarti itu hasil budidaya oleh kalangan penghobi ikan hias. Sedangkan yang dibicarakan disini merupakan yang masih di alam bebas. 

Karena harga ikan arwana silver ini maupun Arwana Black Brazil dan yang lainnya mempunyai penawaran yang lumayan tinggi, sedikit sekali sampai saat ini yang berhasil budidaya ikan arwana silver. 
Baca juga: Jenis-Jenis Ikan Arwana Terbaik Serta Termahal Harganya

Ikan Arwana Silver Dewasa
www.web.forumacvarist.ro

Perbedaan Ikan Arwana Silver Dengan Ikan Arwana Black Brazil, Cara Merawat dan Kisaran Harganya
Biasanya jika terdapat sebuah jenis ikan yang namanya saja hampir mirip satu sama lain, pastinya di gali dimana perbedaan untuk Arwana Silver dengan Arwana Black Brazil ini.

Jika sobat ingin merawat dan memelihara Arwana Silver Ini, maka harus bisa dan tau perbedaan untuk membedakan antara keduanya. Jangan sampai keliru dalam memilih. Berukut yang bisa sobat intip.
Ciri Ciri Ikan Arwana Silver:
  • Mempunyai bentuk tubuh pipih memanjang, pada bagian pangkal ekor mengecil. 
  • Cara berenangnya santai yang seperti berjalannya se-ekor ular yaitu lenggak lenggok.
  • Pada bagian sisiknya terdapat warna perak kehijauan yang berkilau.
  • Untuk bagian ring sisiknya mempunyai warna hijau muda agak kemerahan.
  • Warna Pada bagian sirip punggung, sirip ekor, dan sirip bawah terdapat warna merah muda.
  • Memiliki 2 sungut yang berwarna biru tua
  • Dan Pada selaput sirip memiliki warna hijau toska serta bergaris warna merah.
  • Baca juga: Cara yang Benar Merawat Serta Memelihara Ikan Arwana Dalam Aquarium
Ikan Arwana Silver

 Ciri Ciri Ikan Arwana Black Brazil:
  • Sobat dapat mengetahui Arwana Black Brazil dengan mempunyai tanda atau ciri-ciri sebagai berikut:
  • Memiliki bnetuk tubuh pipih dan memanjang
  • Pada bagian pangkal ekor semakin mengecil
  • Mempunyai warna tubuh yang beragam, diantaranya ada warna perak agak kebiruan, memiliki warna biru muda dan biru tua yang dominan ketika sudah tumbuh dewasa sekitar 20 cm. 
  • Pada bagian sirip berwarna biru muda dan ada juga biru tua ,
  • Sedangkan untuk tepi siripnya terdapat warna merah.
  • Pada bagian yang terakhir yaitu pangkal ekor yang terdapat warna hitam.

Cara Merawat dan Kisaran Harga Ikan Arwana Silver, Harga Ikan Arwana Silver anakan, Harga Ikan Arwana Brazil, Harga Anakan Ikan Arwana

Yang namanya kisaran berarti masih dalam fifti-fifti atau beum benar sepenuhnya. Jangan sampai sobat langsung buat patokan penuh dengan harga yang terlampir disini. Harus bisa mengira ngira antara yang anakan dan dewasa, serta jenis ikannya. 

Harga ikan arwana silver anakan sekitar 250 per ekornya. Untuk harga Arwana silver yang sudah tumbuh dewasa mencapai sekitar 2 -3 jutaan saja. Baca juga: Harga Ikan Arwana Super Red Besar dan Kecil (Anakan)

Kisaran Harga Dan Cara Merawatnya, Harga Ikan Arwana Silver anakan, Harga Ikan Arwana Brazil, Harga Anakan Ikan Arwana
www.allwidewallpapers.com
Ciri Ikan Arwana Silver yang Bagus dan Cara Merawat Ikan Arwana Silver Di AkuariumDari penjelasan sebelumnya sudah di bahas perbedaan Arwana Silver dan Arwana Black Brazil, jika sobat ingin merawat da merawat arwana ini harus benar-benar bisa memilih yang pasti, untuk memudahakan dalam pemeliharaan nanti.

Ikan Arwana sendiri merupakan jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Saking mudahnya, banyak yang merawat dengan ala kadarnya saja dan kurang mnegtahui tata cara sepenuhnya. yang terjadi malah kurang bagus akan pertumbuhannya. Berikut terdapat sedikit dasar-dasar merawat ikan Arwana Silver ini:
Baca juga: Jenis Ikan Predator Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Ikan ARwana silver

Penyediaan Wadah dan Tempat Ikan Arwana Silver, Cara Merawat dan Kisaran Harganya 
Pada umumnya jenis wadah yang digunakan adalah Aquarium, dan sobat tentunya bisa menyediakan ukuran yang paling ideal yaitu sekitar 3,5 M lebih juga makin bagus. Dan mempunyai lebar sekitar 3 M, mengapa harus sepanjang ini? Karena untuk memudahakan ikan arwana ini tumbuh besar dengan bagus. 

Jika sobat sedikan ukuran aquarium yang hanya pas buat makan, serta kurang muat jika dibuat berenang kesana kemari, maka bisa dipastikan ikan sobat tadi bisa melompat keluar. 

Hal dasar yang harus sobat sediakan dan lakukan adalah bisa menyiapakan wadah yang sesuai dengan ukuran tubuhnya atau sesuai kebutuhan ikan. Jangan sampai kejadian ikan arwana ini dapat melompat keluar hanya gara-gara wadah aquarium sobat terlalu sempit. 
Baca juga: Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Cantik Serta Harganya

Ikan Arwana Silver, cara Merawat dan Kisaran Harganya


Pemeliharaan dan perawatan ikan arwana yang paling ideal dan bagus yaitu hanya satu ekor saja, ini jika wadah yang sobat guankan adalah aquarium, berbeda jika tersedia tempat yang besar  maka bisa memelihara dan merawat 6 ekor ikan arwana sekaigus. Atau merawat jenis ikan arwana yang masih anakan dalam satu kolam juga tidak masalah.

Tidak sperti jenis ikan hias kecil seperti ikan cupang, ikan guppy yang mudah sekali berdaptasi serta mudah dalam perawatan. Berbeda dengan ikan Arwana ini yang sulit untuk bisa beradaptsi dengan lingkungan. Sebisa mungkin sobat bisa meletakkan aquarium pada tempat yang agak sepi. Hal ini untuk meminimalisir akan kesehatannya yaitu setress.
 
Perawatan Ikan Arwana Silver yang Baik
Jenis perawatan ikan apapun yang menjadi dasar pokok yaitu masalah air tersebut, untuk arwana sediakan air yang ber PH 6.5 - 7.0, ini merupakan yang paing ideal untuk pertumbuhannya serta kesehatannya.   

Akan tetapi kalau jenis ikan Arwana Silver, biasanya sangat cocok dengan air yang ber PH kisaran antara 26 - 30 °C. Ini merupakan suhu yang di rekomondasikan untuk kesuburan serta kesehatan ikan. Usahakan untuk terus menstabilkan suhu air tersebut dan jangan sampai mengubahnya keculai iklim kita atau cuaca berubah.
Baca juga: Daftar Harga Ikan Hias air Tawar Terlengkap Semua Kategory Sekarang Ini

Ikan Arwana Silver

Kebersihan Ikan Menentukan Tingkat Haraga Jual
Penggantian air bisa sobat lakukan setiap seminggu sekali, tergantung kekeruhan dan kotoran yang ada.Akan tetapi jangan sampai mengganti air tersebut 100%, sobat bisa menggantinya hanya sekitar 30 - 40 % saja dari kadar PH air.

Biasanya juga sobat melengkapi aquarium satu jenis lampu, untuk menjaga kesehatan ikan arwana silver ini, ketika menyalakan lampu jangan sampai mendadak atau tiba-tiba. 
 
Makanan Arwana Silver Cara Merawat dan Kisaran Harganya
Cara sehat untuk pemberian pakan Arwana yaitu sehari cukup satu kali saja. Pakan yang baik bisa sobat sediakan berupa pakan alami seperti, jangkrik, katak (bukan kodok) , lipan, dan hewan-hewan kecil lainnya.

Karena jika sobat memberikan pakan terlalu sering, permukaan air maupun dalamnya akan cepat kotor yang disebabkan karena sisa makanan yang terlalu banyak dalam pemberian. Dengan Jenis ikan hias yang bisa dicampur dalam satu aquarium, sobat dapat memilih mana semua dan ikan apa aja yang memiliki sifat yang sama.

Gambar Serta Foto Ikan Arwana Silver, Kisaran Harga Dan Cara Merawatnya
 
Dari kesimpulan jenis ikan hias yang mudah di campur dalam satu aquarium, sobat bisa menyediakan jenis catfish, ikan palmas dan sapu sapu atau pleco yang ukuranya sama, serta ikan cicild yang kurang agresif. Yang mempunyai sifat tengah-tengah tidak pendamai dan juga tidak agresif.

Ikan arwan ini merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang berumur panjang, jadi hati-hati dalam merawatnya. Karena bisa juga akan menemani sobat sampai anaka cucu kelak.

Sekian dulu sedikit berbagi tentang Ikan Arwana Silver, Cara Merawat dan Kisaran Harganya ini, semoga bermanfaat dan bisa menambahkan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua dalam jenjang perawatan ikan arwana berukut. 


Baca juga: 
-Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara
-Bisnis Ikan Hias Hari Ini Untung Jutaan