--> Skip to main content

Ikan Mickey Mouse dan Cara Merawatnya

Ikan Mickey Mouse Infoikan.com Sudah tau perbedaan ikan mickey mouse jantan dan betina? atau ingin tau cara budidaya ikan mickey mouse? Siapa sih yang tidak tau mickey mouse, salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Ikan ini masih termasuk ikan hias kecil yang akan cantik jika dipelihara bersama satu kelompoknya.

Ikan mouse sendiri masih salah satu jenis ikan platy yang berukuran kecil cantik dan memiliki warna indah. Ciri khas ikan ini terdapat bulatan-bulatan dengan warna hitam pada bagian pangkal ekornya. Bagi Anda yang ingin memelihara ikan hias yang hingga saat ini populer dipasaran ikan mickey mouse, berikut cara merawatnya.

Ikan Mickey Mouse


Ikan Mickey Mouse dan Cara Merawatnya

Beberapa varian ikan hias mickey mouse yang dapat Anda ketahui contohnya seperti, merah oeange, emas pucat dan biru kebiruan. Dan lainnya semisal yang memiliki sirip panjang dan juga jenis mickey mouse pedang (memiliki ekor panjang).

Klasifikasi Ikan Mickey Mouse
mau tau cara merawat ikan mickey mouse, ketahui dulu yuk klasifikasinya dan juga asal ikan mickey ini.

Nama latin dan ilmiah ikan hias mickey mouse Xiphophorus maculatus, dengan sinonim memiliki nama Platypoecilus maculatus, Platypoecilus pulchra, Platypoecilus nigra, Poecilia maculata, Platypoecilus rubra. Salah satu dari keluarga ikan hias kecil cantik platy.

Golden moon platy, Moonfish, dan Mickey Mouse platy merupakan nama ikan mickey mouse dalam bahasa inggris. Serta masih dalam kategori keluarga Poeciliidae.

Asal mickey mouse ini dari perairan Amerika tengah dan Utara yaitu tepatnya di Ciudad Veracruz, pada kota daerah Amerika Tengah Meksiko ke Utara Belize.

Ikan Mickey Mouse
flickr.com


Cara Merawat Ikan Mickey Mouse
Lebih baiknya untuk memelihara dan merawat ikan mickey mouse ini dapat disediakan wadah aquarium dengan berukuran kecil-sedang dan bisa juga jenis aquascape bersama kelompoknya. Kecantikan dan keindahan ikan mickey mouse akan lebih mengagumkan jika substrat yang Anda buat dalam keadaan gelap. Karena ikan mickey mouse ini akan menyala.

Jangan lupa untuk melengkapi jenis tanaman hias aquascape yang cantik juga, karena ikan mickey mouse ini lebih menyukai tempat rindang berupa hiasan aquarium.

Usahakan juga untuk menyiapkan filter aquariumnya, hal ini untuk memberikan kenyamanan dalam menunjang keberlanjutan dan kesehatan ikan mickey mouse lebih terjamin lagi, terutama untuk kesehatan dan kebersihan air akuarium Anda.

Idealnya untuk suhu cara merawat ikan mickey mouse ini kisaran antara 64 - 77 F atau 18-25 derajat C. Untuk pH airnya dapat Anda sediakan kisaran antara 7,0 - 8,2 saja. 

Jika melihat fitur tubuh ikan mickey mouse ini merupakan jenis ikan hias pendamai, maka jik Anda ingin membuat tambahan ikan hias yang di taruh dalam satu wadah aquarium, usahakan yang memiliki sifat tidak agresif alias pendamai juga seperti, ikan guppy, ikan livebearing, ikan molly, dan ikan ekor pedang (swordtail)

Jenis ikan hias kecil ini jika dipelihara secara tepat, akan bertahan hidup dalam usia hingga 5 tahunan.

Jenis ikan hias tetra juga dapat Anda campurkan dalam satu wadah bersama ikan hias mickey mouse ini, seperti ikan cardinal tetra, ikan neon tetra, dan lainnya yang seukuran. Termasuk ikan corydoras sebagai ikan hias bagian bawah aquarium.

Ikan Mickey Mouse
riverreefaquatics.com

Jenis Pakan Berkualitas untuk Ikan Mickey Mouse

Kebiasaan di alam liar ikan hias mickey mouse ini lebih suka makan semacam cacing, serangga, dan vegetasi. 

Untuk Anda yang ingin melakukan budidaya ikan hias mickey mouse ini dapat menyediakan jenis pakan tersebut seperti di alamnya. Baik dalam aquarium maupun kolam hias. 

Atau bisa juga Anda langsung membeli pakan ikan mickey mouse ini pada petani budidaya ikan hias di tempat dimana dibeli ikan mickey mouse ini. kalau tidak biasanya di pasar ikan hias atau toko sudah menyediakan jenis pakannya.

Jika masih bingung dan ragu, ikan his mickey mouse ini sebetulnya jenis ikan bersifat omnivora, yang mana jenis pakan yang berkualitas yang Anda berikan pasti dimakan, seperti yang sudah umum yaitu kutu air, jentik nyamuk, cacing sutera, serta jenis pakan yang beku.

Ikan Mickey Mouse
einrichtungsbeispiele.de

Pakan pelet sangat direkomondasikan untuk merawat ikan mickey mouse ini, akan tetapi dapat Anda berikan dengan variasi pakan alami tadi yang banyak mengandung nutrisi dan vitamin untuk pertumbuhan dan kesehatannya.

Ikan Hias Mickey Mouse
pinterest.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar