Jenis Makanan Lobster Air Tawar Alami yang Bagus dan Cepat Besar

- 4:05:00 AM
Makanan Lobster Air Tawar infoikan.com Sudah tahu pakan lobster air tawar agar cepat besar? Atau ingin tahu cara memelihara lobster air tawar di aquarium?

Pertumbuhan lobster super cepat ditentukan oleh keberadaan oksigen terlarut yang tinggi di dalam air dan juga makanan yang bagus sebagai penentu.

Oksigen yang tinggi bisa memicu terjadiya pergantian kulit lobster. Setiap terjadi pergantian kulit, berat badan lobster akan bertambah, maksimum 50% dari berat badan semula. 

Berbeda dengan manusia yang memiliki kulit elastis, ketika bertambah besar, lobster mulai sesak sehingga harus segera diganti. 

Ketika berganti kulit itulah, berat badan lobster bertambah maksimum 50%. 

Sebenarnya, pemicu pergantian kulit lobster adalah pertumbuhan daging dan perubahan air serta jenis makanan.

Berikut beberapa nama makanan lobster air tawar alami cepat besar baik untuk warna merah maupun hitam dengan harga sangat murah di sekitar kita.

Makanan Lobster Air Tawar

Makanan Lobster Air Tawar


Proses ganti kulit di mulai saat lobster merasa kulitnya penuh sesak. Saat itulah proses penyerapan kalsium yang ada di dalam kulit, sehingga kulitnya menipis. 

Kalsium yang diserap itu di letakkan didalam lambungnya yang akan berbentuk kelereng terbelah dua atau di sebut dengan gastolite. 

Gastolite adalah lempengan kalsium yang disebut juga dengan inti kalsium. 

Setelah itu, mulailah kulit kepalanya merekah dan pelan - pelan daging lobster keluar dari rekaan kulit kepala dan kulit ekornya. Keluarnya daging tersebut berlangsung satu per satu. 

Lobster dapat meloloskan diri dari kulit itu di bantu oleh cairan yang melumasi dagingnya sehingga mudah keluar seperti mengeluarkan cincin dengan sabun. 

Proses selanjutnya pengerasan kulit membutuhkan waktu 1 - 2 hari dan gastolite akan di lebur atau di hancurkan kembali untuk membantu pengerasan kulit sehingga inti kalsium hanya di temukan ketika dia sedang ganti kulit. Setelah kulitnya keras, inti kalsium itu hilang. 

Baca juga:
Jenis Jenis Lobster Air Tawar yang Populer Dipelihara dan Konsumsi

Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam Terpal serta Merawatnya di Aquarium

Cara Merawat Lobster Air Tawar di Kolam

Makanan Lobster Air Tawar

Sebelum makanan lobster air tawar diberikan, perawatan di kolam terutama pergantian atau perubahan air yang terus - menerus menjadi pemicu terjadinya kulit pada lobster air tawar. 

Pergantian air yang demikian itu akan menyuplai oksigen terlarut dalam air cukup tinggi. 

Prinsipnya, untuk melakukan pergantian kulit diperlukan suplai oksigen tinggi, minimum sekitar 5 ppm. 

Semakin tinggi kandungan angka tersebut tentunya lebih kondusif bagia proses pergantian kulit lobster. 

Sebaliknya, jika jumlah oksigen dalam air terbatas atau kurang dari 5 ppm, lobster akan susah berganti kulit. 

Makanan Lobster Air Tawar yang Cocok dan Bagus

Makanan Lobster Air Tawar

Lobster adalah jenis hewan omnivora atau pemakan segala. Di alam, ia pakan apa saja di dasar kolam, danau, atau sungai. 

Makanan lobster air tawar meliputi, akar, dedaunan, daging, ikan, keong mas, bekicot, dan cacing. Karenanya, dalam budidaya lobster pakan alami seperti tauge, wortel, kangkung, bayam, buncis, kol, semua jenis sayuran, dan umbi-umbian seperti singkong, ubi merah, ubi putih juga bisa di berikan. 

Meskipun demikian, dalam teknik pembesaran lobster super cepat, pemberian pakan alami seperti tadi tidak di sarankan dilakukan secara terus - menerus. 

Pasalnya, pakan tersebut akan menimbulkan kotoran cukup banyak di dasar kolam  atau wadah pemeliharaan. 

Yang jelas, untuk mempercepat pertumbuhan pilihlah  makanan yang berpotein tinggi, karena akan membantu tubuh menyerap zat-zat yang bisa menjadi daging. Salah satu makanan berpotein tinggi adalah pelet lobster. Pakan jenis ini selain mengandung protein di atas 40%, juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. 

Pakan untuk lobster di berikan sebanyak 3% dari berat badannya per hari. Takaran pakan itu diberikan dua kali sehari, yakni pagi hari sebanyak 25% dan malam hari 75%. 

Dengan mengetahui semua jenis makanan lobster air tawar di atas, diharapkan sobat dapat menjadikan lobster berkembang cepat serta menciptakan usaha lagi dengan harag mahal di kolam terpal maupun kolam beton.
iklan disini akhir artikel...


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search