--> Skip to main content

Mencermati Pasar Gurame Berdasarkan Pengepul dan Konsumen

Pasar Gurame infoikan.com Sudah tahu pengepul ikan gurame? Atau ingin tahu 
harga ikan gurame?

Pasar Gurame

Prospek pasar gurami

Pasar Gurame


Sebagai ikan hasil budidaya, gurami banyak dipilih petani karena mampu berkembang biak secara alami dan relatif mudah dalam pembudidayaannya. 

Sementara itu, sebagai ikan konsumsi, gurami cukup banyak diminati masyarakat karena rasanya yang lezat dan gurih. 

Tak heran bila permintaan pasar akan gurami terus meningkat dengan harga cukup tinggi. 

Secara ekonomis, harga jual gurami selalu baik dan relatif stabil. Komoditas gurami dapat di terima dan diserap pada berbagai stadium, dari telur, benih, sampai ukuran konsumsi. 

Dengan demikian, praktis fluktuasi harga pasar relatif tidak berpengaruh terhadap harga komoditas gurami. Ringkasnya, bisnis gurami tetap menjanjikan dan prospektif. 

Tujuan pemasaran 

Pemasaran secara harfiah dapat di artikan sebagai salah satu proses sosial dan manajerial yang di lakukan oleh individu atau kelompok untuk memperoleh kebutuhan dan keinginannya dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. 

Dengan demikian, memasarkan gurami dapat disebut sebagai upaya sistematis yang dilakukan oleh para pelaku bisnis dalam memenuhi kebutuhan pasar akan ikan gurami. 

Tujuan pemasaran gurami sendiri dapat di bedakan menjadi dua, yakni tujuan pemasaran berdasarkan jenis komoditas dan tujuan pemasaran berdasarkan lokasi. 

Baca juga:
Bumbu Ikan Gurame Bakar Asam Manis Enak dan Lezat
Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar dan Panen Cepat
Manfaat Ikan Laut Segar untuk Kesehatan Otak Manusia

Umpan Ikan Gurame Liar, Kolam Harian dan Malam Hari

Tujuan pemasaran berdasarkan komoditas

Pasar Gurame

Pada dasarnya, usaha pemasaran komoditas gurami dapat di klasifikasikan menjadi tiga jenis, yakni usaha pemasaran komoditas telur, usaha pemasaran komoditas benih, dan usaha pemasaran komoditas gurami siap di konsumsi. 

Tujuan pemasaran berdasarkan lokasi

Tujuan pemasaran berdasarkan lokasi daerah tujuan dan lokasi antara lain meliputi pasar lokal, pasar antar pulau, dan pasar ekspor. 

Pasar lokal

Pasal lokal yang di maksud adalah kegiatan ekonomi atau transaksi jual beli antar desa dan antar kota. 

Dalam pasar lokasi, selera lokal terhadap suatu komoditas lebih banyak di tentukan oleh ketersediaan komoditas yang ada. Misalnya, petani gurami di wilayah jawa barat. 

Pasar antar pulau

Pasar Gurame

Pemasaran antar pulau merupakan prosestransaksi atau jual beli yang sudah melewati batas dataran atau pulau. 

Pasar antar pulau ini terbentuk akibat adanya kebutuhan terhadap suatu komoditas yang tidak tersedia secara lokal. 

Atau bisa juga komoditas yang di datangkan dari pulau lain lebih memiliki keunggulan komparatif ketimbang komoditas lokal. 

Misalnya, permintaan gurami asal bogor, jawa barat, untuk memenuhikebutuhan pasar lampung. 

Permintaan ini ,muncul karena ketersediaan komoditas gurami di lampung tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar setempat. 

Pola pemasaran ini sudah barang tentu memerlukan cara pengangkutan yang lebih kompleks dan relatif lebih mahal karena membutuhkan sarana transportasi penyeberangan laut atau udara. 

Untuk itu, proses pengankutan  antar pulau memerlukan teknik dan manajemen yang lebih baik di bandingkan dengan pemasaran lokal. 

Pasar ekspor

Pada prinsipnya, tujuan pemasaran untuk pasar ekspor hampir sama dengan tujuan pemasaran untuk pasar antar pulau. 


Hanya, komoditas yang di minta untuk kebutuhan ekspor, selain di sesuaikan dengan beberapa persyaratan standar yang telah di atur.  

Dengan demikian diharapkan sobat dapat memantau bagaimana perkembangan pasar gurame berjalan sesui minat konsumen demi mendapatkan keuntungan yang berjalan untuk usaha dan bisnis.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar