Mengenal Karakteristik Lobster Air Tawar Beserta Ciri Cirinya

- 4:02:00 PM
Lobster Air Tawar infoikan.com Sudah tahu ciri ciri lobster air laut? Atau ingin tahu ciri ciri hewan lobster?

Lobster air tawar biasanya hidup di danau, rawa, atau sungai air tawar yang terletak di kawasan perairan papua, papua nugini, dan australia.

Ciri khusus lobster 

Lobster Air Tawar

Umumnya tempat hidup lobster air tawar memiliki ciri-ciri khusus, seperti sungai yang tepinya dangkal dan bagian dasarnya terdiri atas campuran lumpur, pasir, dan batuan.

Di samping itu, lobster air tawar juga mudah di temukan di sungai atau danau yang banyak di tumbuhi tanaman air atau tumbuhan darat yang akar atau batangnya terendam air, sedangkan danaunya berada di atas permukaan air.

Suhu ideal untuk pertumbuhan lobster air tawar adalah 26-30 derajat c. Meskipun demikian, ia juga tahan hidup pada suhu 8 derajat c.

Beberapa daerah indonesia yang biasa di huni lobster air tawar adalah danau klarisifat dan sungai ayammoro di kabupaten wamena papua.

Kedua daerah tersebut setelah di teliti memiliki kandungan oksigen terlarut  02 3-5 ppm, karbondioksida 30-44 ppm, ph 6,7-7,8, suhu air 18-22 derajat c, salinitas 82-112 ppm caco 3, dan amonia kurag dari 1,2 ppm.

Sementara itu, perairan di australia yang juga di huni lobster air tawar memiliki kandungan oksigen terlarut 3-5 ppm, karbondioksida 50-60 ppm, ph 6,5-8,5, suhu air 24-30 derajat c, salinitas 100-120 ppm caco, dan amonia kurang dari 0,2-1,5 ppm.

Baca juga:
Makanan Asli Belut di Alam Bebas
Perkawinan Belut di Alam Bebas

Budidaya Belut dalam Kolam dan Drum

Lobster Air Tawar 

Lobster Air Tawar

Mengenal Klasifikasi Lobster Air Tawar
Lobster Air Tawar

Lobster air tawar termasuk dalam genus cherax, famili parastacidae, ordo decapoda, kelas malacostraca.

Subfilum crustacea, dan filum arthropoda. Beberapa internasionak lobster air tawar adalah crayfish, crawfish, dan crawdad.

Di dunia, terdapat tiga famili lobster air tawar, yakni famili astacidae, cambaridae, dan parastacidae.

Lobster air tawar dari famili astacidae dan cambaridae tersebar di belahan dunia bagian utara, sedangkan famili parastacidae menyebar di dunia bagian selatan, seperti australia, indonesia bagian timur, selandia baru, dan papua nugini.

Deskripsi lobster Air Tawar 

Lobster Air Tawar

Tubuh lobster air tawar terbagi menjadi dua bagian, yakni kepala dan perut. Antara kepala bagian depan dan belakang terdapat bagian yang dikenal dengan nama subhchepalothorax.

Sementara itu, cangkang yang menutupi kepala yang di sebut karapak yang berperan dalam melindungi organ tubuh, seperti otak, insang, hati, dan lambung.

Karapak berbahan zat tanduk atau kitin yang tebal dan merupakan nitrogen poliskarida yang di sekresikan oleh kulit epidemis dan dapat mengelupas saat terjadi pergantian cangkang tubuh.

Ciri Khas Lobster Air Tawar

Lobster Air Tawar

Ciri lain yang terdapat pada lobster air tawar adalah moncongnya hampir berbentuk segitiga pipih, lebar, dan terdapat duri di sekelilingnya.

Di habitat aslinya, lobster air tawar mencari makanan pada malam hari. Pakan lobster air tawar biasanya berupa biji-bijian, ubi-ubian, dan bangkai hewan. Lobster memangsa makanannya lewat beberapa tahapan kerja.

Di awali pendeteksian makanan menggunakan antena panjang yang terletak dikepala lobster. Jika sesuai seleranya, mangsa akan di tangkap menggunakan capit lobster yang kuat dan kokoh.

Selanjutnya, mangsa di serahkan pada kaki jalan pertama sebagai tangan untuk memegang mangsa yang siap dikonsumsi.

Lobster air tawar memiliki gigi halus yang terletak dipermukaan mulut, sehingga cara memakan mangsanya dengan cara sedikit demi sedikit.  
iklan disini akhir artikel...


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search