Mengenal Minyak Ikan dan Manfaatnya untuk Anak

Mengenal Minyak Ikan infoikan.com Minyak ikan bukanlah minyak yang digunakan untuk menggoreng ikan. Minyak ikan merupakan ekstra ikan laut yang kaya akan kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Minyak ikan banyak kita jumpai di kehidupan kita sekarang ini. Minyak ikan sudah bisa ditemukan dalam bentuk sirup yang di kemas menggunakan botol atau dalam bentuk soft gel. 

Lalu, apa yang membuat minyak ikan jadi begitu bermanfaat bagi kesehatan, minyak ikan berasal dari ikan yang hidup di lautan, khususnya ikan - ikan yang hidup diperairan yangdalam, seperti ikan tuna, ikan salmon dan lainnya. 

Biasanya, semakin dalam perairan tempat ikan tersebut hidup, maka kandungan omega 3 ikan tersebut semakin tinggi. 

Karena, ikan - ikan tersebut memakan plankton - plankton yang banyak mengandung omega 3. Plankton - plankton ini biasanya hidup diperairan yang dalam. 

Mengenal Minyak Ikan

Mengenal Minyak Ikan

Asam lemak yang terkandung pada minyak ikan, membuat minyak ikan memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Semakin panjang suatu jenis asam lemak dan jumlah ikatan rangkap pada rantai karbon penyusunnya maka semakin besar khasiatnya. 

Manfaat Minyak Ikan

Mengenal Minyak Ikan

Tetapi, khasiat ini bisa hilang ketika menyimpan minyak ikan tidak benar. Karena, minyak ikan sangat rentan dengan proses oksidasi lemak yang bisa merusak kualitas minyak ikan. 

Minyak ikan merupakan rantai yang tidak jenuh. Ketika minyak tersebut teroksidasi maka minyak ikan tersebut akan rusak dan kandungan yang dimiliki minyak ikan tersebut akan hilang.  

Minyak ikan memiliki banyak manfaat. Kandungan gizinya sangat komplet. Mulai dari EPA dan DHA sampai kandungan vitamin A, D, dan E. 

Proses Pembuatan Minyak Ikan

Mengenal Minyak Ikan

Minyak ikan terbuat dari ekstrak hati ikan. Padahal, hati ikan merupakan salah satu tempat menumpuknya zat - zat beracun. 

Apabila seseorang mengkonsumsi minyak ikan dalam jumlah yang cukup banyak maka dia bisa  keracunan vitamin A dan D  atau bisa disebut dengan hipervitaminosis.

Selain itu, mengkonsumsi minyak ikan dengan jumlah yang cukup banyak juga bisa memperlambat pengumpalan darah. 

Efek Negatif Mengkonsumsi Minyak Ikan

Mengenal Minyak Ikan

Akibatnya, bisa terjadi pendarahan pada saat terluka, operasi, atau mimisan yang berkkepanjangan dan sulit berhenti. 

Lalu, berapa takaran yang ideal untuk mengkonsumsi minyak ikan, dosisnya harus sesuai dengan berat badan si pengguna. Semakin besar berat badan maka semakin besar pula konsumsinya. 

Untuk lebih mudahnya, ikuti petunjuk penggunaan yang tertulis dikemasan minyak ikan atau mintalah saran dokter untuk penggunaan dosis yang tepat bagi anda yang memiliki alergi terhadap makanan laut. 

Mengenal Minyak Ikan dan Manfaatnya

Mengenal Minyak Ikan

Minyak ikan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Misalnya, orang yang tinggal di daerah kutub, seperti orang eskimo jarang sekali terkena serangan jantung koroner atau stroke. 

Mengapa demikian, banyak orang mengkonsumsiikan laut, semakin kecil resiko terkena penyakit jantung. 

Minyak ikan termasuk suplemen yang populer di masyarakat. Kebanyakan orang tua rajin memberikan minyak ikan kepada buah hatinya agar otak si buah hatinya berkembang dan menjadi cerdas. 

Manfaat Minyak Ikan untuk Bayi dan Balita

Minyak ikan membuat otak menjadi cerdas karena di dalam minyak ikan mengandung asam lemak linoleat yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh.

Asam lemak ini banyak memiliki khasiat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Sekitar 755 kandungan minyak ikan adalah asam lemak tidak jenuh ganda dan polyunsaturated fetty acid. 

Contoh fufa minyak ikan antara lain adalah asam linoleat, linoleat, asam eikosapentanoat atau yang lebih terkenal dengan sebutan  epa dan asam dokosaheksanoat yang terkenal dengan sebutan dha. 

Gabungan konfigurasi atom karbon epa dan dha ini yang dikenal dengan sebutan omega 3 sebagai zat yang membantu tumbuh kembangnya otak. 

Asam lemak tak jenuh pada minyak ikan memiliki manfaat yang lain diantaranya adalah membantu perkembangan indera penglihatan dan sistem kekebalan tubuh bagi bayi dan buah hati anda. 


Bahkan, bahwa mengkonsumsi omega 3 selama masa kehamilan akan meningkatkan pertumbuhan janin. 

Selesai sudah rangkuman mengenal minyak ikan dan manfaatnya untuk kita kenali sebelum mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat.
loading...

0 komentar