Panduan Lengkap Pembenihan Ikan Nila Sendiri Kolam Terpal Buatan

- 5:20:00 PM
Pembenihan Ikan Nila infoikan.com Sudah tahu cara membuat pembenihan ikan nila pdf? Atau ingin tahu cara pemijahan ikan nila di kolam terpal?

Langkah awal dalam membuka usaha budidaya ikan nila adalah mendapatkan benih atau bibit yang berkualitas untuk dijadikan lagi bakal akan datang.

Ada dua cara yakni dengan membuat benih sendiri dengan cara mengawinkan indukan nila, serta langsung saja membelinya di tempat penyedia benih atau bibit.

Bagi sobat yang memiliki modal cukup pastinya lebih memilih yang instan yaitu membelinya saja.

Akan tetapi, sebagian petani justru malah membuat bibit nila sendiri dengan niat membuaka usaha menjual bibit nila tersebut.

Berikut cara mudah melakukan pembenihan ikan nila menurut pengalaman para petani yang sudah berhasil menciptakan bibit super.

Pembenihan Ikan Nila

Pembenihan Ikan Nila


Seleksi induk

Pengelolaan induk dalam kegiatan usaha pembenihan mempunyai perang yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan, karena induk merupakan salah satu faktor utama yang akan menentukan  kualitas dan kuantitas benih yang dihasilkan. 

Jumlah induk ikan nila pada suatu area/kolam pemijahan ditentukan oleh induk jantan dan ukuran induk. 

Hal ini disebabkan sifat ikan nila memijah adalah dimana induk jantan akan membuat suatu daerah teritorial yang tidak boleh di ganggu ikan lain. 

Jumlah ikan betina umumnya lebih banyak dari pada ikan jantan agar mudah memberi kesempatan pada jantan untuk dapat menemukan betina yang matang gonad. 

Ikan nila yang ukurannya masih kecil belum menampakkan perbedaan alat kelamin. Setelah mencapai bobot 50 – 60 g perbedaan kelamin sudah mulai dapat terlihat. 

Perbedaan berdasarkan jenis kelaminnya, ikan nila jantan memiliki ukuran sisik yang lebih besar daripada ikan nila betina. 

Alat kelamin ikan nila jantan berupa tonjolan yang agak runcing yang berfungsi sebagai muara saluran urin dan saluran sperma yang terletak di depan anus. 

Jika di urut, perut ikan nila jantan akan mengeluarkan cairan bening sedangkan ikan nila betina mempunyai lubang genital terpisah dengn lubang saluran urin yang terletak di depan anus. 

Bentuk hidung dan rahang belakang ikan nila jantan melebar dan berwarna biru muda. 

Pada ikan betina, bentuk hidung dan rahang belakang agak lancip dan berwarna kuning terang. Sirip punggung dan sirip ekor ikan nila jantan berupa garis putus - putus. 

Keberhasilan usaha pembenihan ikan nila sangat di tentukan oleh kualitas induk, secara umum ciri - ciri induk yang baik adalah sebagai berikut. 

a. Mampu memproduksi benih dalam jumlah yang besar dengan kualitas tinggi
b. Pertumbuhannya sangat cepat
c. Sangat responsif terhadap makanan buatan yang diberikan
d. Resisten terhadap serangan hama, parasit dan penyakit
e. Dapat hidup dan tumbuh baik pada lingkungan perairan yang relatif buruk
f. Ukuran induk yang baik untuk dipijahkan yang 120-180 gram lebih per ekor dan berumur sekitar 4-5 bulan. 

Baca juga:
Jenis Jenis Ikan Nila dan Gambarnya Lengkap
Cara Membuat Kolam Ikan Nila Dari Dasar
Ini Dia Pakan Ikan Nila Supaya Cepat Besar

Pembenihan Ikan Nila - Pemeliharaan induk 

Pembenihan Ikan Nila

Kolam pemeliharaan induk

Kolam pemeliharaan induk merupakan kolam pemeliharaan calon induk atau induk yang dipijahkan hingga menjelang akan dipijahkan selain itu, kolam ini dapat di artikan sebagai kolam pematang gonad. 

Kolam pemeliharaan induk sangat penting disiapkan agar dapat telur berkualitas baik. 

Pembenihan Ikan Nila - Pemberian pakan induk

Pembenihan Ikan Nila

Pakan diberikan sebagai tambahan bagi induk maupun anakn ikan. Makanan pokok yang harus adalah pakan alami. 

Dalam pembenihan sistem tradisional, pakan tambahn berupa limbah pertanian, seperti bedak, bekatul, bungkil kacang tanah, dan ampas kelapa. 

Untuk pembenihan secara intensif, makanan tambahan berupa pelet dengan susunan bahan-bahan yang mengandung nilai gizi tinggi. 

Pakan tambahan induk-induk adalah pelet dengan kadar 30%, sedangkan untuk benih gelondongan besar berupa pelet dengan kadar protein 25%. 

Benih nilai yang kecil, pakan tambahannya hanya sedikit, yang utama adalah pakan alami. 

Kalau pakan tambahan lebih di utamakan yang lebih kecil, menyebabkan pertumbuhannya lambat dan banyak kematian. 

Pembenihan Ikan Nila - Kualitas air pemijahan 

Pembenihan Ikan Nila

Pada masa berpijah ikan nila membutuhkan suhu antara 22 – 27 derajat c. keadaan ph air antara 5 – 11 dapat di toleransi oleh ikan nila, ph optimal untuk perkembang biakan pertumbuhan ikan ini adalah 7 – 8. 

Pemijahan ikan Nila

Pembenihan Ikan Nila

Persiapan wadah pemijahan

Pada lokasi calon pembenihan tercepat sumber air yang memadai secara teknis, tersedia sepanjang tahun. 

Setidaknya, pada pemeliharaan benih, debit air yang dibutuhkan berkisar 0,5 liter/ekor. Nila dapat hidup pada suhu 25-30 derajat c. 

selain itu ikan nila juga hidup dalam perairan agak tenang dan kedalam yang cukup. 

Kolam pemijahan dapat dibuat berdinding beton kolam pemijahan nila yang berdasar tanah di sukai nila karena banyak di huni plankton dan tumbuhan air kecil yang menjadi pakan tambahan. 

Dasar kolam tanah juga memudahkan nila jantan membuat cekungan untuk memijah. Untuk kolam pemijahan, padat tebar di sarankan 1-3 ekor/m2. 

Satu paket induk berjumlah 400 ekor. Sistem paket diberlakukan untuk menekan laju penurunan mutu benih yang di hasilkan bila keturunannya dijadikan induk kembali setelah melalui seleksi ketat. 

Pembenihan Ikan Nila - Proses pemijahan

Pembenihan Ikan Nila

Ikan nila dapat berkembang biak secara optimal pada suhu 20 - 30 derajat c. 

Ikan nila bersifat mengerami telurnya didalam mulut sampai menetas kurang lebih 4 hari dan mengasuh larvanya 14 hari sampai larva dapat berenang bebas diperairan, mengerami telur dan mengasuh larva dilakukan oleh induk betina. Nila dapat dipijahkan setelah mencapai berat 100 gr/ekor. 

Penetasan telur Ikan Nila

Pembenihan Ikan Nila

Pada ikan nila yang telurnya akan di tetaskan pada corong penetasan harus di lakukan pemanenan telur. 

Pemanenan telur ikan nila ini dilakukan pada hari ke  9. pemanenan dilakukan dengan cara mengambil telur dari mulut induk betina ikan nila. 

Sebelum pemanenan terlebih dahulu permukaan air kolam diturunkan sampai ketinggian 10-20 cm. 

Pemijahan dilakukan di hapa, maka caranya adalah dengan menarik salah satu ujung hapa  ke salah satu sudut hapa. 

Dengan hati-hati untuk menghindari induk mengeluarkan telur. Karena induk ikan nila jika merasa dalam bahaya atau terdesak akan mengeluarkan telur di sembarang tempat. 

Hal ini akan menyulitkan dalam mengumpulkan telur ikan nila.

Sekira itu dulu sobat ringkasan singkat cara pembeniha ikan nila dilakukan sendiri dengan indukan super di kolam terpal dalam rumah yang dapat Anda coba. Semoga bermanafaat dan selamat mencoba.
iklan disini akhir artikel...


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search