Perbedaan Belut dan Sidat Berdasarkan Siklus Hidupnya

- 4:43:00 PM
Perbedaan Belut dan Sidat infoikan.com Sudah tahu perbedaan sidat dan pelus? Atau ingin tahu perbedaan belut dan lindung?

Belut dan sidat merupakan jenis ikan konsumsi yang masih populer dicari, apalagi harga belut dan sidat sekarang naik turun, akan menjadi keuntungan tersendiri olehpetani.

Sebagian dari hobiis malah ada yang memelihara belut dan sidat dijadikan sebagai ikan hias, hal ini karena beredarnya penemuan gambar sidat raksasa di luar negeri.

Ngomongin sidat dan belut dari namanya saja sudah kelihatan berbeda, namun kenyataannya sungguh diluar dugaan.

Karena dengan melihat bentuk ukuran tubuh dan juga warna, perbedaan belut dan sidat hampir tak kelihatan. Lebih detailnya, yuk lanjut baca berikut.

Perbedaan Belut dan Sidat

Perbedaan Belut dan Sidat

Siklus Hidup Belut

Perbedaan Belut dan Sidat

Belut termasuk hewan hermaprodit atau berkelamin ganda, sehingga hewan ini mampu melakukan pergantian kelamin. 

Umumnya setiap belut muda adalah betina. Belut akan berubah kelamin menjadi jantan ketika telah mencapai dewasa. 

Setipa belut jantan dapat berubah kembali menjadi belut betina ketika populasi belut betina hanya sedikit. 

Pada ukuran 20-30 cm biasanya masih betina, tetapi ketika mencapai ukuran 40 cm lebih biasanya belut telah menjadi jantan. 

Ovarium belut terletak memanjang didalam rongga badan. Ovarium biasanya berjumlah sepasang yang masing-masing berada di kiri dan kanan antara gelembung renang dan usus. 

Sementara itu, testis belut berbentuk memanjang dalam rongga tubuh di bawah gelembung renang dan di atas usus. 

Belut mampu berkembang biak setiap tahun. Masa perkawinannya sangat panjang, yaitu mulai musim hujan hingga  permulaan musim kemarau (sekitar 4-5 bulan). 

Baca juga:
Makanan Asli Belut di Alam Bebas
Perkawinan Belut di Alam Bebas
Cara Budidaya Belut dalam Kolam dan Drum

Perkawinan belut umumnya terlihat ketika belut jantan berbondong ramai-ramai berenang ke berbagai penjuru, ke arah tepian yang lebih dangkal. 

Telur-telur yang dihasilkan dari perkawinan belut jantan dan betina di letakkan disarang yang berada di permukaan air dan terlihat seperti buih. Telur-telur di alam akan menetes setelah 9-10 hari. 

Namun,  pada kolam pendederan dan pemijahan telur-telur belut biasanya akan menetas dalam waktu 12-14 hari. 

Saat baru menetas, anak belut berwarna kuning setelah itu, pelan-pelan berubah menjadi kuning kecoklatan dan selanjutnya menjadi coklat muda setelah berumur 15 hari, anak-anak belut sudah bisa berenang sendiri dan meninggalkan sarang penetasan. 

Siklus Hidup Sidat 

Perbedaan Belut dan Sidat
Perjalanan hidup sidat sejatinya lebih lama di bandingkan dengan belut. Sidat dewasa biasanya berada di hulu  sungai atau danau. 

Namun, saat sudah matang gonad, sidat akan bermigrasi ke laut untuk memijah hingga kedalaman lebih dari 6000 m dpl. 

Induk sidat akan berpuasa dalam migrasinya hingga selesai proses pemijahan. 
Telur-telur hasil pemijahan induk sidat akan menetas menjadi larva. Larva sidat berbentuk seperti daun, berwarna bening, dan transparan. 

Setelah mencapai pantai dalam kurun waktu satu sampai tiga tahun, larva sidat akan menjadi glass eel. Pada masa ini bibit sidat memiliki panjang rata-rata 5-7 cm dan bobot sekitar 0,17-0,21 gram. 

Glass eel yang mencapai muara akan hidup di rawa-rawa, hulu sungai, danau, atau perairan payau. 

Fase perubahan glass eel menjadi lebih dewasa di tandai dengan perubahan warna tubuh dari bening menjadi kunig kecoklatan, kehijauan, atau kehitaman tergantung pada jenis spesiesnya. Pada masa tersebut, bibit sidat dapat memiliki panjang 9-11 cm dan bobot 2,8-3,2 gram. 


Tahap selanjutnya di sebut fingerling dengan panjang tubuh sekitar 40 cm. Fingerling kemudian tumbuh mnjadi sidat dewasa dengan panjang tubuh dapat mencapai 80 cm hingga satu meter lebih.  

Dengan adanya perbedaan belut dan sidat di atas yang diambil dari survey dimana mereka hidup ini, maka seyogyanya Anda dapat mengelolanya lebih berhasil.
iklan disini akhir artikel...


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search