Hama dan Penyakit Lobster Air Tawar serta Cara Mengatasinya

Penyakit Lobster Air Tawar infoikan.com Meskipun lobster air tawar termasuk tahan terhadap serangan hama dan penyakit karena kulitnya yang keras dan tebal, tetapi kewaspadaan tetap saja diperlukan. 

Pasalnya, penyakit yang sebelumnya menyerang ikan air tawar, serangan juga ikut - ikutan menyerang lobster. 

Sebagai pemelihara dan juga pembudidaya jangan sampai hanya berpangku tangan melihat jenis penyakit yang menyerang ikan kita.

Dari sinilah  kita harus lebih jeli terhadap perubahan fisik lobster sekecil apapun, karena jika dibiarkan begitu saja jika penyakit ini menular akan lebih berbahaya.

Beberapa jenis penyakit lobster air tawar yang sering menyerang lobster dan menyebabkan kematian adalah sebagai berikut.

Penyakit Lobster Air Tawar

Penyakit Lobster Air Tawar

Penyakit Lobster Saprolegnia adan achyla

Kedua patogen ini menyerang jaringan luar lobster yang lukan dan menyerang telurnya. Mereka dapat menghambat pernapasan lobster sehingga telur akan mati dan tidak menetas. 

Tanda atau ciri - ciri lobster terserang penyakit adalah pada tubuhnya di tumbuhi sekumpulan benang halus seperti kapas. 

Cendawan ini menyebabkan nafsu makan lobster menurun dan akhirnya mati. Cara mengatasi saprolegnia sp adalah dengan merendam lobster  Cara lain adalah dengan mengolesi lobster menggunakan kalium permanganat 10 ppm.  

Baca juga:
Jenis Jenis Lobster Air Tawar yang Populer Dipelihara dan Konsumsi
Jenis Makanan Lobster Air Tawar Alami yang Bagus dan Cepat Besar
Cara Merawat Lobster Air Tawar di Akuarium dan Kolam Beton serta Bak Fiber

Penyakit Lobster Cacing jangkar

Penyakit Lobster Air Tawar

Cacing lernea cyprinacea dan lernea carasii menembus jaringan tubuh dengan kaitnya yang menyerupai jangkar. Bagian insang pada lobster yang terjangkit tampak dihuni cacing dan terdapat cairan atau lendir yang memanjang. 

Akibatnya, lobster kekurangan darah, kehilangan bobot tubuh, dan kemudian mati. Cacing jangkar dapat di atasi dengan merendam lobster yang terinfeksi kedalam larutan garam selama 10-20 menit. 

Penyakit Lobster Air Tawar Argulus foliaceus 

Penyakit Lobster Air Tawar

Serangan predator argulus pada lobster ditandai dengan adanya bintik merah pada tubuh. 

Racun argulus ini menyebabkan kematian pada lobster akibat anemia dan kehilangan banyak darah. 

Racun yang melukai kulit bisa mengandung infeksi  saprolegnia yang semakin menambah penderitaan lobster. 

Penyakit ini bisa di atasi dengan merendam lobster dalam 1 militer lyson yang di larutkan dalam 5 liter air selama 15-60 detik. 

Setelah itu, rendam lobster kedalam sodium permanganat sebanyak 1 gram yang dilarutkan kedalam 100 liter air selama 1,5 jam. 

Pemberian neguvon, masoten, dan lindane dilakukan jika serangan telah mencapai stadium puncak karena ketiganya bersifat racun yang justru bisa membahayakan lobster. 


Tidak ada salahnya juga, hama seperti tikus air, burung laut, dan kucing juga harus diwaspadai. 

Dengan ringkasan jenis dan nama penyakit lobster air tawar di atas, diharapkan jika memeliharanya lebih hati - hati lagi, baik di aquarium maupun kolam terpal dalam rumah.
loading...

0 komentar