Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam Terpal serta Merawatnya di Aquarium

Budidaya Lobster Air Tawar infoikan.com Sudah tahu budidaya lobster air tawar di aquarium? Atau ingin tahu budidaya lobster air tawar di kolam terpal?

Pembesaran lobster air tawar bertujuan untuk mendapatkan lobster dewasa yang siap dikonsumsi, untuk mendapatkan indukan, dan untuk dijadikan lobster hias. Prinsip pembesaran semua tujuan tersebut. 

Perlu diingat, faktor yang paling menentukan agar lobster bisa tumbuh dengan cepat adalah keberadaan oksigen terlarut dalam air. 

Oksigen dibutuhkan dalam jumlah besar agar lobster agar bisa mengolah makanan menjadi daging. 

Jika jumlah oksigen minim, makanan lobster air tawar yang di olah sedikit sehingga daging lobster tidak bertambah. Berikut tahapan budidaya lobster air tawar yang baik.

Budidaya Lobster Air Tawar

Budidaya Lobster Air Tawar


Cara Ternak Lobster Air Tawar - Menyediakan Benih atau Bibit
Benih pembesaran bisa di peroleh dari kolam pembenihan sendiri atau membeli ke pedagang benih. 

Jika terpaksa membeli dari pihak lain, pilihlah benih yang berasal dari keturunan yang bagus harga benih murah. 

Ciri Bibit Lobster Air Tawar yang Bagus

Budidaya Lobster Air Tawar

Jika terpaksa membeli benih di pasar, pilihlah benih ukuran 2 inci yng capitnya belum bercak merah. Benih tersebut baru berumur dua bulan. 

Jika melihat benih ukuran 2 inci tetapi sudah keluar cepat merahnya, berarti umur benih itu sudah 3 - 4 bulan tetapi tubuhnya kuntet sehingga benih seperti itu sebaiknya dipilih. 

Memilih benih berukuran 2 inci juga bisa menghindarkan benih tersebut dari santapan predator. 

Tidak perlu khawatir membeli benih yang capit, sungut, atau kakinya buntung karena ketika terjadi pergantian kulit, bagian tubuh lobster itu akan tumbuh kembali seperti sediakala. 

Dalam pembesaran, pilih benih yang berjenis kelamin jantan saja karena pertumbuhannya lebih cepat daripada yang betina. 

Apalagi ketika memasuki tahap pembesaran, energi yang dimiliki lobster betina tidak hanya untuk membesarkan  dagingnya, tetapi juga untuk memelihara telurnya. 

Cara Memelihara Lobster Air Tawar

Budidaya Lobster Air Tawar

Tahapan selanjutnya budidaya lobster air tawar sebelum benih terpilih dimasukkan atau ditebarkan, siapkan wadah untuk pembesaran, bisa berupa kolam semen, bak fiber, bisa juga kolam tanah. 

Yang terpenting adalah wadah tersebut bisa menampung air dan tidak mudah dirusak oleh lobster. Sebaiknya tinggi air  dalam wadah pembesaran minimal 60 cm, sehingga wadah itu tidak perlu di beri penutup.

Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam Terpal

Budidaya Lobster Air Tawar

Wadah pembesaran juga bisa dipilih dan tingginya 40 cm dan tinggi airnya 30 cm tetapi wadah itu harus di beri penutup. 

Jenis penutup yang  digunakan bisa berupa asbes. Jika media pembesaran kolam semen sebagian atas kolam tersebut sebaiknya di aci atau keramik, atau paling tidak 10 - 20 cm bagian atas dari wadah pembesaran harus di buat licin. 

Untuk kolam tanah, bagian pinggirnya harus di beri pagar dari karpet talang air. 

Selan itu, selang masuknya air atau kabel listrik sebaiknya di masukkan ke dalam pipa paralon agra tidak di jadikan sebagai tempat memanjat lobster. 
Selain itu, di lakukan agar lobster agar tidak naik dari kolam pembesaran. 

Baca juga:
Panduan Lengkap Budidaya Udang Windu
Jenis-Jenis Udang Potensial Dibudidayakan

Mengenal Udang Vannamei yang Tahan Penyakit

Cara Memelihara Lobster Air Tawar di Aquarium

Budidaya Lobster Air Tawar

Setelah itu, masukkan tempat persembunyian, misalnya pipa paralon ke dalam wadah pembesaran. 

Sebaiknya, pipa - pipa paralon sebagai tempat persembunyian itu di gabung atau di ikat. Tujuannya adalah agar pemindahan jika sewaktu - waktu diperlukan. 

Setelah itu, masukkan benih lobster air tawar ke dalam media pembesaran dengan kepadatan 10 ekor per meter.

Makanan Lobster Air Tawar

Budidaya Lobster Air Tawar

Lobster adalah jenis hewan omnivora atau pemakan segala. Di habitat aslinya, hewan bercapit ini makan apa saja di dasar kolam, danau dan sungai. 

Makanan budidaya lobster air tawar meliputi, akar, daun, daging, ikan, dan cacing. Lobster juga bisa di beri tauge, wortel, kangkung, bayam, buncis, kol, dan semua jenis sayuran. 

Umbi - umbian seperti singkong, ubi merah, ubi putih juga bisa di santapnya. Sebaiknya, makanan untuk lobster diberikan dalam mentah baik itu sayuran atau daging. 

Makanan yang matang biasanya akan terlalu lembek. Lobster makan di dasar kolam, sehingga makanan harus di tenggelamkan  ke dasar kolam. 

Makanan yang biasanya mengambang di kolam perlu di celupkan terlebih dulu ke air panas agar bisa tenggelam. 

Sebelum diberikan kepada lobster, sayuran, ubi-ubian sebaiknya di cacah atau di parut dulu. 

Parutan lebih baik di bentuk memanjang seperti mie daripada pendek dan kecil karena lobster akan memakan sayuran itu sedikit demi sedikit dan lobster yang lain juga bisa ikut memakannya. 

Jika bentu potonganya pendek, sisanya sulit di makan oleh lobster lain. Segala macam daging bisa diberikan pada lobster air tawar, seperti daging ikan, ayam, atau daging kambing. 

Jenis Makanan yang Baik untuk Lobster Air Tawar

Budidaya Lobster Air Tawar

Jika sobat budidaya lobster air tawar sediakan pakan lain yang yang cukup bagus diberikan pada lobster adalah daging keong mas karena berprotein tinggi dan harganya murah. 

Cacing sutra, cacing beku, cacing tanah, atau cacing gelang juga bisa di berikan. Namun, jika cacing sutra atau cacing tanah di berikan harus ada perlakuan khusus. 

Ketika baru di ambil dari sungai atau baru di beli dari pedagang harus di endapkan terlebih dahulu selama satu hari di air yang mengalir. 

Tujuannya agar cacing membuang kotoran didalam perutnya, sehingga yang tersisa hanya dagingnya. 

Kalau tidak diendapkan, lobster akan makan daging bersama kotoran didalam perutnya. Hal ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian pada lobster. 

Sebaiknya anakan lobster di beri cacing sutra atau pelet cacing saat pembesaran, sedangkan untuk indukan lebih cocok di beri cacing tanah. 

Jika kesulitan mendapatkan cacing sutra, anda bisa menggantikannya dengan cacing beku. 

Budidaya Lobster Air Tawar - Makanan Tambahan

Budidaya Lobster Air Tawar

Pilihlah  pelet khusus untuk lobster karena kandunga gizinya lengkap, baik protein, serat, maupun kalsium. 

Jadi semua  faktor penting untuk pertumbuhan lobster sudah terdapat dalam pelet tersebut. 

Pelet lobster ini diberikan untuk lobster yang sudah dewasa. Saat ini pelet lobster sudah dijual bebas dan bisa dijumpaidengan mudah di agen - agen pakan ikan dimana saja. 

Cara Pemberian Pakan Lobster Air Tawar

Budidaya Lobster Air Tawar

Dalam sehari,  pakan di berikan sebanyak  3% dari berat badan lobster. Pakan tersebut diberikan dua kali sehari, yakni pagi hari pukul 07.00 - 10.00 sebanyak 25% dan sore hari pada pukul 17.00- sebanyak 75%. 

Persentase pemberian pakan malam lebih banyak karena lobster termasuk hewan nactural yang aktif makan pada malam hari. Biasanya lobster mulai aktif beraktivitas pada pukul 18.00-19.00. 

Ada kesulitan besar jika setiap memberi pakan harus menimbang terlebih dulu berat setiap hari atau setiap minggu. 

Karenanya, di kolam-kolam yang tidak terlalu dalam, pemberian jumlah pakannya dapat diperkirakan dengan cara melihat langsung ada tidaknya sisa makanan dikolam. 

Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam Tanah

Budidaya Lobster Air Tawar

Jika menggunakan kolam tanah atau kolam yang dalam, gunakan anco untuk memberi pakan lobster air tawar. 

Anco tersebut ditahan dengan tali dan dikaitkan pada kayu. Sebelum diturunkan ke dalam kolam, anco diberi pelet terlebih dulu.

Kolam yang luas bisa menggunakan 4-8 anco disetiap pojok kolam.   

Nah,.itulah beberapa tahapan cara budidaya lobster air tawar baik di kolam tembok maupun dalam aquarium dengan makanan alami dan pellet cepat besar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
loading...

0 komentar