Manfaat Ikan Laut Segar untuk Kesehatan Otak Manusia

- 4:23:00 PM
Manfaat Ikan infoikan.com Sudah tahu manfaat ikan bagi kehidupan manusia? Atau ingin tahu manfaat ikan bagi lingkungan?

Manfaat Ikan

Manfaat  Ikan Gabus

Ikan gabus atau dalam bahasa ilmiyah disebut channa striata merupaka sejenis ikan buas yang hidup di dalam air tawar dan ikan ini bisa juga hidup di rawa-rawa. 

Rupaya yang jelek dan baunya yang amis sehingga banyak orang yang tidak menyukainya. Tetapi, dari segi rasa, ikan ini enak dan lezat. 

Ikan ini mudah di dapat. Di pasar tradisional maupun pasar modern. Ternyata ikan gabus memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. 

Dalam penelitiannya, ikan gabus bisa di gunakan untuk mempercepat penyembuhan berbagai penyakit. 

Ide penelitian tersebut berawal dari kebiasaan dari masyarakat sulawesi selatan menyguhkan ikan gabus jika ada yang sakit.

Mereka menyakini ikan gabus bahwa memiliki manfaat yang sangat besar. Selain itu, ia pun bersama rekan-rekanya menguji pasien mereka. 

Setelah pasien mereka mengkonsumsi ikan gabus, efeknya sangat luar biasa. 

Kadar albumin pasien meningkat sehingga manfaat ikan terutama kesehatannya berangsur - angsur membaik dan lebih cepat.
Manfaat Ikan


Antara 10-14 hari kadar albumin pasien bisa meningkat antara 0,6-0,8. 
Berikut adalah kandungan nilai gizi yang terdapat pada ikan gabus,

Energi 80 kcal
Karbohidrat 2,6 g
Protein 16,2 mg
Lemak 0,5 g
Kalsium 170 mg
Fosfor 139 mg
Besi 0,1 mg
Kalium 254 mg
Vitamin A 335 MG
Baca juga:
Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Besar Hasil Melimpah

Manfaat Makan Ikan Gabus untuk Kesehatan Secara Umum

Manfaat  Ikan Gabus untuk Kesehatan Anak

Bagi anak  anda yang mengalami demam, coba berikan ikan gabus memiliki manfaat yang cukup tinggi. 

Apabila buah hati anda tidak menyukainya, anda bisa mengolahnya dengan cara yang lebih kreatif agar bau amis yang terdapat pada ikan gabus tidak tercium. 

Untuk konsumsi sehari – hari pun bisa anda berikan kepada buah hati anda karena kandungan vitamin A  yang tinggimampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga ketika anak anda mengkonsumsi ikan gabus dengan takaran yang sudah di anjurkan maka, bisa meningkatkan kekebalan tubuhnya dan anak anda akan tumbuh sehat dan jarang sakit.  

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Ikan

Masyarakat indonesia memang belum banyak mengenal ikan salmon. Namun, salmon boleh di bilang adalah ikan paling favorit di kalangan mereka. 

Selain cita rasanya yang sangat lezat, paduan warna dagingnya juga menarik yaitu merah muda dan orange. 

Sebenarnya ikan salmon tergolong jenis ikan laut. Namun, setelah musim kawin usai, salmon betina harus pergi ke sungai sekedar untuk bertelur. Berikut adalah mengenai kandungan gizi ikan salmon. 

Energi 142 kcal
Air 68,50 g
Protein 19,84 g
Lemak 6,34 g
Kolestrol 55 g
Kalsium 12 g
Besi 0,80 g
Riboflavin 0,380 mg
Niacin 7,860 mg

Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

Ikan salmon adalah salah satu ikan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Ikan ini juga istimewa karena menyantap ikan-ikan kecil yang makan rumput laut. 

Rumput laut inilah uyang mendorong omega yang ampuh mencegah terjadinya pengumpalan darah, menurunkan kolestrol, dan melindungi sel-sel otak dari penyakit penuaan. 

Ikan salmon juga kaya akan kandungan protein dan antioksidan co-enzyme Q10 untuk mencegah penyakit jantung, depresi, dan mengoptimalkan kerja otak dan penglihatan pada bayi dan anak-anak. 

Omega pada salmon ini juga mampu meningkatkan level serotonim, unsur kimia pada otak yang membuat kita merasa senang dan gembira. 

Kandungan antioksidan pada ikan salmon akan membuat vitamin c dan e bekerja lama sehinggamampu meningkatkan kesehatan mata dan kulit. 

Sumber protein memang terdapat pada ikan salmon yang di butuhkan untuk membuat seluruh sel, kulit, rambut, mata, otot, dan organ-organ lainnya. 

Kandungan lemak sehat, yaitu omega 3 mampu meningkatkan HDL  untuk menurunkan efek negatif dari kolestrol LDL. 

Dengan melihat kandungan gizi yang dimiliki oleh ikan salmon di atas, sebisa mungkin suguhkan ikan salmon kepada anak anda secara rutin, dalam satu atau dua bulan sekali. 

Bahkan bila memungkinkan berikan pada buah hati anda secara rutin dalam waktu satu atau dua minggu sekali atau lebih sering lagi. 

Manfaat Ikan Tuna

Manfaat Ikan

Salah satu jenis ikan yang banyak di minati baik di pasar lokal maupun internasional adalah mata ikan tuna

Ikan tuna dalam bahasa latin dikenal dengan thunnus sp dan dalam bahasa inggrisnya dikenal dengan skipjack. 

Ikan tuna memiliki darah penyebaran sangat luas atau hampir di semua daerah tropis dan subtropis. 

Tingginya nilai jual tuna di sebabkan karena rasanya yng lezat dan banyak mengandung zat gizi yang mampu menyehatkan bagi segala usia. 

Tidak seperti jenis ikan laut lainnya yang berdaging putih, tuna memiliki daging berwarna  merah muda dan merah tua karena jaringan ototnya berkapasitas oksigen lebih tinggi daripada spesies ikan lainnya. 

Posisi perairan di indonesia yang sangat strategis terletak di antara samudra hindia dan pasifik merupakan tempat perlintasan ikan tuna dalam pengembaraan jarak jauhnya. 

Tuna termasuk perenang cepat dan kuat di antara ikan-ikan yang berangka tulang. 
Berikut adalah nilai gizi yang terdapat pada ikan tuna. 
Energi 144 kcal
Air 68,09 g
Protein 23,33 g
Lemak 4,90 g
Kolestrol 38 g
Besi 1,02 g
Riboflavin 0,251 g
Niacin 8,654 g

Manfaat Ikan Tuna

Kandungan gizi pada tunna sangat baik. Kandungan omega 3-nya mampu membuat tuna memiliki seribu satu manfaat bagi kesehatan tubuh terutama bagi anak - anak. 

Protein daging putih yang terdapat pada tuna lebih tinggi daripada daging merahnya. Namun sebaliknya, kadar lemak daging putih tuna lebih rendah dari daging merahnya. 

Meskipun tuna mengandung kolestrol, namun kadarnya sangat rendah daripada makanan hewani lainnya. 

Sebagai salah satu komoditas laut, tuna kaya akan asam lemak omega 3 EPA dan DHA. 

Kandungan omega 3-nya lebih tinggi daripada ikan tawar. Konsumsi ikan 30 kg sehari bisa mereduksi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 50%. 

Asam lemak omega 3-nya juga memiliki peranan penting untuk prose pertumbuhan sel - sel saraf, termasuk sel otak sehingga bisa meningkatkan kecerdasan terutama pada anak-anak yang sedang mengalami proses pertumbuhan. 

Manfaat Ikan Tuna untuk Kesehatan

Manfaat Ikan

Omega 3-nya diketahui bisa memperbaiki DNA. 
Ikan tuna juga kaya berbagai mineral penting yang esensial bagi tubuh. 
Kandungan iodium pada ikan tuna mencapai 28 kali iodium pada ikan air tawar. 

Iodium berperan penting untuk mencegah penyakit gondok dan meningkatkan kecerdasan anak. 

Ikan tuna juga kaya akan selenium. Selenium ini memiliki peranan penting didalam tubuh, yaitu mengaktifkan enzim antioksidan dan glutathione peraxidase. 

Enzim ini bisa melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Tuna juga mengandung kalium dan natrium, ikan tuna baik bagi jantung.

Ikan tuna juga mengandung vitamin yang sangat baik untuk pemeliharaan sel epitel, peningkatan imunitas tubuh, pertumbuhan, penglihatan, dan reproduksi.  

Manfaat Ikan Teri

Manfaat Ikan

Ikan teri merupakan salah satu ikan favorit karena mulai dari kepala, daging, sampai tulangnya bisa langsung dikonsumsi. 

Teri sejak lama dikenal oleh masyarakat indonesia sebagai lauk  sehari – hari karena mudah diperoleh dan bisa dimasak berbagai menu. 

Ciri - ciri ikan teri adalah badan silindris, bbagian perut membula, kepala pendek, moncong tampak jelas dan runcing, anal sirip dubur sedikit di belakang dan warna tubuh pucat. 

Jnis-jenis yang banyak di indonesia adalah teri nasi, teri japuh, dan jengki atau kadrak. 

Salah satu keistimewaan ikan teri di bandingkan dengan lainnya adalah bentuk tubuhnya kecil sehingga mudah dan praktis di konsumsi oleh semua umur. 

Protein 33,4 g
Lemak, 3,0 gr
Zat besi 3,6 mg
Energi 77kcal 
Kalsium 500 mg
Fosfor 500 mg

Manfaat Ikan Teri untuk Kesehatan

Kalsium selain membantu mencapai massa tulang yang optimal yang mencegah patah tulang, juga membantu pembentukan dan pemeliharaan gigi. 

Sedangkan pada ikan teri terdapat kalsium yang sangat banyak. Ikan teri merupakan salah satu sumber kalsium yang murah harganya dan mudah didapat sehingga bisa di jangkau seluruh kalangan, 
Berdasarkan nutry surfey indonesia, kandungan kalsium ikan teri jauh lebih tinggi dari susu. 

Kalsium dari ikan teri bisa bermanfaat jika tubuh mengkonsumsi secara langsung. 

Masalahnya, didalam tubuh, kalsium bekerja sama dengan laktosa dan vitamin D pembentukan massa tulang dan dengan kalium untuk menurunkan darah  tinggi. 

Hal ini terjadi karena cara mengkonsumsi ikan teri di makan bersamaan dengan tulangnya. 

Oleh karena itu, perbanyaklah buah hati anda mengkonsumsi ikan teri, selain kandungan proteinnya tinggi, kandungan kalsium nya sangat tinggi. Hal ini menunjang pertumbuhan mereka agar lebih baik. 

Dan lebih optimal. Semasa pertumbuhannya,  mereka membutuhkan asupan gizi yang mencukupi kebutuhan tubuh mereka. Jadi jangan pernah menganggap remeh teri yang kebanyakan di konsumsi oleh mereka yang hanya memiliki penghasilan. 

Makan ikan teri tidak memandang darimana kalangan mereka. Berapa penghasilan mereka dan anggapan mereka mengenai ikan teri si kecil imut-imut ini.   

Manfaat Ikan Patin

Manfaat Ikan

Ikan patin atau pangasius sutchi f, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Dengan rasa yang lezat dan kandungan gizi yang tinggi merupakan ikan komoditas andalan. 

Secara teknis, pemeliharaan ikan ini tidak sulit bahkan cenderung mudah sehingga bisa di budidayakan oleh semua orang. 

Berikut adalah kandungan nilai gizi yang terdapat pada ikan patin. 
Energi 132 kcal
Karbohidrat 1,1 g
Protein 17 g
Lemak 6,6 g
Kalsium 31 mg
Fosfor 173 mg
Besi 1,6 mg
Kalium 346 

Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan

Ikan patin merupakan sejenis ikan air tawar, berbadan panjang berwarna putih perak dengan punggung berwarna kebiru-biruan.

Patin dikenal sebagai komoditi yang memiliki prospek yang cerah, mulut terletak diujung kepala agak disebelah bawah. 

Pada sudut mulutnya terdapat dua pasang kumis pendek yang berfungsi sebagai peraba. 

Ikan patin memiliki kandungan protein yang tinggi yang berfungsi membantu pertumbuhan sel otak. 

Meskipun kandungan lemak pada ikan patin cukup tinggi, tetapi hal tersebut tidak begitu berpengaruh karena lemak sangat di butuhkan oleh tubuh ketika beraktivitas. 

Tubuh membutuhkan lemak untuk di bakar dan di ubah menjadi energi. 
Oleh karena itu, apabila asupan lemak kurang, maka akan berakibat pada kekurangnya tenaga. 

Tetapi, tidak boleh berlebih karena lemak bisa menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah. 

Jadi, apabila anda ingin menyajikannya pada buah hati anda, berikan sesuai dengan takaran yang dibutuhkan oleh mereka. 

Manfaat Ikan Lele

Manfaat Ikan

Lele merupakan ikan besar dari famili chlaridaeyang memiliki ciri-ciri kepala lebardan pipih. 

Badan panjang dengan sirip yang juga memanjang dipunggung dan dibagian perut hingga anal. Lele memiliki variasi warna yang banyak mulai dari hitam, abu-abu, dan cokelat. 

Lele memiliki julukan di antaranya adalah walking fish karena dalam kondisi yang tidak menyenangkan, lele memiliki kemampuan berpindah ke kolam lain dengan cara berjalan menuju ke lokasi baru. 

Selain itu, julukan lainnya adalah sebagai terminator fish akibat sifatnya sebagai predator, penyerang bahkan sebagai pembunuh bagi mangsanya. 

Berikut hanya beberapa yang tercantum kandungan gizi lele. 
Energi 161 kcal 
Protein 20% 
Lemak 2 g

Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan

Masyarakat indonesia khususnya di pulau jawa, sumatra, kalimantan telah lama mengenal ikan lele sebagai lauk yang menyehatkan. 

Manfaat lele adalah sebagai obat anti stres dan mencegah pengeroposan tulang. 

Salah satu ikan yang memiliki kadar lemak yang tinggi adalah lele. Karena lele memiliki kualitas protein yang tergolong sempurna, mengandung semua asam amino esensial yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Lele juga mengandung omega 3. Agar asam lemak tersebut bisa masuk tubbuh secara maksimal, sajikan lele dengan cara tidak menggorengnya.

Penggorengan omega 3 bisa menyebabkan larut dalam penggorengan minyak. 
Keunggulan lele di bandingkan dengan produk hewani lainnya adalah kaya akan leusin dan lisin. 

Leusin merupakan asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen. 

Leusin juga berguna untuk perombakan dan pembentukan protein otot. 
Lisin merupakan salah satu dari 9 asam amino esensial yang di butuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. 

Lisin termasuk asam amino yang sangat penting dan dibutuhkan sekali dalam prtumbuhan dan perkembangan anak. Lisin juga bisa melindungi anak dari virus herpes.  

Manfaat Ikan Tongkol

Manfaat Ikan

Ikan tongkol sangat cocok bagi lidah orang indonesia. Tongkol menjadi pilihan karena dagingnya yang gurih, padat, dan mudah di olah menjadi berbagai menu masakan. 

Tongkol lebih umum dijual dalam bentuk tongkol asap atau matang. Tetapi, akan lebih baik lagi jika tongkol tersebut masih segar. 

Selain lebih bernilai gizi, tongkol segar masih mengandung cairan tertentu yang dikeluarkan saat pengolahan (direbus, dikukus, dan digoreng). 

Misalnya, cairan yang dihasilkan dari bawah kulit tongkol, dari insang, atau sekitar rongga mulutnya. 

Berikut kandungan gizi yang terdapat pada tongkol.
Energi 100 kcal 
Karbohidrat 8 g
Protein 13,7 g
Lemak 4,9 g
Kalsium 92 mg
Fosfor 606 mg
Besi 1,7 mg
Kalium 227 mg
Vitamin A  181 mg

Manfaat Ikan Tongkol untuk Kesehatan

Kandungan protein tongkol yang tinggi menjadikan tongkol layak dijadikan menu sehari – hari, terutama bagi masa pertumbuhan anak. 

Khasiat tongkol yang utama cukup spesifik, yakni merangsang pertumbuhan sel-sel darah merah dan menghambat proses penuaan. 

Khususnya, pada tulang dan kulit. Jika dikonsumsi secara rutin, minimal tiga kali dalam seminggu sebagai menu utama, mampu mencegah penyakit rheumatik dan anemia. 

Khasiat tongkol lainnya adalah terletak pada dagingnya. Daging tongkol mampu mencegah rheumatik dan linu pada tulang, anemia, mengembalikan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah terjadinya kulit kusam.  

Manfaat Ikan Baung

Manfaat Ikan

Ikan baung dikenal sebagai salah satu jenis ikan tawar yang memiliki kandungan protein cukup tinggi, tetapirendah lemak. 

Rasa dagingnya enak, gurih, dan lezat melebihi rasa daging ikan patin. 
Tak heran jika kelezatannya tersebut membuat harga jual ikan ini selalu lebih mulai mahal karena pasokannya yang sedikit. 

Baung merupakan ikan asli perairan indonesia. Ikan ini hanya berada di perairan-perairan tertentu dipulau sumatra, jawa, dan kalimantan. 

Dalam taksonomi, baung mengalami beberapa kali pergantian nama ilmiah. 

Namun nama yang terakhir yang dipakai dan di nyatakan nama yang valid bagi baung adalah hemibagrus memurus. 

Berikut adalah kandungan nilai gizi yang terdapat pada ikan baung. 
Energi 123 kcal 
Karbohidrat 3,3 
Protein 15,1 g 
Lemak 5,5 g
Kalsium 5 mg
Fosfor 146 mg
Besi 1,3 mg 
Kalium 349 mg

Manfaat Ikan Baung untuk Kesehatan

Selain karena cita rasa daging ikan baung ini gurih dan lezat, hal ini menjadi nilai lebihnya karena ikan baung mudah kering ketika di jadikan ikan asap.

Selain itu, ikan ini memiliki kadar lemak yang rendah sehingga  dipandang lebih aman untuk dikonsumsi terutama bagi konsumen yang menghindari makanan berlemak. 

Ikan yang memiliki kandungan lemak yang rendah ini mampu memberikan nilai gizi yang sangat baik bagi kesehata anak terutama untuk menjaga daya tahan tubuhnya. 

Ikan baung yang mengandung asam lemak omega 3 yang membantu mencerdaskan otak si kecil.

Manfaat Ikan Belut

Manfaat Ikan

Belut merupakan jenis ikan konsumsi air tawar dengan bentuk tubuh bulat panjang yang hanya memiliki sirip punggung dan tubuh yang licin. 

Belut ini biasanya hidup di sawah, rawa-rawa, lumpur, dan di kali kecil. Di indonesia, mulai tahun 1979, belut mulai di kenal dan di gemari sampai saat ini. Bahkan menjadi salah satu komoditas ekspor. 

Ciri khas belut adalah tidak bersisik, bisa bernafas melalui udara, bukan insang sempit, tidak memiliki kantung renang dan tulang rusuk. 

Matanya kebanyakan tidak berfungsi dengan baik. Ukuran tubuh bervariasi, namun kebanyakan belut tidak suka berenang dan lebih suka bersembunyi didalam lumpur. 

Belut adalah jenis ikan pemangsa. Biasanya, memangsa hewan-hewan kecil dirawa atau di sungai seperti ikan, katak, atau krustasea kecil. 
Berikut adalah kandungan gizi yang terdapat pada belut. 
Energi 303 kcal
Protein 18,4 g
Lemak 27 g
Besi 20 mg
Vitamin A 1.600 SI

Manfaat Ikan Belut untuk Kesehatan

Dilihat dari komposisi gizinya, belut memiliki energi yang cukup tinggi. Nilai energi belut jauh lebih tinggi daripada belut dan daging sapi . 
Oleh karena itu, belut sangat baik digunakan sebagai sumber energi. 

Protein belut juga kaya akan asam amino yang memiliki kualitas cukup baik, yaitu, leusin, lisin, asam aspartat, dan asam glutamate. 

Leusin dan isoleusin merupakan asam amino yang sangat diperlukan oleh pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen pada orang dewasa. 

Leusin juga berguna untuk perombakan dan pembentukan protein otot. Asam glutamate sangat diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan asam aspartat untuk membantu kerja neurotransmitter. 

Tingginya kadar asam glutamate pada belut menjadikan belut terasa enak dan gurih. 

Dalam proses pemasukannya, tidak perlu menggunakan penyedap rasa. 
Kandungan arginin pada belut bisa mempengaruhi produksi hormon pertumbuhan manusia yang populer dengan sebutan human growth hormone. 

HGH ini yang akan membantu meningkatkan kesehatan otot dan mengurangi pemupukan lemak pada tubuh. 

Zat besi yang ada pada belut berguna untuk membentuk hemoglobin darah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Oksigen tersebut selanjutnya berfungsi untuk mengoksidasi karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi untuk aktivitas tubuh.

Zat besi juga berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terkena berbagai penyakit infeksi. 

Belut juga kaya akan fosfor. Fungsi utama fosfor adalah sebagai pemberi energi dan kekuatan pada metabolisme lemak dan karbohidrat sebagai penunjang kesehata gigi dan gusi, untuk sintesis DNA aerta penyerapan dan pemakaian kalsium. 

Kebutuhan fosfor akan terpenuhi jika konsumsi protein juga diperhatikan vitamin A juga sangat diperlukan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan penglihatan. 

Belut juga mengandung vitamin B yang berperan sebagai kofaktor dari suatu enzim. Sehingga enzim berfungsi normal dalam metabolisme tubuh. 

Belut juga mengandung asam lemak omega 3. Dari hasil penelitian diketahui bahwa bagian tubuh ikan belut memiliki lemak dengan komposisi omega 3 yang berbeda-beda. 

Kadar omega 3 pada bagian kepala sekitar 12 persen, dada 28 persen, daging permukaan31,2 persen, dan sisi rongga perut 42,1 persen (berdasarkan berat kering). 

Untuk itu, manfaat ikan belut untuk kesehatan sudah menjadi sasaranoleh ibu rumah tangga.

Manfaat Kepiting

Manfaat Ikan

Jenis seafood yang satu ini memang salah satu favorit dari aneka jenis seafood lainnya. Kepiting umumnya ditutupi dengan  exoskeleton yang sangat keras dan dipersenjatai dengan sepasang capit. 

Kepiting sejati memiliki lima kaki yang pertama di modifikasi menjadi sepasang capit dan tidak digunakan untuk bergerak. 

Insang kepiting terbentuk dari pelat-pelat yang pipih, mirip dengan insang udang tetapi dengan struktur yang berbeda. 

Kepiting dikenal sebagai salah satu makanan dari laut yag digemari oleh masyarakat kita. 

Kepiting adalah sumber protein yang baik. Berikut adalah tabel kandungan gizi dari kepiting. 
Energi, 87 kcal
Air, 79.02 g
Protein, 18.02 g
Lemak, 1.08 g
Kolestrol 78 mg
Kalsium 89 mg
Besi 0,74 mg

Manfaat Kepiting untuk Kesehatan

Kepiting juga merupakan sumber kalsium yang baik yaitu 89 mg. Kita tentunya sudah tau bahwa kalsium merupakan zat gizi yang sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi. 

Menabung kalsium sejak usia dini sangat penting sekali tercapainya kepadatan masa tulang optimal untuk menghindari osteoporosis di usia lanjut nanti. 

Perlu di catat juga bahwa kepiting mengandung EPA dan DHA yakni komponen asam lemak omega 3 yang penting dalam pembentukan membran sel otak.

Daging kepiting hanya sedikit mengandung lemak, lebih sedikit apabila di bandingkan dengan daging ayam atau daging kambing. Kekhawatiran terhadap kandungan kolestrol kepiting tergolong rendah. 

Kandungan kolestrol tersebut setara dengan daging ayam panggang tanpa kulit. 

Jadi anda tidak perlu khawatir dengan jenis makanan laut yang satu ini, karena selain kaya dengan protein, kepiting juga rendah kolestrol sehingga aman untuk dikonsumsi oleh anak anda. 

Manfaat Ikan Lobster

Manfaat Ikan

Udang laut yang satu ini tidak pernah terlewatkan oleh mereka yang gemar melaut. Rasanya yang lezat, sangat menggoda lidah untuk mencicipinya. 

Rasa lobster ini sangat enak, tetapi apakah rasa lobster ini baik untuk kesehatan, ada dua jenis makanan, yaitu lezat dan sehat. 

Banyak orang yang suka makanan suatu jenis makanan karena rasanya yang lezat. Tetapi, makanan yang lezat belum tentu menyehatkan bagi tubuh. 

Berikut adalah kandungan gizi yang terdapat  pada lobster.
Energi 81 kcal
Karbohidrat 3,0 gr
Protein 16,5 g
Lemak 0,3 g
Kalsium 87 mg
Fosfor 167 mg
Besi 0,7 mg
Kalium 132 mg

Manfaat Ikan Lobster untuk Kesehatan

Lobster merupakan sumber protein yang sangat baik. Protein penting bagi tubuh kita untuk energi kemantapan produksi gula darah. 

Daging lobster mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Asam lemak omega 3 penting menjaga kesehatan jantung. 

Lemak yang ada pada lobster memiliki sifat penting fungsi bagi lobster, terutama untuk kesehatan retina, bagian mata yang mengolah penglihatan. 

Lemak ini mendukung perkembangan otak, mata, dan mengatasi kegelisahan. 
Apabila anda memberikan buah hati anda lobster untuk di konsumsi sesuai anjuran dokter. 

Maka buah hati anda akan menunjukkan fungsi fisual yang meningkat dan peningkatan fungsi lainnya.  

Manfaat Ikan Kalengan 

Manfaat Ikan

Dewasa ini, banyak pabrik-pabrik yang mengolah makanan dan minuman dalam bentuk kaleng. Salah satunya adalah mengolah makanan laut dalam bentuk kaleng. 

Namun, apakah makanan laut yang dikemas dalam bentuk kaleng ini masih memiliki nilai gizi yang tinggi, secara harfiyah, ikan yang segarlah yang memiliki kualitas gizi yang sempurna. 

Pengalengan didenefinisikan sebagai salah satu cara untuk mengawetkan bahan makanan yang dikemas secara hermetis kedap terhadap suara, air, mikroba, dan benda asing lainnya dalam suatu wadah yang telah disterilkan secara komersial untuk membunuh semua mikroba pathogen penyebab penyakit dan pembusuk. 

Pengalengan secara hermetis memungkinkan makanan bisa terhindar dari kebusukan. Perubahan kadar air, kerusakan akibat oksidasi, dan perubahan cita rasa. 

Namun, karena dalam proses pengalengan makanan yang di gunakan sterilisasi komersial, mungkin saja masih ada spora atau mikroba lain yang bersifat tahan terhadap panas yang bisa merusak isi apabila kondisinya memungkinkan. 

Oleh karena itu, makanan yang dikemas dalam bentuk kaleng sebaiknya disimpan pada kondisi yang sesuai setelah proses pengalengan dilakukan. 

Pada prinsipnya, hampir semua makanan laut bisa di kemas dalam bentuk kaleng, seperti teripang, cumi – cumi, kerang, kepiting, udang, dan berbagai jenis ikan lainnya. 

Namun, proses pengalengan yang dikemas hanyalah ikan yang paling banyak di kalengkan. 

Manfaat Ikan Kalengan untuk Kesehatan

Keuntungan utama penggunaan kaleng adalah kaleng bisa menjaga bahan pangan yang ada di dalamnya. Kaleng bisa juga menjaga bahan pangan terhadap perubahan kadar air yang tidak diingginkan. 

Kaleng bisa menjaga bahan pangan terhadap penyerapan oksigen, gas-gas lain, bau - bauan, dan partikel - partikel radioaktif yang terdapat di atmosfer. 

Diantara bakteri – bakteri yang berhubungan dengan pengalengan ikan adalah clostridium botulinum. 

Bakteri  ini adalah bakteri yang paling berbahaya karena bakteri ini bisa menghasilkan racun botulindan membentuk spora yang tahan panas. 

Umur penyimpanan makanan yang dikemas dalam bentuk kaleng sangat bervariasi tergantung pada jenis bahan pangan, wadah, proses pengalengan yang dilakukan, dan kondisi tempat penyimpanan. 

Apabila proses pengolahan dan penyimpanan dilakukan dengan baik, maka makanan kaleng akan awet hingga jangka waktu dua tahun. 
Manfaat Ikan


Ada beberapa hal yang menyebabkan awetnya  ikan dalam kaleng adalah,
1. Ikan yang digunakan telah melewati tahap seleksi, sehingga mutu dan kesegarannya dijamin masih baik. 

2. Ikan telah melalui proses penyiangan, sehingga terhindar dari sumber mikroba kontaminan, yaitu yang terdapat pada isi perut dan insang. 

3. Pemanasan telah cukup untuk membunuh mikroba pembusuk dan penyebab penyakit. 

4. Ikan termasuk makanan yang tergolong asam rendah, yaitu memiliki kisarah PH 5,6-6,5. Adanya medium pengalengan bisa meningkatkan derajat keasaman, sehingga produk dalam kaleng menjadi awet. Pada tingkat keasaman yang tinggi, clostridium tidak akan tumbuh. 

5. Penutupan kaleng dilakukan secara rapat hermetis, yaitu rapat sempurna sehingga tidak bisa di lalui oleh gas, mikroba, udara, uap air, dan lainnya. 
Kondisi penyimpanan sangat berpengaruh terhadap mutu ikan dalam kaleng. 

Suhu yang terlalu tinggi bisa meningkatkan kerusakan cita rasa, warna, tekstur, dan vitamin yang di kandung oleh bahan akibat terjadinya reaksi-reaksi kimia. 

Oleh karena itu, ikan yang dikemas dalam bentuk kaleng masih tetap memiliki kandungan gizi karena pengalengan tersebut terhindar dari berbagai reaksi-reaksi kimia yang berbahaya. 

Oleh karena itu, untuk menjaganya, simpanlah di ruang yang bersuhu rendah untuk mencegah kerusakan dan pembusukan. 

Simpanlah pada kelembaban rendah untuk  mencegah kerat pada bagian luar kaleng dan tumbuhnya jamur. Jauhkan dari sinar matahari.    


Sebenarnya manfaat ikan kalengan untuk kesehatan ini sudah tidak diragukan lagi, akan tetapi kandungan lemaknya sangat tinggi.
iklan disini akhir artikel...


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search